Menyimpan uang dalam bentuk property

Perbandingan menyimpan uang dalam bentuk property dan Bank ternyata cukup jauh, misalnya kita mempunyai uang sekian puluh juta, ratus atau milyar  rupiah, jika kita simpan uang tersebut ke bank dalam bentuk tabungan biasa maka kita dapatkan bunga sebesar 2,5% perbulan dan jika dalam bentuk deposito maka bunganya sekitar 5% per bulan, itupun masih ada potongan biaya penyimpanan dan resiko tergelus invlasi serta ketidakstabilan kondisi wilayah. Hal ini tentu sangat berbeda kondisinya apabila kita membelikan uang tersebut dalam bentuk property, apalagi jika kita jeli dalam melihat peluang perkembangan wilayah kedepan maka nilai jual kembalinya bisa mencapai 30 % atau bahkan sampai beberapa kali lipat.

 

Keuntungan menyimpan uang dalam bentuk property

  1. Nilai jualnya mengikuti harga pasar, jadi tidak bisa diukur dengan sejumlah uang dimasa lalu dengan jumlah pada masa yang akan datang.
  2. Harganya tidak tergerus invlasi atau naik turun nilai tukar mata uang.
  3. Metode penyimpananya cukup aman meskipun letaknya terbuka di tepi jalan.
  4. Tidak mengharuskan kita untuk melakukan perawatan dan pemantauan secara teratur, misalnya property yang akan kita beli berada di Aceh. sedangkan tempat tinggal kita di papua maka tidak jadi masalah jika ditinggal begitu saja.
  5. Property tersebut dapat disewakan sehingga kita bisa mendapatkan dana bulanan atau tahunan dengan jumlah sesuai dengan harga yang telah disepakati dengan penyewa.
  6. Bangunan tersebut bisa dijadikan agunan jaminan untuk mendapatkan dana tunai dari Bank, dana tersebut dapat digunakan untuk merenovasi bangunan atau membeli unit property baru.
  7. Untuk membeli sebuah rumah tidak memerlukan dana tunai sebesar total harga tanah dan bangunan, pembayaranya bisa dengan cara menyediakan uang muka terlebih dahulu kemudian sisanya diangsur dengan sistem KPR.
  8. Aset property yang mempunyai banyak kelebihan maka akan lebih mudah dalam menjual dan menguangkan kembali untuk digunakan berbagai macam keperluan.
  9. Sebagai sarana untuk menuangkan seni arsitektur sehingga dapat mewujudkan bangunan terindah yang benar-benar sesuai keinginan, yang namanya hoby biasanya nilainya tidak bisa diukur dengan sejumlah uang.
  10. Rumah yang kita beli bisa digunakan sebagai tempat tinggal, jika punya lebih dari rumah di beberapa kota yang berbeda maka bisa dijadikan tempat rekreasi dan penginapan ketika bepergian keluar kota.

 

Begitu banyak nilai tambah yang bisa kita peroleh jika menyimpan uang dalam bentuk aset property, sistem lain yang hampir sama yaitu menabung dalam bentuk emas. demikian sedikit uraian tentang tips investasi properti ini semoga dapat memberikan manfaat bagi kita semua 🙂

One Response

  1. Haeesa Aranku 28 February 2017

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.