Membangun rumah tanpa modal

Membangun rumah identik dengan pengeluaran biaya yang besar, pernyataan ini bisa saja benar dan bisa juga keliru tergantung dimana dan bagaimana posisi pernyataan tersebut ditempatkan, untuk membangun rumah diperkotaan mungkin saja benar, untuk membangun rumah dengan arsitektur yang mewah tentu saja benar, lalu masih adakah cara membangun rumah tanpa modal? Jawabanya tentu saja ada , Dimana? 🙂 Bagaimana cara membangun rumah tanpa modal ? uraian artikel tersebut mungkin dapat memberikan gambaran.

 

Manusia pada dasarnya adalah makhluk sosial yang saling membutuhkan antara yang satu dengan yang lainya, berbagai macam profesi berfungsi untuk melengkapi antara yang satu dengan yang lain, namun ketika nilai-nilai sosial tersebut mulai luntur dan segala kegiatan dinilai dari segi materialistis maka munculah sifat ingin memiliki sesuatu sebelum dimiliki orang lain, berbagai fasilitas kehidupan yang tersedia dialam semesta yang dahulunya gratis untuk dimanfaatkan secara bersama-sama telah diakui sebagai milik oleh setiap orang maka pada kondisi inilah kegiatan membangun rumah tanpa modal dikatakan tidak mungkin karena melibatkan barang dan kepemilikan orang lain.

rumah tinggal terapung di atas laut

Namun masih patut dibanggakan ketika menusia sedang giat-giatnya menuju kearah materialistis ternyata tetap ada masyarakat yang giat mempertahankan kehidupan dengan nilai sosial yang tinggi, sering kita dengar berita tentang masyarakat di daerah tertentu yang mempunyai adat budaya yang kuat, terutama dilingkungan pedesaan yang sifat gotong royongnya masih tinggi, ya kata kuncinya adalah gotong royong karena dengan cara tersebut kegiatan membangun rumah tanpa modal adalah suatu hal yang sangat bisa terjadi.

 

Bagaimana cara membangun rumah tanpa modal? 🙂  Dalam sebuah masyarakat yang nilai sosialnya tinggi akan selalu bersama –sama dalam membangun rumah tetangganya yang sedang membangun rumah, ada yang menyumbang bahan bangunan, ada yang membantu dengan tenaga kerja, ada yang memberikan makanan untuk dimakan bersama dalam kegiatan membangun, ada yang menyumbangkan sebidang tanah untuk dibangun rumah, kalau sudah begini apa masih memerlukan uang, inilah yang dinamakan membangun rumah tanpa modal, indah sekali bukan! Sayang sekali jika budaya asli Indonesia ini ditinggalkan, kebudayaan itulah sebenarnya yang mampu mengantarkan manusia sebagai makhluk yang berkonsentrasi untuk ibadah, bukan manusia yang berorientasi mencari uang atau materialistis sperti yang sering kita dengar diberita-berita itu.

 

Nah.. jika ingin membangun rumah tanpa modal maka kembalikan ke budaya gotong royong tersebut, atau bangunlah rumah pada lokasi masyarakat yang sekarang ini masih memegang teguh budaya tersebut sehingga kita dapat membangun rumah tanpa modal. 🙂

16 Comments

  1. seps 1 September 2011
  2. adam 15 March 2012
  3. Ahmad sofian sitorus 6 April 2012
  4. faisol gofar 25 April 2012
  5. ahmad haris 25 May 2012
  6. RIENO 8 August 2012
  7. andy 20 June 2013
  8. dwi putra 13 September 2013
  9. Nurcholis Madjid Gymnastiar 27 April 2014
  10. Asra 7 September 2014
  11. Mansyur 19 September 2014
  12. dawood 20 October 2014
    • bagus permana 23 October 2015
  13. inay 4 September 2015
  14. Hadi Mujiono 21 November 2015
  15. Asep 5 June 2016

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.