Murid lebih pintar dari Guru

Percayakah bahwa murid itu lebih pintar dari gurunya? boleh saja kalau tidak setuju, tapi mari mita coba analisa terlebih dahulu disini. semoga dapat menjadi insipirasi bagi para siswa, mahasiswa atau siapapun yang berprofesi sebagai murid agar yakin bahwa dirinya jauh lebih hebat dibanding guru yang mengajarinya di sekolah. Permasalahanya hanya terletak pada standar yang digunakan untuk menilai siapa yang lebih pintar. Nah.. karena guru berpedoman dengan buku atau tulisan hasil olah pikir manusia sebelumnya maka ada kemungkinan lebih dahulu tahu. padahal ilmu tersebut belum tentu dapat diterapkan untuk masa depan, padahal setiap orang diciptakan khusus untuk zamanya dengan bekal hidup berbeda dengan orang-orang yang hidup pada zaman sebelumnya.

 

Bukti bahwa murid lebih hebat dari guru

  1. Setiap orang punya kelebihan pada sisi tertentu, jadi pada sisi kelebihan murid tersebut maka bisa lebih pintar dari gurunya. misalnya guru bekerja untuk mengajar seorang siswa, setelah lulus lalu siswa tersebut menjadi satpam proyek. jadi siswa tersebut punya kelebihan ilmu sekaligus praktek menjaga keamanan yang belum tentu dipunyai oleh gurunya.
  2. Coba kita lihat beberapa profesi, seorang presiden belum tentu pada masa sekolahnya punya guru presiden juga, seorang direktur perusahaan belum tentu dididik oleh seorang guru yang punya ilmu bagaimana menjadi direktur, Seorang pemulung belum tentu ketika sekolah punya guru yang berprofesi sebagai pemulung.
  3. Kriteria kebenaran di dunia sekolah kebanyakan dinilai berdasarkan rata-rata pendapat atau penemuan orang-orang terdahulu, padahal yang namanya ilmu pengetahuan itu terus berkembang seiring dengan hasil penelitian manusia yang mencoba membaca alam semesta seisinya. Jadi standar kebenaran yang benar adalah apa yang telah diberitahukan oleh Tuhan.
  4. Bukti lain silahkan dipikirkan sendiri, tentunya banyak ide atau hal-hal baru pada setiap pribadi yang berbeda.

 

Jadi bagi para murid tidak perlu merendah, bagi para guru juga tidak perlu sombong dengan merasa jauh lebih pintar sehingga merendahkan muridnya. tugas seorang guru adalah membantu setiap murid agar bisa menemukan keahlianya, seorang guru lalu mengajarkan beberapa ilmu yang sudah ada untuk menunjang kelebihan yang dimilkik murid tersebut sehingga bisa menjadi manusia hebat pada zamanya. Dan sebagai murid kita harus menghormati guru atas jasa-jasa yang telah diberikan selama proses belajar mengajar, teruslah belajar sampai batas waktu masuk ke liang kubur. kalau sudah begini maka akan ada banyak orang hebat di negeri ini yang sebelumnya telah tertidur pulas karena tidak ada yang membangunkany, kebanyakan justru meninabobokan agar tidurnya makin nyenyak 🙂 . Jadi selamat berkarya dengan segala potensi yang telah diberikan oleh Tuhan, yakinlah bahwa engkau memiliki suatu kelebihan yang dapat mengantarkanmu menjadi manusia hebat yang bermanfaat di dunia ini 🙂

One Response

  1. abe 22 March 2013

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.