Nasib orang jujur di proyek bangunan

Bagaimana nasib orang jujur di proyek bangunan? hal ini merupakan suatu topik yang sangat menarik karena dalam pandangan masyarakat umum seringkali menilai bahwa dunia proyek itu penuh kecurangan, dari mulai pengurangan bahan material untuk pembangunan, upeti agar bisa menang tender, atau bahkan ada juga mandor yang tega memotong gaji tukang bangunan yang telah bekerja keras memeras keringat demi memberikan kehidupan yang lebih baik untuk keluarga. Ada juga yang bilang bahwa di proyek itu kalau tidak korupsi maka tidak untung. Semua ini tentu saja 100% tidak benar dan merupakan tindakan tidak terpuji yang seharusnya tidak dilakukan.

 

“Bawalah sekeping uang kejujuran maka engkau dapat membeli apapun dengan itu”

Ketika mencoba menuliskan kata-kata tersebut lalu ada tanggapan dari banyak rekan-rekan yang salah satunya berkata bahwa:

Gag ada istilah itu di proyek sob admin,yang ada, jika engkau membawa sekeping uang kejujuran, maka yg ada engkau akan di DO dari proyek tersebut, wkwkwkwkwk…….

Komentar dan jawaban tersebut memang dapat menggambarkan bagaimana nasib orang jujur di proyek konstruksi bangunan, dan hal ini tentu saja sangat memprihantinkan.

 

Kata mutiara di atas menggambarkan bahwa begitu berharganya nilai kejujuran untuk bisa diterapkan dimanapun dan kapanpun berada, karena orang jujur itu mampu memancarkan daya tarik dan simpati besar pada lingkungan sekitar, wajah berseri-seri dan lebih cemerlang dalam berpikir karena tidak ada ketakutan apabila kebohonganya terbongkar, maka setiap keinginan akan lebih mudah tercapai. Di dunia ini kita hanya boleh bohong pada situasi tertentu saja yang memang dengan kebohongan tersebut justru dapat memberikan kebaikan pada diri dan sekitar.

Kapan saat kita boleh berbohong?

Meskpiun bohong itu sangat tidak baik, namun ada tiga kondisi yang menyebabkan kita boleh dan tidak berdosa jika berbohong, apa itu? mari kita uraikan disini.

  1. Berbohong untuk menyelamatkan nyawa seseorang yang terancam, misalnya ketika ada orang baik yang bersembunyi di rumah kita karena dikejar-kejar penjahat, lalu kita ditanya apakah ia bersembunyi dirumahmu? maka kata “tidak” adalah jawaban terbaik.
  2. Berbohong untuk menyenangkan hati istri atau sebaliknya, bukan kebohongan untuk menutupi tindakan kita yang tidak terpuji terhadap pasangan, tapi bohong yang bisa menumbuhkan rasa cinta dan kasih sayang. contoh yang boleh adalah ketika istri memasak tidak enak lalu menanyakan apakah masakanya enak, maka kita boleh menjawabnya dengan kata “enak” meskipun sulit sekali menelan makanan tersebut 🙂
  3. Bohong untuk mendamaikan dua orang yang sedang berselisih.

Jadi selain tiga kondisi diatas maka kita wajib berlaku jujur, termasuk juga dalam semua kegiatan proyek, kalaupun kita pernah berbohong itu merupakan sifatnya manusia yang sulit mengendalikan hawa nafsunya, jadi segera kita bertobat agar tidak mengulangi kebohongan itu lagi. Karena jika kita berbuat baik sebenarnya kebaikan tersebut akan kembali kepada diri kita sendiri.  Allah yang maha kaya tidak membutuhkan perilaku baik kita, Namun akan memberikan penghargaan pada setiap kebaikan yang kita lakukan dengan jumlah berlimpat ganda serta  jauh lebih banyak.

 

Penyebab tidak jujur di proyek

Semua manusia di dunia ini menginginkan kebahagiaan, tapi ketika ditanya seperti apa kebahagiaan itu dan bagaimana meraihnya, hal ini tidak semua orang tahu sehingga berimbas pada variasi jalan kehidupan. ada yang berpikir akan bahagia jika punya harta berlimpah, ada yang berpikir akan bahagia jika punya keluarga harmonis, ada yang beranggapan bahwa kebahagiaan itu ketika orang-orang sekitar bilang wauw, wauw kaya.. wauw pintar.. wauw hebat… dan sejenisnya, ada juga yang berpikir akan bahagia jika keinginanya tercapai, dan berbagai maca gambaran tentang kebahagiaan lainya. Nah.. Permasalahanya adalah ketika angan-angan untuk mengalami kondisi yang akan membuat bahagia tersebut tidak kunjung tercapai maka ada godaan besar untuk memilih tetap di jalan yang benar atau melakukan tindakan tidak terpuji dengan maksud untuk segera meraih keinginan agar bisa cepat bahagia, pilih JUJUR atau BOHONG, pada kenyataanya yang namanya keinginan itu tidak ada habisnya, tercapai yang satu lalu ada lagi keinginan yang baru, begitu seterusnya hingga tak terasa ajal menjemput badan. lalu dimanakah letak kebahagiaan? kenapa kita tidak belajar dari kisah orang-orang terdahulu agar tidak tersesat dalam kehidupan kita yang hanya singkat dan bisa jadi tidak cukup untuk menggali berbagai misteri dalam hidup ini. intinya adalah bahagia itu adalah milik Tuhan yang maha bahagia, jadi kita harus mendekatkan diri pada Tuhan untuk bisa mendapatkan percikan kebahagiaan.

 

jujur di proyek

Jadi marilah kita berusaha dan belajar untuk bersikap jujur di dunia proyek atau dalam kehidupan sehari-hari, kalaupun kita harus keluar dari dunia proyek karena kejujuran yang kita lakukan, tenang saja karena Allah tidak akan menyia-nyiakan hambanya yang baik. masih banyak lingkungan atau jalan kehidupan lain yang bisa menjadi tempat berlabuh 🙂

19 Comments

  1. susamto 20 February 2013
  2. joyobowo 22 February 2013
  3. jangkrik boss 22 February 2013
  4. zayheidou 23 February 2013
  5. agus tantan 1 March 2013
    • alvian 19 June 2015
  6. irmawan 21 March 2013
  7. erik 25 March 2013
    • herman 22 April 2014
  8. Andika Utarya 29 March 2013
  9. zidan franc 1 April 2013
  10. Nunu Bagja S 1 April 2013
  11. Gusti 17 April 2013
  12. teguh subagio 31 October 2013
  13. idam 29 July 2014
  14. dodyprakoso 31 October 2014
  15. buyong 24 May 2015
  16. abdulrahman nasution 9 August 2015
  17. Antonio AL Pashery 16 May 2016

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.