Ilmusipil.com Media Berbagi Ilmu Teknik Sipil dan Arsitektur

sipil Masa pemeliharaan proyek

Masa pemeliharaan proyek adalah masa perawatan pasca pembangunan selesai dalam waktu yang telah disepakati antara pemilik bangunan dan kontraktor dalam kontrak kerja konstruksi. Waktunya bervariasi antara proyek yang satu dengan lainya, tergantung kesepakatan atau berdasarkan peraturan undang-undang jika bangunan yang dikerjakan milik negara dengan biaya pemerintah. pada proyek swasta biasanya pemilik proyek menginginkan adanya masa perawatan dalam waktu selama mungkin agar apabila ada kerusakan bangunan maka dapat langsung meminta kontraktor untuk memperbaiki.

 

Contoh kegiatan dalam masa pemeliharaan proyek

  1. Jika ada hasil pekerjaan yang kurang bagus, pada masa perawatan adalah saat bagi kontraktor untuk memperbaikinya sehingga dapat memberikan produk dengan kualitas terbaik.
  2. Melakukan perbaikan jika ada atap yang bocor, misalnya pada atap cor beton berulang yang pekerjaan lapisan waterprofing kurang bagus maka besar kemungkinan terjadi kebpcpran maka harus diperbaiki agar air hujan tidak merusak bagian interior bangunan.
  3. Waktunya melanjutkan proses pelaksanaan jika proses pembangunan mundur dari perjanjian kontrak.
  4. Tes instalasi mekanikal dan elektrikal, seperti uji lift dan passenger hoist, uji instalasi listrik, uji instalasi pemadam kebakaran dan yang lainya.
  5. Pengetesan fungsi bangunan apakah layak dan aman untuk digunakan sebagai dasar untuk mendapat izin pakai bangunan dari departemen terkait.
  6. Saatnya bagi kontraktor untuk menghitung besarnya keuntungan atau kerugian borongan.
  7. Terjadi pengurangan karyawan proyek karena pekerjaan sudah selesai. terutama bagi pekerja yang statusnya hanya kontrak proyek bukan perusahaan, maka jika proyek selesai maka siap-siap mencari proyek baru untuk dapat bekerja kembali.
  8. Waktu bagi kontraktor untuk menyelesaikan administrasi kontrak seperti laporan pelaksanaan, gambar asbuilt drawing, foto proyek, tagihan pembayaran dan sejenisnya.
  9. Pekerjaan bongkar fasilitas proyek seperti barak pekerja, direksi keet dan macam-macam perlengkapan pembangunan lainya.

 

Demikian beberapa informasi tentang masa pemeliharaan proyek yang tentunya masih banyak gambaran lain yang belum bisa dituliskan disini, oleh karena itu bagi yang bersedia koreksi atau menambahkan dibawah maka kami terima dengan senang hati dan semoga dapat bermanfaat bagi rekan-rekan kita yang kebetulan sedang membutuhkan.

  1. Tips bekerja sebagai tukang bangunan
  2. Cara menang tender pengadaan barang dan jasa
  3. jasa penyelidikan tanah bangunan
  4. Daftar kontraktor bangunan di Indonesia
  5. perusahaan kontraktor BUMN indonesia
  6. Daftar kontraktor dan konsultan perencana BUMN di Indonesia
  7. Penyebab kegagalan proyek bangunan
  8. Apakah kerja di Kontraktor itu enak?
  9. Contoh surat penawaran harga Proyek
  10. Rahasia agar bisa menjadi kontraktor sukses
  11. Pengawasan dan Pengendalian Mutu Pekerjaan proyek
  12. Kontraktor ME mekanikal elektrikal VS sipil arsitektur
  13. pengertian sistem kontrak konstruksi
  14. Penyebab kontraktor bangkrut atau proyek rugi
  15. Logo PT HUTAMA KARYA PERSERO GENERAL KONTRAKTOR
  16. Cara menjadi kontraktor bangunan yang baik
  17. Nasib orang jujur di proyek bangunan
  18. Kualifikasi usaha jasa pelaksana konstruksi
  19. Komplain dan Kesalahan pada konstruksi bangunan

Leave a Reply

Current ye@r *