Meninggalkan dunia proyek konstruksi

Pernah berpikir mau meninggalkan dunia proyek konstruksi bangunan? atau bahkan pernah melakukanya dan sekarang telah beralih ke profesi lain entah itu masih bekerja atau menjadi pengusaha. Ini adalah sebuah kondisi yang kemungkinan dialami jika kita bekerja di proyek, oleh karena itu disini kita coba menuliskanya barangkali dapat menjadi media untuk saling berbagi pengalaman dan pengetahuan, dan mungkin bisa menjadi bahan referensi bagi yang belum mengenal lebih jauh tentang profesi di dunia konstruksi ini.

 

Beberapa alasan kenapa meninggalkan dunia proyek konstruksi

  1. Dunia proyek itu banyak yang bilang sarang koruptor, meskipun berusaha berperilaku baik tapi sangat besar godaanya. jadi akan ada pertentangan bathin, bisa jadi melimpah dari segi harta tapi tidak pernah merasa cukup karena belum juga menemukan kebahagiaan hidup.
  2. Jam kerja di proyek konstruksi indonesia itu menggunakan sistem hari kalender, 24 jam non stop, atau paling bagus berangkat jam 7.00 pagi pulangnya jam 22.00 malam. jadi seakan-akan hidup itu hanya untuk kerja proyek, sangat sedikit waktu untuk keluarga dan kurang berinteraksi dengan tetangga atau masyarakat disekitar rumah tinggal.
  3. Katanya bekerja di proyek gajinya besar, penghasilan melimpah tapi semua itu tidak cukup untuk menjadi bekal hidup bahagia. kesibukan bekerja telah membuat kita melalaikan bagian tubuh kita lain yaitu ruh yang butuh mendapatkan siraman rohani, waktu rekreasi dan makanan rohani lainya.
  4. Menjadi karyawan super sibuk seringkali membuat kita melupakan untuk menjaga kesehatan tubuh, jadi ada saatnya harus terserang penyakit sehingga terpaksa izin cuti atau bahkan mengundurkan diri dari perusahaan.
  5. Jika kita punya motivasi tinggi untuk belajar maka membutuhkan waktu untuk mendukung kegiatan tersebut. misalnya jika kita sekolah di luar negeri maka ada pilihan apakah mau meninggalkan dunia proyek.
  6. Jika pola pikir kita telah berubah dari karyawan menjadi pengusaha, maka ada pertentangan ketika harus menjalani rutinitas pekerjaan sehari-hari, karena disisi lain kita bisa melakukan aktifitas yang lebih bagus dengan penghargaan yang jauh lebih tinggi sesuai daya kreatifitas dan semangat kerja.

Hal-hal yang membuat kita tetap bertahan di dunia proyek

  1. Ingin punya harta berlimpah, punya jaminan mendapat penghasilan rutin.
  2. Niatnya ingin ibadah, berkarya agar bisa menjadi manusia yang bermanfaat.
  3. Ingin mendapat jabatan tinggi di dunia proyek, punya kekuasaan untuk mempengaruhi bawahan.
  4. Mencari nafkah buat anak istri dan menyiapkan masa depan mereka.
  5. Bertemu dan menjalani aktifitas bersama rekan-rekan kerja merupakan kebahagiaan tersendiri.

Masih banyak lagi pertimbangan lain yang bisa menyebabkan kita meninggalkan dunia proyek? lalu bagaimana menurutmu, apakah punya alasan lain untuk melakunya atau justru punya alasan tepat untuk tetap bertahan.

4 Comments

  1. Janus Alloin 24 February 2013
  2. Susilo 26 February 2013
  3. Rangga 27 February 2013
  4. suparyadi 12 May 2013

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.