Ilmusipil.com Media Berbagi Ilmu Teknik Sipil dan Arsitektur

teknik sipil Membeli Baja Ringan

oleh Iden Wildensyah

Tidak ada hal hebat yang tercipta dalam sekejap” (Epictetus. Filsuf Yunani)

Membeli rangka atap baja ringan adalah membeli struktur, struktur yang terjamin kuat akan memberikan tingkat keamanan dan kenyamanan pembelinya. Jika membeli baja ringan adalah membeli struktur maka pastikan struktur yang dibeli memberikan keamanan pembelinya tidak sekedar membeli rangka atap baja ringan saja. Pertanyaanya adalah apakah harga yang menentukan struktur atau sebaliknya struktur yang menentukan harga?. Dalam Kamus Umum Bahasa Indonesia susunan W.J.S Poerwadarminta, Struktur adalah cara bagaimana sesuatu disusun;bangunan, struktural adalah mengenai bangun atau rangka (tentang bangunan).

Struktur kekuatan rangka atap baja ringan ditentukan oleh banyak faktor salah satunya adalah bentuk profil dan analisis software. Analisis rangka atap baja ringan ini akan menentukan kekuatan, kekakuan, dan kualitas sistem struktur. Analisis yang akan menjadi dasar sebelum eksekusi dilapangan atau lebih tepat perakitan. Hasil analisis harus bisa dipertanggungjawabkan oleh semua elemen dalam organisasi perencanaan dan pelaksanaan. Kualitas analisis dikontrol dan akan terbukti setelah kuda-kuda dipasang. Seorang supervisor sebisa mungkin menjaga hal ini agar kualitas didapat oleh produsen ataupun konsumen. Sejauh ini analisis perencanaan didukung dengan analisis empiris lapangan, hal ini menjadi penting dalam kondisi misalnya, bentuk ring balk yang tidak ideal akan menjadi masalah bagi perakitan yang dianalisis di atas meja (sofware khusus maksudnya). Nah.. Pengalaman disini menjadi pertimbangan dalam memutuskan pemasangan yang baik untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

baja ringan

(picture form: stoktor.exblog.jp)

Tapi jangan salah kadang ada juga produsen yang hanya mengandalkan analisis empiris atau pengalaman saja, hal ini bisa dilihat dari tidak adanya panduan teknis, gambar kerja serta analisis struktur menurut versi sofware khusus rangka atap baja ringan. Hanya berbekal pengalaman saja tidak cukup, diperlukan analisis struktur mendalam terhadap perlakuan gaya-gaya yang bekerja. Menghilangkan faktor ini bisa berakibat fatal, seperti kuda-kuda yang melendut atau mungkin saja lebih fatal lagi kuda-kuda roboh. Siapapun tidak menghendaki kasus seperti ini. Maka teliti sebelum membeli adalah solusi yang bijak agar keamanan dan kenyamanan struktur atap rumah bisa terjamin.

Harga

Sementara itu untuk penentuan harga tentang mahal atau tidaknya struktur rangka atap baja ringan relative (tidak mutlak), setiap produsen dan aplikator mempunyai cara yang berbeda dalam menentukan harga yang pantas untuk produknya. Misalnya dari harga Rp 125.000/m, Rp 135.000/m, bahkan sampai Rp 250.000/m juga ada. Tetapi struktur, bagaimanapun sama. Sama-sama harus menjamin kenyamanan costumer. Jangan tergiur harga murah karena ditakutkan adanya pengurangan-pengurangan pada elemen dasar struktur rangka atap baja ringan seperti pengurangan bracing (ikatan-ikatan) atau aksesoris lainnya yang penting bagi sistem sruktur tersebut. Katakanlah nilai harga strukturnya murah, lalu material pun tentunya akan disesuaikan dengan kondisi harga tersebut. Tetapi bila struktur dulu (material dan aksesoris didalamnya) baru harga, maka harga tersebut menjadi jaminan pada struktur yang dibeli.

Diantara banyak faktor pertimbangan lain dalam membeli struktur adalah elemen-elemen dasar yang menentukan sistem struktur. Elemen ini juga perlu diketahui agar tidak terjebak pada kondisi seperti membeli kucing dalam karung.

Elemen dasar Baja Ringan

Bahan dasar baja ringan adalah Carbon Steel, Carbon Steel adalah baja yang terdiri dari elemen-elemen yang prosentase maksimum selain bajanya sebagai berikut: 1.70% Carbon, 1.65% Manganese, 0.60% Silicon, 0.60% Copper. Carbon adalah unsur kimia dengan nomor atom 6, tingkat oksidasi 4.2 dan Mangan adalah unsur kimia dengan nomor atom 25, tingkat oksidasi 7.6423. Carbon dan Manganese adalah bahan pokok untuk meninggikan tegangan (strength) dari baja murni. Penambahan prosentase Carbon akan mempertinggi Yield Stress tetapi akan mengurangi daktilitas.

Bahan dasar baja ringan adalah Baja High Tensile G-550 (Minimum Yeild Strength 5500 kg/m2) dengan standar bahan ASTM A792, JIS G3302, SGC 570.

Adapun coating (pelapis/pelindung) baja ringan dari karat yang beredar adalah zinc/galvanis, zincalume, dan zincalume dengan penambahan magnesium. Lapisan coating ini melindungi bahan dasar baja ringan dari karat.

Jika Atap merupakan bagian dari suatu bangunan rumah yang berfungsi untuk melindungi bagian dalam bangunan dari cuaca dan benda-benda lain yang dapat mengganggu seperti, hujan, panas, angin, debu, dan lain sebagainya. Maka atap harus dapat memberikan kenyamanan bagi penghuninya dari gangguan-gangguan tersebut. Karena itu pastikan bahwa konstruksi atap bangunan yang akan dibeli memenuhi kaidah struktur yang bisa dipertanggungjawabkan agar struktur rangka atap yang dibeli memberikan kenyamanan bagi costumer.

Iden Wildensyah adalah Pekerja Konstruksi di Bandung, penulis buku “Rangka Atap Baja Ringan Untuk Semua”


ilmu sipil
  1. tabel baja H steel
  2. KAYU DAN BAJA RINGAN
  3. Cara menghemat besi di proyek konstruksi
  4. Tutorial perhitungan struktur baja
  5. Baja Ringan Carport dan Kanopi
  6. Ukuran besi wiremesh m
  7. Perhitungan balok komposit
  8. Menghitung berat besi tanpa tabel
  9. Cara menghitung konversi besi tulangan
  10. Menjamurnya Baja Ringan
  11. berat baja per m3
  12. proses pembuatan baja
  13. Membeli Baja Ringan
  14. Cara Mengitung jumlah besi balok beton bertulang
  15. Keuntungan kerugian memakai besi tulangan konvensional dan wiremesh
  16. Cara menghitung konversi besi tulangan ke Wire Mesh
  17. Tabel berat besi
  18. Dynabolt untuk Pelat Kaki
  19. Download Tabel baja untuk perhitungan struktur

Komentari

*
*

Current ye@r *