ilmusipil.com

Media dan Forum berbagi ilmu sipil


metode kerja pemasangan plafond

Plafond digunakan sebagai penutup langit – langit atap sehingga memberikan keindahan dan menimbulkan rasa aman ketika melintas dibawahnya. untuk mendapat hasil pekerjaan plafond yang maksimal, diperlukan metode kerja pemasangan plafond yang tepat diantaranya sebagai berikut:

peralatan yang diperlukan untuk pekerjaan plafond yaitu:

  • Stager sebagai tangga untuk bekerja di ketinggian.
  • Mesin Bor
  • Benang Ukur
  • Water Pass
  • Rambu Ukur

langkah kerja pemasangan plafond sebagai berikut:

Membersihkan langit – langit yang akan dipasang plafond. material yang tidak terpakai seperti multriplek bekas bekisting lantai beton ada kemungkinan suatu saat dapat terlepas dan merusak plafond dibawahnya, selain itu pembersihan lokasi juga dapat mempermudah proses pemasangan plafond.

 

Memasang penggantung plafond. pengecekan harus terus dilakukan untuk memastikan setiap penggantung terikat kuat dan berada pada posisi yang aman karena plafond harus terpasang dalam keadaan kuat tanpa mengalami kerobohan sehingga membahayakan aktifitas didalam sebuah ruangan, goyangan pada plafond yang seharusnya terpasang diam juga dapat menyebabkan rasa was-was sehingga muncul rasa takut untuk berada didalam ruangan tersebut :-(

 

Tes beban gantung menggunakan beban pemberat. sebelum material plafond diikat pada penggantung perlu di lakukan tes pembebanan terlebih dahulu untuk memastikan material penggantung yang digunakan kuat untuk menahan beban plafond secara keseluruhan.

 

Mengukur kedataran tiang penggantung dengan waterpass dan rambu ukur. posisi yang datar diperlukan agar hasil akhir pemasangan plafond rapi tidak bergelombang. Menentukan batas- batas pemasangan dengan bantuan benang ukur.

 

Memasang rangka plafondĀ  untuk rang kayu. contoh pemasangan rangka plaond yang menggunakan rangka kayu dapat dilihat pada gambar dibawah :-)

 

Pemasangan rangka plafond untuk rangka baja. penggunaan baja sebagai rangka plafond dapat dilihat pada gambar ini

 

Pemasangan triplek plafond yang sudah dipabrikasi sebelumnya.

Mengecek kembaliĀ  kedataran plafond yang sudah di pasang

syarat pemasangan plafond yang baik adalah:

  • Nut plafond rapi
  • Plafond Datar
  • Warna plafond sejenis
  • Plafond tidak bergelombang
  • Penggantung plafond kuat.

Demikian contoh metode kerja pemasangan plafond menggunakan rangka kayu dan baja, jika ada tambahan bisa di masukin di bawah ya… :-)

9 Comments

Add a Comment
  1. Sudaryono

    Mas Ahadi,sangat positif penampilan artikel Ilmusipil,baik untuk pembelajaran untuk teknisi yang Yunior maupun penyegaran bagi yang Senior,bravo

  2. twitter backgrounds

    Hey, Good blog you have here. I wanted to let you all know that I think Twitter is going to be one of the best networks because of the fact that it is supported by so many industries. I also think when Twitter reveals some of it’s new functions, returning traffic will increase to show the real growth of the network.

    Anyway, I created a website that offerers great resources for Twitter that are 100% free, so come and visit and don’t be a stranger.

    Keep up the good work!

  3. salsabilla

    pak mohon dibuatkan ANALISA HARGA SATUAN PEKERJAAN PLAFON. Terimakasih ya

  4. theo Aji

    Pak kalo atap kayu, dan plafonnya ada yang turun bagaimana cara menggambarnya?
    terimakasih.

  5. anwar

    Pak kalau mau download software tentang bangunan ada websitenya g ? Saya mau mencari software 3Dmax. Terimakasih

  6. anang

    pake apa ya mas buat nutup lis plafon supaya ngk keliatan.mohon kasih trik nya ya.mksh

  7. siswanto

    emang knp dgn list plafonya mas anang,,tembel aj pakai cornise campur air tapi air nya jgn banyak” lalu aduk sebentar jgn lama” ngaduknya entar maalh cepat kering

  8. syamsul

    Maaf mas numpang nax ni siapa tau harga cocok brp ongkos pasang plafon, per hr atau per meter mohon jawabanx

  9. hendrix

    harga plavon /m=20.000

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

ilmusipil.com © 2015 Media Berbagi ilmu sipil