menghitung harga borongan upah tukang bangunan

menghitung harga borongan upah tukang bangunan dapat didasarkan beberapa hal yang apabila dilihat dari sisi seorang tukang adalah bagaimana harga tersebut dapat memberikan keuntungan dari sisa waktu kerja dan apabila dilihat dari pemilik bangunan adalah bagaimana harga borongan yang disepakati dengan tukang bangunan dengan nilai yang lebih murah apabila dikerjakan secara harian atau bisa jadi seorang pemilik rumah tidak mempunyai banyak waktu untuk mengawasi proses pekerjaan tukang bangunan serta kurangnya kepercayaan sehingga apabila dikerjakan sistem tukang harian dikhawatirkan akan bekerja kurang maksimal. lalu bagaimana cara menghitung harga borong upah pekerjaan bangunan.

 

Dalam sebuah comment salah satu artikel ilmusipil.com yang berjudul cara menghitung volume material pasangan bata yang bisa dilihat disini ada yang menanyakan sebagai berikut kenanx edwin : mas aq tukang batu.untuk harga borongan tenaga pasang bata ringan 30X60 +ngecor kolom praktis sama ring balok+plaster aci itu berapa? luasnya 20X3m.. sebuah pertanyaan singkat namun diperlukan perhitungan yang panjang untuk memberikan jawaban 🙂 . dalam menghitung harga borongan upah yang langsung berhubungan antara pemilik rumah dan tukang bangunan sebaiknya didasarkan pada perkiraan kemampuan pribadi tukang dalam melaksanakan suatau pekerjaan tersebut, misalnya dengan keahlian dan ketrampilan yang sudah ada serta berapa jumlah teman yang diajak untuk mengerjakan borongan tersebut yang sebelumnya dilihat-lihat bagaimana kemampuan teman tukang bangunan yang akan diajak maka dapat diperkirakan waktu pelaksanaanya. meskipun jika mau dihitung secara detail bisa menggunakan analisa harga satuan bangunan untuk menentukan harga borongan namun nilai-nilai tersebut merupakan rata-rata hasil penelitian yang akan lebih tepat apabila dihitung berdasarkan pengalaman dan kemampuan pribadi 🙂

 

Jadi intinya harga borongan upah adalah kemampuan tukang dalam melaksanakan sebuah pekerjaan ditambahkan dengan keuntungan borongan yang diharapkan, atau dapat dibuatkan sebuah rumus sederhana untuk menghitung borongan upah sebagai berikut

Harga upah borong = ( Waktu hari pelaksanaan x upah harian ) + Keuntungan yang diharapkan

 

Meskipun seorang tukang bangunan hanya bermodal tenaga namun sebaiknya tetap memperhitungkan kemampuan pribadi dalam melaksanakan borongan pekerjaan dengan mempertimbangkan segi kesehatan tubuh sehingga dapat melaksanakan pekerjaan harian atau borongan bangunan selanjutnya, dengan begini maka keuntungan borongan tidak hanya sekedar materi namun terdapat nilai-nilai ibadah serta keberkahan hasil kerja yang dapat membuat ketenangan serta kebahagiaan hidup. selamat bekerja bagi seluruh tukang bangunan dimanapun berada, selalu semangat dalam membangun setiap bata untuk mewujudkan rumah yang indah 🙂

87 Comments
  1. 5 years ago
    gumbiratno

    bagaimana cara menghitung tenaga borongan pasang kayu decking ? atau lantai kayu ?
    mohon info . tks

    Reply
  2. 5 years ago
    kenanx edwin

    ya mas, makasih atas masukanya.saya senag baca artikel mas,semua itu buat masukan agar aku bisa lebih maju.amin

    Reply
  3. 4 years ago
    jamin sudiro

    saya tukang bangunan profesional kalo butuh jasa saya silahkan buka facebok saya di jamin sudiro terimakasih

    Reply
  4. 4 years ago
    kamil

    saya sangat awam dam masih Nol dalam Pembangunan, maaf mau tanya mengenai Ukuran M2 yang di jelaskan diatas, serta macam-macam ukuran dalam pembangunan..?

    Reply
  5. 4 years ago
    Richson

    Malam Pak, Maaf nih, saya mau tanya berapa ya ongkos tukang untuk pasang baja ringan dengan luas bangunan seluruhnya 48 M2???

    Reply
    • 4 years ago
      karya

      (p+overstek kanan kiri)x(l+overstek dpn blkg:cos 30 x 20 ribu hasilnya itulah ongkos tukange

      Reply
  6. 4 years ago
    Jufri Hendri

    Cara Menghitung biaya tanah lempeng untuk lapangan bola dengan ukuran 65×100 m

    Reply
  7. 4 years ago
    iren

    maff mas mau nanya ni : klw kita ingin mencari koefisien tenaga kerja itu rumusnya g mana y,
    misal : koefisien upah
    tukang 0,3 70000
    nah itu yg 0,3 itu dapatnya dari mana?????
    minta rumusnya dong
    makasih sebelumnya

    Reply
    • 4 years ago
      Novy

      Saya ingat betul….. Pertanyaan tu pertanyaan saat awal kuliah. Tidak dijawab suruh cari sendiri.
      Angka tersebut didapat dari perhitungan rata2 kemampuan pekerja, dirumuskan jadi angka tersebut….. doeloe yang buat pak BOW trus diadaptasi ma cptakarya ma yang lain….
      Angka tersebut tidak baku… dengan berkembangnya ketrampilan, bantuan alat, perkembangan bahan jadi angka tersebut bisa saja tdk falid.
      Jadi angka tersebut hanya sebagai pedoman dalam membuat analisa…

      Reply
  8. 4 years ago
    Erland

    salam kenal,,
    saya tukang bangunan ijasah smp pengalaman 12th di proyek jakarta sekitar,,mengenal kontruksi dan sipil keahlian di sipil batu dan gypsum, pernah jd tekhnisi sipil tanpa ijazah di mall.
    siap membantu anda dlm berbagai proyek menerima panggilan tekhnisi harian utk rumah pribadi baik repair pekerjaan atau pun service rumah anda. trim’s
    maju terus bersama Ilmu Sipil 🙂

    Reply
    • 1 year ago
      Bambang Wahyuono

      No Hp Bapak berapa ?
      Thanks Bambang W.

      Reply
  9. 4 years ago
    kadek

    brp per m2?

    Reply
  10. 4 years ago
    Rohman

    jika anda ingin membangun rumah, talud/senderan saya bisa buat RAB, saya siap membantu anda dalam merencanakan bangunan rumah/senderan anda,

    Reply
  11. 4 years ago
    Arul

    ada borongan sipil/las besi atau stenless stell/konstruksi ndak? sistem pembayaran bagaimana….saya punya banyak tenaga ahli….

    Reply
  12. 4 years ago
    Arul

    kita juga bisa mengerjakan profil cor tempel…(kubah,kolom, mahkota, kerawangan, balkon dll)

    Reply
    • 4 years ago
      m.aldino

      pak arul, saya minta alamat emailnya ,
      saya mau kirim gambar lngkap dengn dimensi dan materialnya.
      dan saya butuh orang untuk mengerjakan secepatnya..
      atau email saya al_suns51@yahoo.co.id
      aldino

      Reply
  13. 4 years ago
    Kumpulan Tukang Proyek dan Perumahan

    Salam Ilmu Sipil dan kwn”
    maaf kami cm mau mengingatkan kpd mandor modal dengkul klo bayar tukang jangan seenaknya dong!!
    kalian dpt duit dpt makan,, beli motor dan mobil dari keringat kami.
    masa gaji tukang 60rb masih ada aja jaman sekarang??
    sekedar info bwt mandor klo bayar tukang proyek 75rb-85rb jam4,, klo tukang perumahan 120rb sampe jam 5.
    ini harga umum sekarang,, klo gk mampu nyangkul aja mas di sawah gk usah jd mandor atau kerjain aja sendiri biar irit dan cepat kaya raya.

    Reply
    • 3 years ago
      Mas Rudi

      Buat mas mas kumpulan tukang proyekdan perumahan.
      Pada dasarnya SAYA pribadi sangat amat setuju dengan keluhan seperti itu.akan TETAPI kita juga harus instropeksi diri di dalam bekerja,, dulu thn 2001 – 2005 saya sebagai kuli bangunan, alhamdulillah 2005 – sekarang saya sdah Mandiri di bidang Interior,Furniture,arsitek 2d/3d.
      pada dasarnya sekarang saya pribadi sering sekali MENGINGATKAN pada temen2x yg bantuin kerja saya,jika waktunya kerja jangan mainan HP,kebanyakan ngobrol,jd hasil kerjanya jga kurang efisien/hasilnya kerja krng bagus.nah sebagai atasan pasti tau cara pembayaran tukangnya.trimakasih, DIVA DESIGN kemayoran.jakpus

      Reply
  14. 4 years ago
    Tukang Ahli Bangunan

    klo saya tukang bangunan berpengalaman 15th,, biasa renovasi mall, kantor dan rumah pribadi.
    bisa baca gambar, sanggup bekerja mengikuti skedjoul.
    rapih dan bergaransi den bertanggung jawab.
    bisa harian dan borongan area jabotabek. minat replay.
    #ma’af iklan hanya untuk tuan rumah,, gk butuh mandor.
    “Ilmu sipil maju trus nice”

    Reply
    • 1 year ago
      muhammad abdul simon

      Areal sejabotabek.kemanggisan palmerah 11480

      Reply
  15. 4 years ago
    alhamid

    sangat bermanfaaat gan infonya, thanks

    Reply
  16. 4 years ago
    Sarah wahyudi

    Sarah wahyudi
    Kali tengah 01/03,Mranggen,Demak.
    Terima jasa upah borong tenaga area Jateng, Pek. Civil.. Begesting,pmbesian,concrete,pas. Bata,plester-aci,keramik dlsbgnya.

    Reply
  17. 4 years ago
    agus priatna

    saya tukang bangunan asal kota bandung. terima bangun rumah, ruko,renovasi dll…untuk wilayah pekanbaru…harga bisa nego. kualitas pekerjaan kami utamakan.

    Reply
  18. 4 years ago
    syafei

    saya butuh perhitungan jasa tukang untuk bangun rumah tinggal 3 lantai

    Reply
    • 4 years ago
      Sarah wahyudi

      Maaf Pak,butuh ukuran bangunan atau
      Gambar email ke
      jayatitis@gmail.com
      lokasi di mana?

      Reply
    • 4 years ago
      ARY

      malam pak,mo tnya lokasi dimana,,,

      Reply
    • 10 months ago
      aris

      pa syafei,menurut ilmu konstruksi rumah 3 lantai rumusnya 3-2-1 artinya kualitas matrial lantai 1=3 bagian lantai2=2bagian dan lantai 3=1bagian,artinya lagi semakin tinggi smakin ringan bgt seterusnya.

      Reply
  19. 4 years ago
    Sarah wahyudi

    Maaf Pak,butuh ukuran bangunan atau
    Gambar email ke
    jayatitis@gmail.com
    lokasi di mana?

    Reply
  20. 4 years ago
    chandra

    maz iklannya menggangu

    Reply
  21. 4 years ago
    carisa

    ingin tanya ni pak atau mas,biasa nya berapa upah atau borongan buat kanopi ukuran 3.50×9.50 ,makasi pak sebelum nya

    Reply
  22. 4 years ago
    edy sutrisno

    met jumpa,saya menawarkan untuk wilayah bandung dsktrnya, yang membutuhkan tenaga tuk bangun rumah,gedung,mall,dll/renovasi,hub saya EDI SUTRISNO 02291169149,bisa borong/harian nego ketemu langsung…….trim,s sebelumnya

    Reply
  23. 4 years ago
    edy sutrisno

    bisa dengan gambar,RAB,pengawasan,ada masa garansi 6 bulan,setelah selesai/finish pekerjan

    Reply
  24. 4 years ago
    sigit

    trima jasa renovasi,psang kramik,bata,plester,benangan dan lain2_anda membutuhkan kmy dtang wilayah khusus surabaya dan sekitarnya _ alysigit@gmail.com

    Reply
  25. 4 years ago
    gaper tukang

    saya tukang bangunan trima pekerjaan jasa harian atau borongan,bikin RAB,gambar dll.
    hasil karya saya silahkan lihat di blog saya : GAPERTUKANG.BLOGSPOT.COM
    Profisional dan komitmen

    Reply
  26. 4 years ago
    edi sutrisno

    edi sutrisno,untuk yang hendak bangun rumah,saya siap bantu,gambar,RAB,pengawasan,dan tukangnya,hub 02291169149.u/wil,bandung&DKI………

    Reply
  27. 3 years ago
    arie

    asslkm , saya arie saya merupakan pekerja bangunan .. Saya cukup lama berkecimpung di bidang bangunan ,pertama kali bekerja dlm bidang ini saya menjadi kenek atau suruhan tukang ,namun tak lama kemudian saya mulai menguasai keahlian tukang ,dan hampir smua tetangga di daerah saya mengunakan jasa saya karena mungkin waktu yg saya gunakan dlm mengerjakan suatu perkerjaan relatif singkat dan cenderung cukup rapi nilai tambahnya ialah setiap pekerjaan saya 90% tak ada keluhan ,dan alhamdulilah sudah setahun saya memborong bangunan kali pertama memang tetapi insyaallah semua tak ada kendala berarti,bagi yg berminat mengunakan jasa saya silahkan add facebook istri saya yakni nia.diantara@ymail.com (khusus daerah bandung)terimakasih atas kesabarannya dlm membaca 😀

    Reply
  28. 3 years ago
    mis1

    menerima segala bentuk model prumahan..bongkar rumah..

    Reply
  29. 3 years ago
    paksi

    jangan tergiur upah murah,,,,,upah murah hasilnya tidak bagus, fatal lagi kerjaan lum selesai tinggal kabur,,,,,,

    Reply
  30. 3 years ago
    paksi

    ………………….CURHAT…….
    Buat anda anda semua yang ingin bangun rumah……. khusus yang bangun rumah ato mo renovasi,,,,,,
    JANGAN SEKALI KALI MAU DENGAN PENAWARAN HARGA BORONGAN YANG MURAH DIBAWAH 600RB/M2,,,,, Kmarin saya bangun rumah dngan jasa 560,000,-/m2 rumah saya gak jadi, akhirnya saya mesti nyari orang lagi,,,, jatuh2nya setelah saya hitung hitung 900,000,-/m2,,,bengkak dech,,,,,,,
    pengalaman saya harga borongan yang masuk akal antara 750.000,- keatas……
    temen saya malah ngasih borongan orang 500,000,- dpt pertangahan tinggal kabur juga…… makanya jangan sampe anda bernasib seperti saya dalam membangun rumah……

    Reply
  31. 3 years ago
    vani

    buat para mandor yang bermodal dengkul jangan menjatuhkan harga dong dengan iming iming harga murah buat apa klo nanti y ditengah jalan berhenti jadi yg wajar2 aj lah,tukang mana yg mau dibayar murah hari gini,

    Reply
    • 3 years ago
      abin

      sy setuju….. kerjanya jdi asl kualitas jdi hancur

      Reply
    • 3 years ago
      kang malik

      Setuju banget mas brooo…….
      Sama aja ngancurin nama sendiri..

      Reply
  32. 3 years ago
    arif sby

    saya ada kerjaan di sby

    siapa yg tahu harga borong kerja yg sekarang th 2013

    al. : galian tanh lembek

    galian tanh keras

    pasangan batu kali

    plesteran

    cor lantai

    cor beton

    begesting

    pasang keramit

    urugan pasir atau tanah

    pasang besi per kg

    ongkos tukang

    ongkaos kernet

    mudah mudahan ada yg ngasih gambaran

    siapa yang mau bergabung ada proyek di surabaya ,

    Reply
    • 3 years ago
      js

      proyek ap n dmn ?,,tq

      Reply
    • 1 year ago
      saiful_hozi

      Maaf . Pk/maz
      Kalau sekirnya anda btuh tenaga konstruksi
      Kami bisa mmbantu . Bisa borong/harian

      Reply
  33. 3 years ago
    nyoman

    apakah betul perbandingan nilai upah tukang dgn bahan 1:3 artinya buat ongkos tukang adalah -+30% dari nilai bahan yang kita beli ?? di denpasar upah harian per tukang 80 rb mohon info tks

    Reply
  34. 3 years ago
    Dindin

    Selamat pagi. saya setuju dgn mas paksi, justru kita msti curiga kalau ada yang nawarin dgn harga yg murah…… bnyak terjadi saya merevisi krjaan yang asal2an, karena upah murah yg pada akhirnya biaya yang dikeluarkan malah kluar dari perhitungan…..smoga brmanfaat….

    Reply
  35. 3 years ago
    tejoadisusilo

    Siap mngerjakan projek sipil

    Reply
  36. 3 years ago
    aldo

    mas bro klu panjangg 8, lebar 5,tingggi 3,5 bentuk dak . dan tinggi buat pondasi kira2 90 cm berapa kira2 harga upah borongan?
    tolong dibantu ya 🙂 makasih :)maklum pingen bangun rumah tapi kantong tipis

    Reply
    • 3 years ago
      koko

      ini hitungan kasar bro,, upah + bahan kurang lebig 120 jt mas bro

      Reply
  37. 3 years ago
    Maya

    Bpk. Sujiman beposisi dimana, kita berencana mengadakan renovasi kecil2an utk borongan cat n betullin bocor n pasang keramik di tembok seluas 2 m2 x 3 m2, kira2 bisa kasih kabar sos dlm hal ini. Lokasi rumah berasa di Jelambar, jakarta barat.

    Reply
  38. 3 years ago
    Maya

    Kami berencana merenovasi rumah, untuk membetulkan kebocoran, cat dan keramik dinding tembok luas 2 mtr x 3 mtr, diharapkan dihitung dlm total borongan, shg kami dpt lihat apakah sesuai dgn budget kami yg ada.
    Posisi kami berada dilokasi Jelambar (Jakarta Barat).
    Mohon kabar secepatnya.

    Reply
    • 3 years ago
      Maya

      Sebaiknya lewat email ke kami. Tq.

      Reply
  39. 3 years ago
    Maya

    Kami berencana meronovasi rumah yg berlokasi di Jelambar, jkt brt.
    Dgn mengharapkan jasa borongan utk pembetulan bocor , cat n pengeramikan tembok 2 m x 3 m. Mohon agar diberikan kabar bila berminat, shg dpt mengunjungi lokasi rumah.
    Diharapkan menrespon lewat email kami SOS. Terima kasih sebelumnya.

    Reply
    • 3 years ago
      shooprey

      mana emailnya?

      Reply
  40. 3 years ago
    PARETO REZEKI

    ASS, GAN SAYA BUTUH PATNER / MITRA KERJA BUAT BUKA LAHAN UNTUK TAHAP II, JUGA RUKO 2LT. 3 UNIT DI MEDAN SUMUT. KALAU AGAN ADA REFERENSI ….DI TUNGGU INFONYA TKS GAN SALAM SUKSES

    Reply
    • 2 years ago
      casna

      Hbngi sy

      Reply
  41. 3 years ago
    eko yulyanto

    kalau boleh tahu , apakah ada yang punya info untuk jasa tukang bangunan di banyuwangi jawa timur ..? saya ingin sedikit merenovasi dan sedikit membuat bangunan pagar dari batako. thank sebelumnya. mohon dibantu .

    Reply
  42. 3 years ago
    wke_sa

    kawan ini bisa di donwload ng, mhn yg tau kmpirmsi y

    Reply
  43. 3 years ago
    koko

    semua tukang ahli ada di sini,, garansi pekerjaan sepuasnya,, langsung mandor,, area JABODETABEK http://www.sudarko.blogspot.com

    Reply
  44. 3 years ago
    Mas Rudi

    DIVA DESIGN INTERIOR apartment.jak pus

    Reply
  45. 3 years ago
    dudung

    Terima kasih banyak ilmusipil telah banyak memberikan ilmu dan sanagat inspiratif

    Reply
  46. 3 years ago
    Sutrisno Lohan

    Salam, kenal bila Bpk/Ibu ingin menghitung biaya bangunan yg diinginakan bisa saya hitung dengan model yang diinginkan dan akan saya buat miniatur rumah.trims.

    Reply
  47. 3 years ago
    Jasa intalasi listrik

    Daerah mn pak bangun rumahnya…

    Reply
  48. 3 years ago
    agus koko

    saya mau membangun rumah kos dng luas tanah 8×20 (10 kamar+kamar mandi dalam) perkiraan biaya yang bisa saya persiapkan kira2 sampai berapa? terimakasih atas informasinya.
    lokasi di surabaya

    Reply
  49. 3 years ago
    markus

    di bagian sipil dan pinising berikut pemasangan keramik ada ga bu.kami bayak tukang spesialis sipil dan keramik

    Reply
  50. 2 years ago
    setiawan

    salam kenal semuanya,mau minta info nih,harga matrial cor beton jaya mix per kubiknye berapa sama sewa pupernya.terimakasih sebelumye.

    Reply
  51. 2 years ago
    suyono

    harga bangunan Rumah sederhana sekarang berapa ya
    Bahan ……../m2
    Upah ……../m2
    Alat ……../m2
    lain2 ……../m2

    Reply
  52. 2 years ago
    sugianto

    Saya mndor bgunan begesting n besi.

    Reply
  53. 2 years ago
    NUR ARIF

    salam sejahtera gan,mau tanya..,saya di tawarkan borongan jasa bangun perumahan 70unit lama pekerjaan 8bulan dengan nilai 700ribu/m
    pertanyaannya,1.apakah menguntungkan
    2.butuh berapa tenaga kerja.
    terima kasih

    Reply
  54. 2 years ago
    irwan

    sya mandor pnya tim pekerja bangunan lengkap,menerima jasa bangun awal,renofasi. smua item bisa sistim borongan/komisi,harga disesuaikan situasi kondisi kerjaan dan tempat.daerah surabaya dan sekitar nya

    Reply
  55. 2 years ago
    martin

    Melayani renovasi rumah,bangun rumah,pengeboran air,instalasi listrik dll. Wilayah bandung hub 02293924777

    Reply
  56. 2 years ago
    pemborong kecil

    Malam saya mau tanya..
    Untuk daerah jabodetabek..
    Kalau upah borongan bikin rumah baru berapa per m2?
    Rencana ada 35 rumah. Tapi disuruh bikin show unit terlebih dahulu.

    Saya lihat ada yang pakai harga 600
    akhirnya jadi 900 per m2 bangunan.

    Kalau saya borongin 700 rb per m2, saya bisa dpaat apa saja?
    1.pekerjaan persiapan (pasang bowplank,pembersihan lahan)
    2.pekerjaan tanah (galian pondasi,galian septictank,galian sloof dsb)
    3.struktur (besi,bekisting,cor)
    4.finishing (bata plester aci openingan cat)
    5.plafond termasuk cat
    6.pasang genteng beton
    7.plumbing
    8.elektrikal

    Reply
  57. 2 years ago
    vivosanyo

    ko segitu 2015 mungkin cuma menang di sebut pemborong doang

    Reply
  58. 1 year ago
    tofa

    Saya kepala tukang anda butuk tenaga tkang ama kuli sya ada banyak

    Reply
  59. 1 year ago
    heru

    mohon bantuan…
    saya punya rumah mau direnov, lokasinya di bandung barat luas tanah 10m x 8m. renacana mau dibuat 3 lantai. lantai pertama: kamar tamu, 1 kamar tidur utama dan dapur serta 1 kamar mandi serta garasi. lantai kedua 2 kamar tidur, 1 kamar mandi dan ruang keluarga. lantai 3: jemuran dan gudang kecil serta torn air.
    kira2 membutuhkan biaya berapa ya?
    Terima kasih.
    salam….

    Reply
  60. 1 year ago
    deddy efendy

    Saya mau menawarkan jasa tenaga borong untuk alumunium, upvc, stainless stell, canopy, pintu pagar dll.posisi sy di semrang jawa tengah, sia9 bekerja ditempat manapun,, t4ima kasih

    Reply
  61. 1 year ago
    bogel sipil

    Saya bogel sya d proyek dah 8 tahun dan skarang alhamdulilah dah jd mandor d slah satu cv.mungkin klo da yg mau pake jasa sya bisa imail ke lidikbom@gmail.com

    Reply
  62. 1 year ago
    supriyanto

    Jasa borong kerja bangunan.atau harian.

    Reply
  63. 1 year ago
    robby

    saya mau bangun rumah type 36 dgn 2 km tidur dan ruang keluarga kira kira budget yg saya harua siapkan berapa ya lokasi tanah di cinanagka sawangan depok

    Reply
    • 12 months ago
      ali cah ragenah

      Simulasi dolar naik …
      3,7×36m2=nominal
      Tp simulasi angaran awal di lebihi karna di setiap membangun,renofasi ,biasa nya ada yg tak terduga dalam simulasi anggaran awal ….

      Reply
    • 11 months ago
      minggus

      untuk rumah tipe 36 harga casnya rata rata 100 juta bila jenisnya luas tanah 6×10 (kpr btn) spesifikasinya pondadi batu x dinding batako plester aci, keramik mulia 30×30 atap bj ringan genteng beton cat dinding vinilek ,kusen kayu lokal : dpt 2 ‘km tidur 1 ruang tamu 1 km mandi belum ad dapur (itu yg aq liat kebanyakan)

      Reply
  64. 12 months ago
    Frahman

    Saya mo bangun rmh sederhana, kira2 70m2, kira2 borongannya brapa ya..?

    Reply
    • 12 months ago
      ali cah ragenah

      Simulasi bangunan standar 3jt sampai 3,7 per m2×70
      Karna biasa nya anggaran yg tak terduga di detiap pembagunan pasti ada kl bs anggaran dana di lbhi dr anggaran penghitungan simulasi awal trimaksh

      Reply
  65. 12 months ago
    ali cah ragenah

    Kami tukang bangunan melayani renof total,desain,rumah,menganalisa biaya,pagar tralis,atap bajaringan,cat duko,kitcenset,hordaing
    ( trima kunci )

    Reply
  66. 11 months ago
    minggus

    iya betul tuh kadang pemborong yg modal dengkul kebanyakan pasang harga di bawah standar(padahal udah tau harga borongan ga masuk) karena prinsipnya yg penting dpt kerjaan, terkena jd mandor/pemborongl, giliran rugi banyak alesan lalu kabur bayar anak buah jg seenaknya sendiri + ga tepat waktu padahal dr atas lancar(ciri ciri orangnya banyak omong tp hasil kerjaan amburadul kebanyakan)

    Reply
  67. 11 months ago
    embun alfandy

    khusus di daerah denpasar dan sekitarnya… butuh tukang hub sata tanks….

    Reply

Beri Komentar

Alamat Email tidak akan ditampilkan.

*