Ilmusipil.com Media Berbagi Ilmu Teknik Sipil dan Arsitektur

sipil Mega proyek dunia

Dunia saat ini telah memasuki jaman serba modern dengan banyak proyek besar yang telah dirancang oleh berbagai negara.
Dan inilah beberapa mega proyek dunia yang ditemukan dalam Google Earth.

1. King Fahd Causeway


king Fahd Causeway yaitu merupakan sebuah jembatan yang menghubungkan negara Saudi Arabia dengan Bahrain. King Fahd Causeway merupakan salah satu mega proyek dunia karena jembatan ini merupakan jembatan terpanjang ketiga di dunia setelah jembatan Lake pontchartrain di New Orleans, Amerika dan jembatan Donghai di Shanghai, China.

Panjang jembatan yang menghubungkan Negara Arab Saudi dengan Bahrain ini mencapai 30 Km. King Fahd causeway merupakan kombinasi jembatan beberapa tanggul. Perjanjian konstruksi ditandatangani pada 8 Juli 1981. Batu pertama diletakkan pada tanggal 11 November 1982 oleh Raja Fahd dari Arab Saudi dan Syekh Salman bin Isa al-Khalifa dari Bahrain; konstruksi berlangsung sampai tahun 1986 semua kombinasi beberapa jembatan dan bendungan telah diselesaikan. Jalan lintas ini dibuka untuk digunakan pada tanggal 25 November 1986.

2. Jembatan dari Denmark ke Swedia

Pertama kali saya melihat jembatan ini di google, tidak seperti jembatan. Dugaan saya ini ternyata benar. Jembatan yang menghubungkan Denmark dengan Swedia ini memang tidak sepenuhnya jembatan karena merupakan gabungan dari jembatan dan terowongan bawah laut. Luar biasa sekali menggabungkan jembatan dengan terowongan. Pembuatan Jembatan dan terowongan ini tentu saja memerlukan teknologi yang canggih dan menelan biaya yang sangat besar.

Kombinasi antara jembatan dan terowongan ini dihubungkan dengan sebuah pulau kecil buatan. Dimana jembatan terdapat dari swedia sampai pulau buatan dan terowongan dari pulau buatan ke Denmark

3. Tokyo Bay Aqua Line

Tokyo bay Aqua line ini saya temukan di google earth ketika saya sedang melihat bandara Haneda di Tokyo. Kemudian waktu saya lihat disekitar bandara tersebut, terdapat sebuh jalan yang menuju masuk ke laut (Teluk Tokyo).Kemudian jalan tersebut saya telusuri dan akhirnya saya menemukan ujung jalan tersebut di seberag teluk Tokyo. Ternyata itu adalah sebuah terowongan bawah laut.

Tokyo Bay Aqua Line sendiri merupakan sebuah terowongan bawah laut yang membentang di sepanjang teluk Tokyo. Tokyo Bay Aqua Line ini sangat memperpendek jarak perjalanan dari kota Kawasaki di Prefektur Kanagawa dengan kota Kisarazu di Prefektur Chiba. Sebelum untuk mencapai ke daerah tersebut orang harus mengelilingi teluk Tokyo yang membutuhkan waktu 1,5 jam, sedangkan dengan melalui Tokyo Bay Aqua Line kita hanya membutuhkan waktu 15 menit saja. Panjang keselurhan Tokyo Bay Aqua Line sendiri adalah 14 Km.

4. Chesapeake Bridge Tunnel

Nah, yang satu ini hampir sama dengan yang nomor 2 tadi, yaitu kombinasii antara jembatan dengan terowongan. Tapi bedanya Chesapeake Bridge Tunnel dengan jembatan antara Denmark dan Swedia tadi yaitu pada kombinasi antara jembatan dan terowongannya. Kalau pada jembatan antara Denmark dan Swedia hanya terdiri dari satu jembatan dan satu terowongan, sementara pada Chesapeake Bridge Tunnel terdiri dari beberapa jembatan dan beberapa terowongan yang terletak saling selang seling.

Panjang keseluruhan Chesapeake Bridge Tunnel adalah 37 Km. Chesapeake Bridge Tunnel membentang di mulut Teluk Chesapeake. Chesapeake Bridge Tunnel.

5. Dubai’s Large-Scale Sand Art, Pulau Buatan Berbentuk Palem Raksasa

Emirat Dubai yang super kaya membangun sejumlah proyek spektakuler yakni pulau-pulau buatan di lepas pantai. Pekerjaan luar biasa yang mengagumkan dunia, menata pulau-pulau buatan itu seperti pohon palem raksasa. Kepulauan ini menjadi proyek reklamasi tanah terbesar di dunia, juga kepulauan buatan terbesar di dunia. Pulau-pulau itu adalah Palm Jumeirah, Palm Jebel Ali dan Palm Deira.

Penciptanya adalah Sheikh Mohammed bin Rashid Al Maktoum yang bertujuan untuk meningkatkan pariwisata di Dubai. Setiap pulau berbentuk pohon palem, diatapi sebuah sabit, dan akan dilengkapi dengan berbagai fasilitas yang membuat nyaman penduduknya. Palm Islands terletak di lepas pantai Uni Emirat Arab di Teluk Persia dan akan menambah 250 km pantai kota Dubai.

Dua pulau pertama akan dibangun dengan sekitar 100 juta meter kubik batu dan pasir. Palm Deira sekitar 1 milyar meter kubik batu dan pasir. Semua bahan berasal dari UEA. Di ketiga pulau tersebut akan dibangun lebih dari 100 hotel mewah, villa dan apartemen eksklusif tepi pantai, marina, taman hiburan air, restoran, pusat perbelanjaan, fasilitas olah raga dan spa kesehatan.

Pembangunan Palm Jumeirah dimulai sejak Juni 2001. Kemudian, Palm Jebel Ali diumumkan dan reklamasi dimulai. Palm Deira, yang direncanakan seluas 46.35 meter persegi dan perusahaan pembangun, Nakheel, mengklaim luasnya melebihi Paris, konstruksi dimulai tahun 2003. Pembangunan akan selesai untuk 10-15 tahun berikutnya.

6. Jembatan Suramadu Indonesia


oleh: IslamHolic ( KasKus )

  1. Bendung Peucang Ramay anyaman batuan
  2. Rumah tinggal di bawah jembatan
  3. Penyebab banjir di jakarta
  4. konstruksi bendung tradisonal
  5. Jembatan kertas sebagai teknologi konstruksi
  6. pembangunan jembatan selat sunda indonesia
  7. jenis jembatan bambu dalam kehidupan
  8. Analisa penyebab runtuhnya jembatan kutai kartanegara kalimantan
  9. menghitung beban struktur jembatan

Leave a Reply

Current ye@r *