Mau buka toko bangunan tapi bingung kulakan materialnya dimana?

Mau buka toko bangunan tapi bingung kulakan materialnya dimana? ini merupakan pertanyaan umum yang mungkin hinggap dalam benak para calon pengusaha toko material yang belum mengenal sama sekali bisnis dibidang bahan bangunan. pada prinsipnya ada dua cara yang bisa ditempuh, yaitu menunggu ada tawaran barang atau pergi mencari barang dagangan ke agen distributor atau grosiran.

Yang penting buka tokonya dulu, nanti supplier dan sales material berdatangan menawarkan barang, pasang spanduk atau pengumuman bahwa toko yang kita buka tersebut menyediakan bahan bangunan. jika lokasi toko kita strategis maka akan banyak sales datang menawarkan barang. pilih yang barangnya paling bagus dan termurah, tapi kita juga perlu jeli dan berhati-hati dalam memilih supplier mana yang akan diajak bekerjasama, prinsipnya ada barang datang baru keluar uang

Bekerjasama dengan 1 supplier untuk mengisi barang dagangan sedikit saja dulu, melengkapinya sambil jalan. sedikit demi sedikit lama lama menjadi bukit. kelebihanya yaitu kita bisa sambil belajar nama-nama material, harga pasaran, dan dimana bisa membelinya untuk dijual kembali. selanjutnya bisa melacak alamat grosir atau distributor yang menjual dengan harga murah, sehingga berpotensi mendapatkan keuntungan laba dari selisih harga jual.

Sudah begitu saja langkah awal yang bisa dijadikan sebagai pintu gerbang untuk bergelut dalam bisnis toko material bangunan. intinya yaitu buka tokonya dulu, masalah isi bisa dipikir sambil jalan, bisa didatangkan secara bertahap belakangan.

pintu toko

pintu toko

itu tadi lebih kepada bahan-bahan yang sifatnya ricikan seperti engsel pintu, palu, kunci, kawat bendrat, paku, gergaji, mata bor, dan sejenisnya. sedangkan bahan-bahan umum seperti pasir, semen, dan koral bisa dibeli ditempat produsenya. untuk membeli semen bisa datang ke pabriknya, rata-rata minimal pembelian 100 atau 200 zak bisa diantar, kalau beli kurang dari itu bisa membahwa pick up meskipun ada juga sales yang datang menawarkan semen. kalau pasir bisa memesan ke para sopir truck yang biasa mencari pasir ke produsen untuk dijual kembali, begitu juga dengan koral. selamat berusaha, semoga sukses 🙂

3 Comments

  1. lukman 25 March 2017
  2. Fery 3 December 2018
  3. rusmiyati 26 March 2019

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.