Ilmusipil.com Media Berbagi Ilmu Teknik Sipil dan Arsitektur

teknik sipil Menjamurnya Baja Ringan

Jamur dalam bahasa Indonesia sehari-hari mencakup beberapa hal yang agak berkaitan. Arti pertama adalah semua anggota kerajaan Fungi dan beberapa organisme yang pernah dianggap berkaitan, seperti jamur lendir dan “jamur belah” (Bacteria). Arti kedua berkaitan dengan sanitasi dan menjadi sinonim bagi kapang. Arti terakhir, yang akan dibahas dalam artikel ini, adalah tubuh buah yang lunak atau tebal dari sekelompok anggota Fungi (terutama Basidiomycetes) yang biasanya muncul dari permukaan tanah atau substrat tumbuhnya. Pengertian terakhir ini berkaitan dengan nilai ekonomi jamur sebagai bahan pangan, sumber racun, atau bahan pengobatan. Bentuk umum jamur biasanya adalah seperti payung, walaupun ada juga yang tampak seperti piringan.

Beberapa jamur aman dimakan manusia bahkan beberapa dianggap berkhasiat obat, seperti jamur merang (Volvariela volvacea), jamur tiram (Pleurotus), jamur kuping (Auricularia polytricha), jamur kancing atau champignon (Agaricus campestris), dan jamur shiitake (Lentinus edulis). Jamur yang beracun contohnya adalah Amanita muscaria, dan jamur yang dikenal sebagai “destroying angel“. (Sumber id.wikipedia.com)

Istilah jamur biasanya digunakan untuk sebuah hal yang cepat tumbuh dan berkembang dalam waktu yang relative tidak lama. Kondisi ini (menjamur) bisa dikatakan tepat pada perkembangan industri baja ringan terutama rangka atap. Jika awalnya hanya sebagian kecil yang memasarkan dan memasang rangka atap baja ringan. Dalam decade dua tahun terakhir, perkembangannya sungguh sangat fantastis. Ini bisa dilihat dalam mesin pencari google, informasi seputar baja ringan sangat besar. Ketik baja ringan maka akan muncul Sekitar 818.000 hasil (0,20 detik). Termasuk didalamnya informasi produk dan juga pemasarannya.

Di Bandung saja, sekitar tahun 2000-2005 para pemain industri baja ringan baik pemasang maupun produsen, bias dihitung jari. Sekarang dalam 10 tahun kemudian, hamper dibeberapa tempat sudah tersedia produsen baja ringan, baik sebagai pemasang maupun sebagai penjual material batangan.

Disamping kemudahan dalam mendapatkan, kecepatan pemasangan, dan struktur yang kuat membuat rangka atap baja ringan cepat terkenal. Teknologi dalam perencanaan dan pemasangan rangka atap baja ringan beragam sesuai dengan profil dari elemen kuda-kuda itu sendiri. Profil kuda-kuda rangka atap baja ringan yang beredar di pasaran terdiri dari profil Omega, profil C, profil Z, dan profil Hollow. Tiap profil memiliki kelebihan serta perbedaan prinsip dalam pemasangan.

Rangka atap baja ringan memiliki aturan-aturan struktur dalam pemasangannya yang harus sesuai dengan aturan teknis. Komposisi rangka atap baja ringan beragam, ini tentunya disesuaikan dengan jenis profil yang dipakainya. Seperti halnya nasi goreng, rangka atap yang beredar dipasaran pun bervariasi dalam komposisi dan harga.

Salahsatu komposisi struktur rangka atap baja ringan terdiri seperti Footplate untuk dudukan kuda-kuda, Diapragma Plate untuk pelat pengaku, Wind Bracing untuk ikatan angin, Tensioner untuk pengencang Wind Bracing, Valley Gutter/talang, Angle Trim untuk sisi Valley Gutter, Fascia Bracket, ikatan stabilitas, ikatan atas dan ikatan bawah serta tentunya bentuk profil kuda-kuda Omega yang terbukti paling kaku dibanding bentuk profil lain. Setiap komponen aksesoris yang dipakai UNIONtruss memiliki fungsi Spesifik dan tidak tergantikan, sehingga kelengkapan aksesoris ini merupakan syarat mutlak dalam menciptakan suatu Sistem Struktur yang dapat dipertanggungjawabkan.

jamur baja ringan

( picture form: chroniccandy.com )

Nah…sebelum memilih rangka atap baja ringan baiknya komponen-komponen tersebut menjadi pertimbangan agar kualitas serta kekuatan struktur terjamin sehingga kenyamanan bisa didapat siapapun, karena bagaimanapun membeli rangka atap baja ringan adalah membeli struktur yang aman..

Iden Wildensyah adalah pekerja konstruksi di Bandung, penulis buku “Rangka Atap Baja Ringan untuk Semua”

ilmu sipil
  1. atap rumah tropis
  2. Kuda-Kuda Baja Ringan
  3. Baja Ringan Carport dan Kanopi
  4. Perhitungan balok komposit
  5. proses pembuatan baja
  6. Cara menghitung berat Kg profil Baja
  7. Tabel berat besi
  8. Contoh hitung kebutuhan besi untuk cor dak lantai beton
  9. Cara Mengitung jumlah besi balok beton bertulang
  10. Sejarah Baja dan Baja Ringan
  11. Contoh perhitungan struktur kolom baja
  12. Cara menghitung konversi besi tulangan ke Wire Mesh
  13. Ukuran besi wiremesh m
  14. Keuntungan kerugian memakai besi tulangan konvensional dan wiremesh
  15. Download Tabel baja untuk perhitungan struktur
  16. Berat jenis BJ besi = 7850 kg/m3
  17. Cara menghitung konversi besi tulangan
  18. Menghitung berat besi tanpa tabel
  19. Tutorial perhitungan struktur baja

6 Komentar

  • turkuaz says:

    The anonymity of the iertnnet is the shadow a coward hides in. Your misinformation is only exceeded by your childishness. I suggest, since you seem to take such interest in subjects that do not concern you, that you ask any of my employees if I have not done my best to sacrifice to keep that place open even in a slow business climate. Get your facts straight, own up to charges that you feel you need to make and then just maybe you might be taken seriously. Until then, go fuck yourself.

  • Luca says:

    Yth. mimin ilmusipil.com.
    Pertama, gua salut banyak artikel berguna di web ini.
    Kedua, gua ngakak baca beberapa artikel di web ini, gimana enggak, this is all about civil engineer right? trus kenapa untuk menjelaskan menjamurnya baja ringan harus dijabarkan juga pengertian dan khasiat jamur? apakah itu benar-benar berhubungan?

    Sorry ya gua nyolot. gua emang gak lebih baik dari mimin, karena gua gak bisa bikin web sebagus ini. cuma saran sih, ada baiknya artikel juga diperhatikan bobotnya. come on lah, web dengan rating tinggi gini masak artikelnya koplak.

    Mending buka lowongan kerja untuk penulis artikel deh min.
    itu aja sih, makasih.

  • BK says:

    Untuk informasi mengenai baja ringan dengan mutu dan kwalitas atas bisa hubungi saya di 08180 4004565 – 0274 7145560

    Sistem terpasang 125.000 – 160.000, atap biasa 125.000/m2, garansi desain struktur 10tahun

    • Sandeep says:

      Great little retnsuraat and motel right off the main drag, east side next to the Pemex under a shade tree. Have a mucho fria cerveza for the Doc will ya!

    • Carla says:

      This is the pefrcet post for me to find at this time

  • Susilo says:

    Untuk informasi mengenai baja ringan dengan mutu dan kwalitas atas bisa hubungi saya di 08180 4004565 – 0274 7145560

    Sistem terpasang 125.000 – 160.000, atap biasa 125.000/m2, garansi desain struktur 10tahun

Komentari

*
*