mau kuliah jurusan teknik sipil tapi kurang berbakat di hitungan

Bagaimana jika mau kuliah teknik sipil tapi kurang berbakat di hitungan? tidak jadi masalah, tidak ada yang susah jika ada kemauan kuat. di jurusan teknik sipil memang banyak hitungan, tapi itu bukanlah sebuah prioritas, karena ada juga mata kuliah menggambar, manajemen, bahkan pelajaran umum seperti bahasa indonesia dan agama juga ada. apalagi di dunia kerja sekarang sudah banyak software sebagai alat bantu hitung, yang penting kita tahu dasar-dasar atau konsep perhitunganya. jadi tetaplah bersemangat saudara-saudari yang punya unek-unek seperti mas jethro seperti ini.

Jethro pongtiku = “saya sangat suka logika tapi kurang di hitungan, jadi dilema pilih jurusan ini. Tipsnya bagaimana agar ditahap awal perkuliahan mampu melalui semua mata kuliah hitungan agar semester berikutnya sudah enteng dan terbiasa? mohon pencerahan. trimakasih”

o.k biar lebih mudah dalam menjalani kuliah, disini kita berikan tips menjalani pelajaran yang berhubungan dengan hitungan.

 

Tips menjalani pelajaran hitungan di jurusan teknik sipil agar mudah

  1. Rajin berangkat kuliah dan mengikuti setiap jam belajar agar tidak ketinggalan materi.
  2. Banyak baca buku panduan yang di anjurkan guru atau dosen.
  3. Jangan malu bertanya atau bekerjasama dengan teman kuliah atau dosen apabila ada hal-hal yang belum paham.
  4. Gunakan bantuan software untuk mempermudah perhitungan bangunan, namun pelajari sistem perhitunganya.
  5. Banyak mencoba menghitung, mencari masalah apa saja yang kira-kira bisa dihitung.
  6. Bersahabatlah dengan dunia industri entah itu kontraktor, konsultan perencana, developer atau perusahaan lainya, karena dari situ kita akan tahu pelajaran serta perhitungan apa sajaa yaang nantinya akan dipakai sehingga bisa lebih fokus mempelajari mata kuliah tersebut.
  7. Sertai juga usaha dengan doa kepada Tuhan yang maha berilmu, agar dimudahkan serta dipahamkan dalam belajar.
  8. Setelah usaha dan berdoa lalu pasrahkan hasilnya kepada Tuhan, karena manusia bisa berencana tapi tuhan yang menentukan hasilnya.

 

Yang pasti masih banyak lagi trik yang bisa dilakukan, tetaplah bersemangat selalu semoga mudah dalam meraih kelulusan serta bisa mendapatkan masa depan yang cerah.

Leave a Reply