Manfaat peraturan wajib tidur pekerja proyek bangunan

Banyak perusahaan menginginkan karyawanya bekerja dalam waktu sebanyak mungkin dengan harapan bisa menghasilkan produksi yang lebih besar, sebagian memang efektif tapi lebih banyak yang justru membuat produksi karyawan menurun, tenaganya loyo dan semangatnya menurun karena terus-terusan dipaksa untuk bekerja siang dan malam, Banyak juga perusahaan yang menganggap bahwa tidur saat jam kerja itu merupakan kegiatan negatif yang tidak pantas dilakukan oleh karyawan, misalnya pada siang hari yang seringkali suasananya penuh kantuk, padahal dengan tidur dalam beberapa menit maka tenaga serta otak karyawan bisa pulih dan segar kembali, nah.. kalau begini maka produksinya akan meningkat, alhasil, perusahaan mendapat keuntungan. Jadi akan ada manfaat jika diterapkan peraturan wajib tidur bagi pekerja proyek bangunan saat jam kerja.

 

Manfaat peraturan wajib tidur pekerja proyek bangunan

  1. Memulihkan kembali stamina pekerja sehingga setelah itu bisa berkarya dengan maksimal.
  2. Wajib tidur pada jam malam hari akan lebih memudahkan petugas security proyek untuk menjaga keamanan.
  3. Kesehatan karyawan terjaga, sehingga ada banyak waktu untuk bekerja karena tidak sering izin karena sakit.
  4. Terkadang inspirasi penyelesaian masalah didapat saat mimpi, nah.. barangkali solusi dari permasalahan proyek bisa terkuak saat karyawan tertidur lelap.
  5. Meningkatkan disiplin karyawan, ha.. ha.. aneh, tidur dianggap disiplin. jadi begini, dengan adanya peraturan jam wajib tidur maka karyawan akan tahu kapan saatnya harus bekerja, dan kapan saatnya harus tidur, jadi tidak melakukan tindakan ketidakdisiplinan dengan tidur saat jam kerja.
  6. Secara psikologi, karyawan merasa diperhatikan kesehatan tubuhnya.

tidur saat kerja

Alternatif jam wajib tidur di proyek bangunan

  1. Tidur selama 30 menit, jam 13.00 s/d 13.30. menurut dunia kedokteran tidur pada siang hari bisa memulihkan stamina tubuh berlipat-lipat.
  2. Tidur selama 1 jam, jam 19.30 s/d 20.30 setelah itu karyawan bisa bangun dan bekerja kembali di malam hari dengan tubuh segar.
  3. Tidur selama 5 jam, jam 22.30  s/d 03.30 pagi hari pekerja bisa beraktifitas dirumahnya sejenak melepas beban kerja dengan udara pagi yang menyegarkan, setelah itu bisa berangkat kerja kembali dengan tubuh yang sehat bugar.

 

Jadi menerapkan peraturan bekerja di proyek selama 24 jam non stop bukanlah suatu hal yang tepat untuk meningkatkan produksi, justru dengan adanya jam wajib tidur maka stamina tubuh pekerja terjaga dan produksi proyek bisa maksimal 🙂

Leave a Reply