Memanfaatkan plat dak beton untuk plafond agar hemat biaya

Kita bisa memanfaatkan plat dak beton untuk plafond agar hemat biaya daripada membuatnya dengan material gypsum, metal ceilling, calsiboard atau yang lainya. berapa uang yang harus terbuang untuk membuat rangka plafond berikut penutupnya, belum lagi pekerjaan tersebut membutuhkan banyak waktu serta tenaga. apalagi jika yang dibangun adalah gedung bertingkat tinggi dengan banyak lantai yang perlu di beri plafond untuk memperindah langit-langit, pada pembangunan rumah tinggal juga cukup melakukan perapihan dak jika rumahnya bertingkat, atau bisa juga dengan merapikan rangka atap. dilihat dari segi keawetan, plafond dak beton juga lebih tahan lama, o.k berikut penjelasanya

plafond dak beton

plafond dak beton

Bagaimana Instalasi listrik pada plafond dak beton?

Kabelnya bisa ditanam didalam plat beton dengan ditaruh didalam pipa conduit diatas besi tulangan bagian bawah, atau dipasang dibawahnya secara rapi secara terbuka atau ditutup variasi cornice, jika kabelnya ditanam maka perlu direncanakan dan dibuat dengan baik agar tidak kesulitan saat melakukan perbaikan atau penggantian kabel.

instalasi listrik didalam plat beton

instalasi listrik didalam plat beton

Tips membuat plafond dak beton

  1. Bekisting plat beton sebaiknya dipersiapkan dari awal, jika ingin plafondnya nanti rata dan halus seperti gypsum maka bisa pakai cetakan plywood, jika ingin motif bisa pakai anyaman bambu atau gedeg, atau bisa memanfaatkan bahan lainya.
  2. Jika diatas dak adalah atap yang langsung berhubungan dengan air hujan, maka finishing dak dibawahnya sebaiknya tidak memakai compound gypsum karena akan rusak jika terkena rembesan air, solusinya bisa pakai finish aci semen hitam atau putih lalu di cat.
  3. Sudut pertemuan antara dinding dan dak bisa dipasang variasi cornice agar terlihat rapi dan indah.
  4. Pada titik pemasangan lampu juga bisa diberikan variasi gypsum motif agar plafond terlihat bagus.

Jika dikerjakan dengan baik dan rapi maka hasilnya tidak akan nampak berbeda dengan plafond gypsum, tapi lebih awet dan murah, demikian informasi sederhana ini, bisa dipraktekan serta dikembangkan sebagai upaya mendapatkan bangunan khususnya plafond terbaik dengan biaya super hemat, semoga bermanfaat 🙂

Leave a Reply