Ilmusipil.com Media Berbagi Ilmu Teknik Sipil dan Arsitektur

sipil Mengerjakan proyek bangunan saat musim hujan

Mengerjakan proyek bangunan saat musim hujan bisa jadi merupakan suatu tantangan tersendiri karena harus pintar-pintar mengatur waktu atau menggunakan metode kerja terbaik agar`pekerjaan pembangunan tetap dapat berjalan lancar meskipun hujan deras sedang mengguyur. masing-masing kontraktor tentu punya pengalaman dan strategi khusus ketika harus berhadapan dengan situasi ini, pengalaman adalah guru paling berharga oleh karena itu akan sangat bermanfaat jika ada yang bersedia berbagi ilmu disini, sebagai permulaankita coba uraikan beberapa tips pelaksanaan proyek bangunan saat musim hujan, strategi lain tentu masih banyak, jadi diucapkan banyak terimakasih jika ada yang bersedia menambahkan tips ini :-)

 

Tips mengerjakan proyek bangunan saat musim hujan

  1. Membuat jadwal perkiraan hujan, bisa dengan memperkirakan berdasarkan pengalaman atau meminta data dari BMKG badan meteorologi klimatologi dan geofisika untuk mengetahui perkiraan cuaca, dari data tersebut maka bisa diperkirakan kapan saat yang tepat untuk melaksanakan item pekerjaan yang berpotensi terhambat jika hujan turun.
  2. Mencatat secara benar laporan cuaca setiap jam selama masa pelaksanaan proyek bangunan berlangsung sesuai waktu yang disepakati dalam kontrak, data tersebut bisa digunakan sebagai alasan resmi untuk mendapat perpanjangan waktu bagi kontraktor tanpa harus mendapat sanksi akibat keterlambatan proyek.
  3. Menggunakan bahan campuran untuk mempercepat proses pengerasan adukan beton, hal ini akan sangat berguna jika sedang mengerjakan proyek infrastrujtur seperti pembuatan jalan cor beton, atau pada proyek gedung ketika sedang melakukan pekerjaan cor struktur kolom balok atau plat lantai.
  4. Memaksimalkan waktu pelaksanaan proyek, terutama pada jam yang seringkali tidak turun hujan misalnya melakukan lembur dimalam hari ketika hujan sering turun disiang hari.
  5. Memasang tenda untuk melindungi proses pelaksanaan pekerjaan atau bahan bangunan agar tetap dalam kondisi baik ketika hujan mengguyur.
  6. Memasang instalasi penangkal petir, terutama pada proyek yang berada ditanah lapang seperti pembangunan pelabuhan, atau pada proyek gedung yang menggunakan alat angkat tower crane dalam kondisi terpasang tinggi menjulang.
  7. Menggunakan alat keselamatan diri agar terhindar dari bermacam bahaya ketika hujan turun, misalnya terpeleset pada area licin, memakai jas hujan agar kondisi badan tetap sehat untuk bisa berkarya dengan maksimal.
  8. Untuk mendukung program green contractor yaitu ramah lingkungan, maka akan sangat bagus jika melakukan penampungan sebanyak mungkin air hujan yang turun sehingga dapat dimanfaatkan untuk aktifitas pembangunan.

Bermacam solusi lain bisa digunakan untuk mendukung kelancaran saat mengerjakan proyek bangunan pada musim hujan, selamat berkreatifitas untuk dapat berkarya dengan sebaik mungkin meskipun hujan deras sedang mengguyur :-)

  1. pengecoran kolom gedung
  2. cara membuat batako
  3. cara pasang keramik dinding
  4. cara pemasangan dinding marmer sistem basah dan kering
  5. Pekerjaan dinding keramik
  6. PABRIKASI BEKISTING BALOK DAN PELAT LANTAI
  7. Cara pemancangan pondasi tiang pancang
  8. metode kerja pemasangan plafond
  9. metode pemasangan baja ringan
  10. Konstruksi Berkelanjutan
  11. pabrikasi kolom beton bertulang
  12. Cara pengecatan dinding
  13. metode pemasangan pintu besi
  14. Cara Memasang Lapis Resap Pengikat dan Lapis Perekat
  15. metode cara plesteran dinding yang baik
  16. metode kerja kolom gedung
  17. PENGECORAN BALOK DAN PELAT LANTAI
  18. Metode kerja pemasangan keramik
  19. pembangunan gedung bertingkat

Leave a Reply

Current ye@r *