Memanfaatkan pipa untuk jaringan jalan di bawah laut

Ada komentar menarik dari sahabat kita farid handil di halaman “jembatan untuk menghubungkan pulau-pulau di indonesia”. komentar tersebut berisi inovasi dengan tema memanfaatkan pipa untuk jaringan jalan di bawah laut, ya.. selama ini kita fokus membangun jembatan diatas permukaan laut untuk menghubungkan sungai atau daratan yang terhalang oleh genangan air, masalahnya yaitu ketika jembatan yang dibuat itu bentangnya cukup panjang dan pondasi kebawahnya juga cukup tinggi sehingga sangat merepotkan dalam melaksanakanya serta membutuhkan biaya yang tidak sedikit untuk membuatnya.

 

farid handil =”menurut saya bisa dengan metode seperti pemasangan pipa bawah laut, dengan diameter 5 meter garis tengah pipa, dengan material stainlis stell atau titanium, bagian dalam berlapis beton, bagian luar berlapis karet atau beton juga. sistem pemasanganya bisa dari darat. dengan cara ini bisa melewati palung atau jurang dalam laut. adapun yang dibutuhkan industri pembuatan pipanya, perlu alat berat yang mampu mengangkat ratusan ribu ton pipa, pelampung untuk pengapung sementara, alat pembuat alur bawah laut, alat untuk bor dan pancang bawah laut untuk memasang gep pipa agar tidak bergeser karena arus laut”

 

Saat ini sudah banyak pipa berdiameter kecil yang digunakan untuk kabel data, pipa gas yang ditanam dibawah laut. jaringan pipa tersebut menghubungkan berbagai negara. teknologi tanam pipa yang tadinya hanya berdiamater kecil tersebut dapat dikembangkan lebih jauh lagi dengan memperbesar diameter serta jenis material yang dipakai. saat ini juga sudah ada sistem jalan dibawah laut yang menggunakan sistem terowongan beton bertulang dengan cara di bor dan dicor ditempat atau memakai beton precast. melihat kondisi tersebut maka sangat memungkinkan memanfaatkan pipa untuk jaringan jalan di bawah laut, sehingga didalam pipa tersebut dapat dipakai untuk aktifitas manusia seperti jalan raya, jalan kereta api maupun keperluan lainya. dengan begini maka indonesia yang merupakan negara kepulauan dengan sebagian besar wilayahnya berupa lautan bisa terhubung oleh jalan-jalan yang berada didalam pipa bawah laut, silahkan dipikirkan dan dilakukan tindakan lebih lanjut.

Leave a Reply