Manfaat shalat jumat bagi dunia proyek konstruksi

Hari jumat adalah hari raya yang kita sambut dengan gembira di setiap minggunya, termasuk juga dalam dunia proyek selalu ada suasana berbeda karena pada hari jumat banyak pekerja berhenti sejenak dari aktifitasnya, membersihkan diri lalu berbondong-bondong menuju ke masjid untuk melaksanakan shalat berjamaah. Jika kita mau berfikir sejenak ternyata banyak sekali manfaat shalat jumat bagi pelaksanaan pembangunan proyek , secara sadar atau tidak ternyata kita sedang dilatih oleh Tuhan agar bisa menjalani aktifitas kehidupan ini dengan baik sehingga dapat memperoleh hidup yang tenang dan bahagia, termasuk juga dalam hal pelaksanaan pekerjaan proyek.

 

Manfaat shalat jumat bagi dunia proyek konstruksi

  1. Sebelum shalat kita mensucikan diri terlebih dahulu, begitu juga ketika kita mulai membangun sebuah proyek konstruksi perlu dimulai dari niat yang suci sehingga hasilnya menjadi baik.
  2. Dalam shalat kita berdoa kepada Tuhan agar ditunjukan jalan yang lurus, secara tidak langsung kita telah meminta agar tujuan kita dalam bekerja adalah untuk ibadah, bukan mencari uang, bukan untuk beli rumah, mencari mobil mewah serta tujuan sederhana lainya, karena hal itu dapat menyebabkan hati kita terus tersiksa menuruti setiap keinginan baru, apalagi kita tahu bahwa ketika mati tidak semua bisa dibawa.
  3. Menghindarkan diri dari perilaku buruk didunia proyek, seperti korupsi, mencuri material, dan tingkah laku lain yang dapat merugikan diri sendiri maupun orang lain.
  4. Ketika imam berdiri maka seluruh makm berdiri, ketika iman sujud maka seluruh makmum sujud. Jadi kita berlatih meningkatkan rasa kompak, bahwa ternyata rekan-rekan atau saudara kita itu banyak serta kompak. hal ini tentu dapat mendukung terbentuknya satu organisasi proyek yang solid dan siap membuat karya terbaik.
  5. Imam shalat adalah orang pintar serta baik yang diikuti seluruh makmum dalam jamaah shalat jumat, begitu juga dalam dunia proyek memerlukan seorang project manager yang baik sebagai pemimpin agar bisa menjadi teladan bagi para staff engineer, arsitek, pelaksana, tukang bangunan dan seluruh personil yang ada diproyek.
  6. Ketika shalat selesai maka kita menoleh ke kanan dan kekiri sambil mengucapkan doa agar sekeliling kita selalu dalam keselamatan. nah.. dalam dunia proyek tentunya kita juga berharap setelah proses pembangunan selesai semua dalam keadaan selamat tanpa adanya kecelakaan kerja atau hal-hal yang tidak diinginkan lainya.
  7. Orang yang shalatnya bagus pasti  mampu mengaplikasikan manfaatnya dalam aktifitas kehidupan sehari-hari termasuk dalam kegiatan pelaksanaan pembangunan proyek konstruksi sehingga menghasilkan kualitas terbagus.

 

Apa lagi ya manfaat lainya? tentu saja masih banyak, karena otak manusia itu terbatas jadi selalu ada rahasia Tuhan yang tidak sanggup dinalar oleh manusia. semoga shalat jumat yang kita laksanakan dapat membawa kebaikan bagi diri sendiri, lingkungan sekitar dan yang paling utama adalah meraih ridha Allah SWT. bagi yang hendak koreksi atau menambahkan bisa berbagi ilmu disini 🙂

One Response

  1. dafi 15 June 2013

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.