MELIPAT KERTAS GAMBAR A3

Oleh : Chairil nizar

Sekilas tentang kertas,, tahukah anda darimana kertas berasal?  Sejarah kertas dalam perkataan bahasa inggris – paper diambil daripada bahan penulisan Mesir silam yang dikenal sebagai papirus. Papirus dihasilkan pada 3000SM di Mesir, dan kemudiannya di Greece dan Rome silam. Lebih ke utara parchment atau velum, yang diperbuat daripada kulit biri-biri atau kulit anak kambing, menggantikan papyrus yang memerlukan keadaan cuaca sub-tropika untuk tumbuh. Di China, dokumen biasa ditulis di atas kepingan buluh, menjadikan ia sangat berat untuk dipindahkan. Kadang kala sutera digunakan, tetapi biasanya terlampau mahal untuk digunakan secara meluas. Kebanyakan bahan sutera jarang didapat dan mahal harganya. Pegawai istana China, Cai Lun menggambarkan kaedah penghasilan kertas modern pada 105 M; dia merupakan orang pertama menyebut kaedah menghasilkan kertas dari cebisan kapas.

( Sumber : Wikipedia )

Ukuran kertas yang beredar pada saat ini sangat beragam diantaranya yaitu :

  • Macam – macam ukuran kertas
Kertas Panjang (mm) Lebar (mm)
A4 210 297
A3 297 420
A2 420 594
A1 594 841
A0 841 1189

Untuk menentukan ukuran – ukuran tersebut dalam tabel dipakai patokan atau ukuran standar, yaitu kertas A0, yamg luasnya adalah 1 m² dengan perbandingan panjang : lebar = √2 : 1. Ukuran – ukuran selanjutnya A1, A2, A3, A4 dimana luas ukuran A1 = ½ Luas A0, A2 = ½ Luas A1, A3 = ½ Luas A2, dan A4 = ½ Luas A3. Perbandingan panjang dan lebar tetap, sehingga kita bias mencari ukuran – ukuran tersebut seperti table diatas.

Pada tulisan kali ini penulis hanya ingin berbagi cara melipat gambar kertas ukuran A3 hingga kertas tersebut bisa dilipat menjadi seperti kertas A4. dalam keadaan dilipat, kotak nama selalu terletak didepan atau dimuka.

Ukuran garis tepi terhadap ukuran kertas gambar yang digunakan yaitu,  garis tepi kiri 2cm, garis tepi atas 1cm, gari tepi bawah 1cm, dan ukuran garis tepi kanan 1cm.

Untuk garis tepi kiri menggunakan 2cm dikarenakan agar ada jarak pada saat gambar ingin di jilid.

Melipat kertas gambar A3

Pada gambar 1.1a dan gambar 1.1b dibawah ini garis lipatan A-A berhimpit dengan garis lipatan C-C,

Sehingga pada saat dilipat akan mendapatkan seperti ukuran kertas A4

(daerah gambar yang di arsir).

kertas gambar

Gambar 1.1a

melipat kertas gambar

Gambar 1.1b

One Response

  1. Faruk Zulfikar 10 September 2011

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.