Menjadikan masalah atau kesulitan sebagai peluang usaha

Masalah atau kesulitan bagi sebagaian besar orang merupakan momok menakutkan yang sebisa mungkin tidak hinggap didalam perjalanan hidup, berbeda dengan pola pikir pengusaha sejati yang justru tertantang untuk menemukan cara menjadikan masalah atau kesulitan sebagai peluang usaha, karena inti dari usaha yaitu kalau tidak memudahkan ya menggoda, hampir sebagian besar peluang usaha bermodal solusi untuk menuntaskan masalah, misalnya usaha tambal ban membantu mengatasi ban bocor, dokter membantu menyingkirkan penyakit, pedagang membantu menyiapkan barang yang dibutuhkan,restoran mengatasi perut lapar, dll. sisanya berupa godaan seperti ketagihan hoby, mainan, wisata, dll. meskipun sifatnya godaan, sebenarnya akarnya juga berasal dari masalah yaitu kesulitan menemukan kebahagiaan. o.k berikut tips-tips merubah masalah menjadi peluang usaha.

merubah masalah menjadi peluang usaha

merubah masalah menjadi peluang usaha

Mengalami masalah sebagai inspirasi peluang usaha

Misalnya ketika kita hendak membeli cemilan didekat rumah, ternyata harus berjalan jauh untuk menemukan toko sembako atau minimarket, belum lagi kalau kepingin belinya malam hari maka sebagian besar toko sudah tutup. nah.. bayangkan jika tetangga, dan orang-orang yang berada disekitar rumah kita juga mengalami masalah yang sama. jadi kita bisa memberikan solusi dengan membuka minimarket di dekat rumah dengan jam buka 24 jam.

Mencari masalah untuk menemukan peluang usaha

Contoh berikutnya justru kita yang mencari masalah, misalnya kita jalan-jalan ke sebuah kawasan, disitu banyak perumahan baru sedang dibangun, kita berpikir orang-orang yang membeli perumahan tersebut pasti ingin merenovasi rumahnya atau mengisi perlengkapan rumah tangga. jadi kita bisa mendekat ke daerah itu untuk menawarkan solusi, bisa dengan membuka toko bangunan, jasa kontraktor renovasi rumah, buka toko perabot rumah tangga, dll.

Memperkirakan waktu terjadinya masalah dan menyiapkan solusinya

Misalnya saat kemarau panjang kita berpikir sebentar lagi akan masuk musim penghujan, pastinya banyak orang yang memerlukan jas hujan, payung, atau jacket. nah.. kita bisa mempersiapkan barang-barang tersebut untuk dipakai nanti saat orang-orang membutuhkanya, entah itu memproduksi sendiri atau membeli untuk dijual lagi alias berdagang.

Menciptakan masalah dan menyiapkan solusinya

Yang ini lebih canggih lagi, contohnya para produsen kendaraan bermotor itu menciptakan beberapa komponen yang perlu diganti selama sekian waktu, itu artinya akan ada masalah kerusakan pada kendaraan bermotor dimasa depan yang perlu diperbaiki, jadi akan ada peluang usaha bengkel, toko onderdil, dan sejenisnya.

 

Begitulah sebagian dari enaknya menjadi pengusaha, bagaikan sedang bermain mengerjakan teka-teki atau mencocokan puzzle gambar, ada masalah justru dijadikan tantangan, cari solusi dan rasa senang bisa menuntaskan kesulitan banyak orang, kalau sudah begitu maka secara otomatis penghasilan akan datang dengan sendirinya, entah itu berupa jasa produksi, laba dagang, atau dari sumber yang tidak diduga sebelumnya.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.