Ilmusipil.com Media Berbagi Ilmu Teknik Sipil dan Arsitektur

menghitung harga borongan upah tukang bangunan

menghitung harga borongan upah tukang bangunan dapat didasarkan beberapa hal yang apabila dilihat dari sisi seorang tukang adalah bagaimana harga tersebut dapat memberikan keuntungan dari sisa waktu kerja dan apabila dilihat dari pemilik bangunan adalah bagaimana harga borongan yang disepakati dengan tukang bangunan dengan nilai yang lebih murah apabila dikerjakan secara harian atau bisa jadi seorang pemilik rumah tidak mempunyai banyak waktu untuk mengawasi proses pekerjaan tukang bangunan serta kurangnya kepercayaan sehingga apabila dikerjakan sistem tukang harian dikhawatirkan akan bekerja kurang maksimal. lalu bagaimana cara menghitung harga borong upah pekerjaan bangunan.

 

Dalam sebuah comment salah satu artikel ilmusipil.com yang berjudul cara menghitung volume material pasangan bata yang bisa dilihat disini ada yang menanyakan sebagai berikut kenanx edwin : mas aq tukang batu.untuk harga borongan tenaga pasang bata ringan 30X60 +ngecor kolom praktis sama ring balok+plaster aci itu berapa? luasnya 20X3m.. sebuah pertanyaan singkat namun diperlukan perhitungan yang panjang untuk memberikan jawaban :-) . dalam menghitung harga borongan upah yang langsung berhubungan antara pemilik rumah dan tukang bangunan sebaiknya didasarkan pada perkiraan kemampuan pribadi tukang dalam melaksanakan suatau pekerjaan tersebut, misalnya dengan keahlian dan ketrampilan yang sudah ada serta berapa jumlah teman yang diajak untuk mengerjakan borongan tersebut yang sebelumnya dilihat-lihat bagaimana kemampuan teman tukang bangunan yang akan diajak maka dapat diperkirakan waktu pelaksanaanya. meskipun jika mau dihitung secara detail bisa menggunakan analisa harga satuan bangunan untuk menentukan harga borongan namun nilai-nilai tersebut merupakan rata-rata hasil penelitian yang akan lebih tepat apabila dihitung berdasarkan pengalaman dan kemampuan pribadi :-)

 

Jadi intinya harga borongan upah adalah kemampuan tukang dalam melaksanakan sebuah pekerjaan ditambahkan dengan keuntungan borongan yang diharapkan, atau dapat dibuatkan sebuah rumus sederhana untuk menghitung borongan upah sebagai berikut

Harga upah borong = ( Waktu hari pelaksanaan x upah harian ) + Keuntungan yang diharapkan

 

Meskipun seorang tukang bangunan hanya bermodal tenaga namun sebaiknya tetap memperhitungkan kemampuan pribadi dalam melaksanakan borongan pekerjaan dengan mempertimbangkan segi kesehatan tubuh sehingga dapat melaksanakan pekerjaan harian atau borongan bangunan selanjutnya, dengan begini maka keuntungan borongan tidak hanya sekedar materi namun terdapat nilai-nilai ibadah serta keberkahan hasil kerja yang dapat membuat ketenangan serta kebahagiaan hidup. selamat bekerja bagi seluruh tukang bangunan dimanapun berada, selalu semangat dalam membangun setiap bata untuk mewujudkan rumah yang indah :-)

  • RAP rencana anggaran biaya proyek pembangunan
  • cara menghitung kebutuhan semen
  • cara menghitung adukan beton metode BOW
  • Cara menghitung volume besi beton bertulang
  • Website SNI analisa harga satuan bangunan
  • Rencana Anggaran Biaya Bangunan
  • Cara menghitung RAB rencana anggaran biaya bangun rumah
  • cara menghitung kebutuhan atap genteng
  • Cara mudah menghitung RAB rumah
  • analisa harga satuan bekisting
  • Analisa pekerjaan plesteran
  • Menghitung berat besi tanpa tabel
  • contoh analisa harga satuan bekisting
  • cara menghitung volume material pasangan bata
  • Cara menghitung koefisien analisa harga satuan bangunan
  • Contoh perhitungan volume bangunan
  • hitungan bangunan
  • Analisa harga dan bahan pekerjaan plafond
  • menghitung keuntungan borongan
  • 186 Responses to “menghitung harga borongan upah tukang bangunan”

    1. supriyanto says:

      mandor supri yanto, kalo mau mbangun rumah tinggal/ruko/gudang/sekolahan hbgi 02198756521

    2. jika bpk/ibu btuh tenaga hubungi saya aja dengan jasa harian dan borong tenaga. trims

    3. JOE "BUILD & RENOV says:

      Kami Menerima Bangun Baru/ Renovasi Rumah, Ruko, Kos2n, Gudang, Kantor,dll
      Jasa Pengecatan, Pemasangan atap galvalum/plafon gypsum/ sekat partisi. Pengerjaan pagar/ teralis/ kanopi. Pengerjaan aluminium kusen pintu/ jendela. Instalasi listrik, dll. Pekerjaan Kecil Besar kami terima dengan senang hati.
      Didukung Oleh Tenaga Kerja Berpengalaman & Profesional Untuk Hasil Terbaik & tepat waktu.
      Biaya Pekerjaan dengan sistem borong kerja plus bahan atau borong kerja/ harian. Kami tidak menawarkan biaya MURAH tapi WAJAR sesuai dengan tingkat kesulitan pekerjaan, Design Gambar Bangunan & Sesuai Permintaan Spesifikasi Kualitas Bahan Bangunan yg Anda inginkan. “Kepuasan Anda adalah tujuan kami”.

      Hubungi: YONATHAN KARUNDENG
      Flexi: (0354) 7657657
      HP : 082141748198
      Pin BB: 29F87F5E. Whats app: 083846057759.
      Email : YonathanKarundeng@gmail.com. Melayani wilayah JATIM khususnya Surabaya, Malang, Jombang, Kediri, Tulungagung, Blitar. Terimakasih untuk kepercayaan Anda buat team kami.

    4. finising profil says:

      Kami menerima pekerjaan Fropil,cocok untuk rumah klasik,Istanah inggris,Rumah Luxs dll.Sehingga rumah anda kelihatan MEWAH.
      Kami memiliki tenaga profisional sehingga kami dapat mengerjakan bentuk bentuk yang unik yg jarang di temukan di tempat lain.

      Hub. WAHYO
      HP . 081281897605

    5. ari says:

      saya menawarkan jasa di bidang ME, Project anda semua jika ada yang tertarik untuk jasa saya, dapat menghubungi saya di Hp 08.1212.4242.74 atau Email saya apajady@gmail.com terima kasih

    6. Jeffrey says:

      Di cari Tukang bangunan + Pembantu tukang untuk bekerja di Balikpapan. Membutuhkan cukup banyak dan bekerja jangka panjang. Lokasi proyek Borneo Paradiso Balikpapan.
      Jika tertarik hub: 08971887778 (Jeffrey) / 081347999997 (Teddy) mohon tinggalkan pesan singkat jika tidak sempat di angkat.

    7. irfan says:

      Buat yg membutuhkan tukang listrik,terima servis pangilan untuk ganguan kelistrikan dan borongan. Harga borongan: Rp. 60000\titik. Perpangilan/hari:200ribu(kenek + tukan
      Hub:087808505519

    8. fery says:

      Di butuh kan tukang tembok 2 orang + kenek 2 orang, untuk ditempatkan di CIKARANG untuk renovasi ruko. Bagi yang berminat bisa menghubungi kami atau SMS di no 082115340099.

    9. sarengat says:

      menerima jasa pekerjaan civil, cat tembok. pasang seng atap, sistem borongan di daerah kota serang banten no tlpn 087772944037

    10. ferry says:

      BANGUN / RENOVASI RUMAH, RUKO, GUDANG, PS. ATAP GALVALUM, PS. PLAFOND GYPSUM, PAGAR TRALIS, PS.PINTU HARMONIKA, PS.TANDON, MURAH WIL JATIM ( SBY )
      CP : FERRY
      085645090609
      082148958839

    11. Jaya says:

      Salam sukses all
      Instalasi listrik, canopy,tralis, pompa,bangun/ renovasi rumah daerah karawaci dan skitarnya.
      083807546172

      ˚˚°º(*)(*)τhαñk<3ϔσù(*)(*)º°˚˚

    12. slamet says:

      terima perkerja”an kontruksi rumah/renovasi,terima pasang atap baja ringan,plafon gypsum,almunium,cat,dll saya siap & tangung jawab hub 081556559550

    13. ridwan says:

      gambar 3D, Design interior, borong bangunan , Renovasi, Dll.
      kami bantu kebutuhan anda di bidang pembangunan.
      siap membantu dimanapun lokasi anda, tenaga kerja sangat profesional, bisa untuk pekerjaan luar pulau jawa.
      yang berminat silahkan hubungi : 081315092225
      hatur nuhun.

    14. wagiman wiryaadinata says:

      jasa bangunan rumah dari 0 dan renovasi rumah volume KECIL maupun besar
      dengan tenaga ahli yang profesional
      harian oke ,borongan siap
      untuk wilayah KLATEN dan sekitarnya
      mbok bilih bapak ibu badhe ngersaaken ,kawulo suwon hubungi nomer meniko;
      085729903133 utawi 088217487918
      Matur suwun

    15. afizamakmur says:

      jasa perbaikan instalasi atau pemasangan baru listrik di rumah/ruko/apartement/kantor anda.
      jasa pemasangan saluran pipa air bersih/kotor atau saluran air panas/dingin di rumah/ruko/kantor/apartement anda….
      kami siap membantu menyelesaikan permasalahan di bagian listrik/saluran air.
      contact person : 021-51198151

    16. arief says:

      salam kenal…
      bagi anda yang membutuhkan tenaga finising lantai (trowel)
      kami siap membantu anda…
      untuk area karawang-bekasi
      hub : 085694020005
      tanks…

    17. agus koko says:

      saya mau membangun rumah kos dng luas tanah 8×20 (10 kamar+kamar mandi dalam) perkiraan biaya yang bisa saya persiapkan kira2 sampai berapa? terimakasih atas informasinya.
      lokasi di surabaya

    18. billy says:

      Menerima jasa pengecatan:dinding,pintu,jendela,kusen,perabotan rumah..cat impra/duko.dan pemasangan partisi, plafon gipsum,dll.khusus pekanbaru sekitar.. hub 085363738456

    19. Gendro Pujiyono says:

      menerima jasa bangunan termasuk renovasi rumah, ruko, pabrik, sekolahan, dan kontruksi baja, dll bagi mau pakai jasa kami bisa menghubungi 02186611742, 02185575897, 08121856354, matur suwon

    20. bintang awan says:

      Saya bergerak di bidang disign interior,skala kecil d bandung ,butuh keahlian gambar untukbja ringan ,apalagi keseluruhan interior ,ke ahlian pribadi ,memperolehpekerjaan secara rutinitas ,kalo ada sekalian tkng gysum yang jujur ,trims ,berminat kerja keras ,hub 085921082328

    21. pay says:

      kita lg nyari tukang bangunan,partisi,tukang taaman,gazebo,dll untuk luar kota,,minat hubungi saya di payretenours1979@gmail.com .butuh cepat,,,saya mau yg kualitas,,bisa di percaya,

    22. rudi says:

      Untuk wilayah sidoarjo dan sekitar.nya………kami siap…..memenuhi….keinginan anda………..renov ataupun bangun dr nol……..hub 081335139762…….pin bb 75309053………..terima kasih sebelumnya…..

    23. Mat says:

      Jika anda memerlukan tukang bngunan sprti cat tembok. psng plafon gypsum. Keramik. Mlester. Aci. Psng batu dll.. Saya siap kerja skrang jg. Hubngi 087886802741

    24. mochammad sahrowi says:

      Jika anda memerlukan borongan Ʀǜ♍ªћ perkantoran D̶̲̥̅̊ɪ̣̝̇ bidang sipil hub kami cv .vega autoriset compeny telp 082143031440 kusus nya are malang jawatimur dan sekitarnya

    25. nicki says:

      dicari tukang yang sudah biasa pasang atap rangka baja ringan, di daerah jobodetabek, yang siap mengerjakan proyek besar maupun proyek kecil, berminat bisa hub : 085289470006

      1. markus says:

        di bagian sipil dan pinising berikut pemasangan keramik ada ga bu.kami bayak tukang spesialis sipil dan keramik

    26. markus says:

      jika ada yg membutuhkan kami siap datang bisa harian/borongan tergantung si pemilik.saya tukang fropesonal bisa di sgla bidang krjaan .hubungi di no;081219172112

    27. markus says:

      menerima renovasi rumah,kost2an,bangunan tinggi maupun apartemen,kami siap membantu borong+bahan atau borong tenaga kami siap membantu.wilayah jabotabek.hubungi kami di no;081218172112
      087729043214

    28. ANTON says:

      MENERIMA JASA TUKANG GALIAN SEGALA JENIS PENEGERJAAN GALIAN,PENGECORAN JALAN KOMPLEK DAN STRUKTUR PEMBESIAN SERTA RENOVASI PERUMAHAN / PENGECATAN DINDING.
      MENERIMA SISTEM BORONGAN DAN HARIAN.
      BERMINAT SEGERA HUBUNGI: 0857 1931 8908 / 0838 7618 7002
      AREA KERJA BEKASI DAN CIKARANG

    29. riski says:

      terima pembangunan dan renovasi rumah,Gudang,Kantor, Ruko, Kos-kosan dll,
      RUMAH IDAMAN adalah impian dan kebanggan Setiap Orang, Maka Anda memerlukan seorang yang ahli dalam hal ini.
      saya sudah berpengalaman dalam hal pembangunan
      siap bekerja sama dalam mewujudkan impian ANDA dalam merenovasi / membangun Rumah
      siap membantu anda untuk menghitung biaya jasa perbaikan ( Renovasi ) atau membangun ANDA, agar dapat disesuaikan dengan DANA ANGGARAN yang anda miliki saat ini.
      jika memiliki tanah yang sangat minim saya siap bantu carikan solusi nya agar menjadi rumah idaman anda
      pengerjaan cepat,apik,rapih,tanggung jawab,dan jujur
      di jamin memuaskan.
      untuk info call/sms:083822497351
      hanya untuk BANDUNG dan CIMAHI
      terimakasih

    30. imam fadell says:

      salam sejahtera.saya seorang kontraktor apabila bp ibu mo bangun rumah di wilayah pantai indah kapuk.pantai mutiara silahkan hubngi saya.tks 087881653839-02196811574

    31. nigerputra says:

      Saya ada proyek membangun rumah murah type 21 dan type 36 di kalimantan tengah Kab. Sukamara jika ada yg minat kerja sama bisa email ke saya.

      1. wahyu mei tiyono says:

        saya wahyu di semarang,,untuk cat dinding dan melamine nya sudah ada gak pak,,sistem keberangkatan gmana,,

    32. Gendro Pujiyono says:

      jasa bangunan, menerima renovasi rumah, ruko,kantor,sekolahan pabrik,konstruksi baja,dan bangunan baru dll,soal surve dan konsultasi gratis,itu yang bisa kami sampaikan selajutnya, 021,86611742, 021, 85575897, 08121856354,terima kasih atas kepercayaanya kepada kami suwon.

    33. wahyu mei tiyono says:

      Jasa Pengecatan Interior & Exterior pengecatan dinding,melamine,duco dll semua bangunan,Menerima renovasi rumah Dapat Menghubungi Kami di Nomor -> 087700636253
      -> 085747496314

      Harga bervariasi & Terjangkau/Nego..

    34. bambang says:

      mas mas yg baik hati mohon info dong, kalau rumah model minimalis dg luas bangunan lt bawah 115m2 lt. atas 104m2 kira2 perlu berapa tukang berapa kenek dan berapa lama pengerjaannya ya? tks banyak atas infonya semoga mas mas semua mendapat proyek yg banyak dan berkah. amiin. bams

      1. tukang bangunan says:

        pak bambang ..
        kalo mau bikin rumah minimalis serahkan saja kepada saya..
        hubungi saya di 085215904067/08998385846.
        tukang saya sudah sangat ahli dibidang rumah minimalis..

      2. juned says:

        maaf kami satu tim dengan satu kepala tukang atau mandor siap bantu… siap tukang profesional asli jateng… hub 087833085225

      3. jono says:

        jono 23/03/2014 at 08:32
        Saya rasa untuk rumah bapak, memerlukan kurang lebihtukang dan kenek 10orang. Mudah-mudahan pekerjaan bapak cepet beres dan hasil yang memuaskan.
        Terimakasih.
        Jono 081399338282

    35. tukang bangunan says:

      anda mau buat rumah baru/rumah minimalis/renovasi/maintenance/pembuatan ruko atau perkantoran/kost kostan/pembuatan sekolah atau renovasi kampus..
      hubungi saya di 085215904067 BERDOMISILI di ciledug tangerang.. melayani daerah JADETABEK,,
      ANDA TELPON KAMI DATANG..
      atau kunjungi http://solusitukangbangunan.blogspot.com/

    36. David says:

      saya kontraktor finishing sipil sedang memiliki pek.pemasangan dinding dan keramik pada proyek rumah susun. Membutuhkan mandor yang memiliki tenaga tukang handal serta biasa untuk pekerjaan proyek tsb diatas, lokasi proyek daerah jakarta barat sekitar jelambar.
      Apabila berminat hub. 0812 8745 6827. Terima Kasih.

    37. David says:

      saya kontraktor sipil sedang memiliki pek. pemasangan dinding dan keramik pada proyek rusun yg berlokasi di daerah jakbar sekitar jelambar, membutuhkan mandor yg memiliki tukang2 profesional serta sudah biasa untuk pekerjaan di atas.
      Harga borongan upah :
      Pas. bata ringan = 15.000/m2
      Cor kol. praktis = 9.000/m1
      Plester & acian = 16.000/m2 (satu sisi)
      Fin. openingan = 8.000/m1
      (material sdh dilokasi kerja).
      Hub. 0812 8745 6827 (maaf tdk melayani sms)

    38. Adya says:

      Saya mau bangun tembok pagar dan cor lantai untuk garasi. Saya butuh 2 tukang dan 3 kenek yang dapat di percaya. Lokasi di BSD. Hub saya di 081871336. Terima kasih

      1. jono says:

        Maaf ibu adya nomor yang di lampirkan tidak bisa dihubungi, mungkin nomornya kurang lengkap.
        Apabila ibu minat bisa hubungi saya 081399338282 Jono.
        Terimakasih banyak.

    39. jono says:

      Anda mau bangun rumah baru atau renovasi rumah, harga nego dan fleksibel , survei gratis wilayah jabodetabek.. 081399338282 Jono.
      Terimakasih.

    40. jono says:

      Saya rasa untuk rumah bapak, memerlukan kurang lebihtukang dan kenek 10orang. Mudah-mudahan pekerjaan bapak cepet beres dan hasil yang memuaskan.
      Terimakasih.
      Jono 081399338282

    41. guntur says:

      Salam kenal buat semua,Nama saya Guntur,saya kepala tukang/mandor bangunan buat Bapak/Ibu yang mau renofasi/bangun dari nol,Rumah,sekolahan,ruko,kami siap untuk bekerja.bisa harian/borongan tenega+matrial.buat kontraktor yang lagi butuh tenaga,kami siap bekerja.Tlp 0838 7161 6133- 0812 9157 6099. terimakasih

    42. setiawan says:

      salam kenal semuanya,mau minta info nih,harga matrial cor beton jaya mix per kubiknye berapa sama sewa pupernya.terimakasih sebelumye.

    43. Ayah Ariel says:

      saya kordinator lapangan mau tuh ikut klo penghasilanya jelas

    44. bpk iwan cari tkng ma knk hbngin saya aja..di no 087885027119

    Leave a Reply