kurva s excel

Manfaat atau kegunaan kurva S dalam proyek konstruksi

Sebenarnya apa saja manfaat atau  kegunaan kurva s dalam proyek konstruksi? apakah hanya sekedar sebagai bahan laporan atau hiasan untuk tempel di dinding direksi keet, ah.. banyak sekali fungsi yang jauh lebih dari itu, karena selembar jadwal berikut grafik yang menyerupai huruf s itu sangat penting manfaatnya bagi kelancaran proyek, terkait dalam hal pelaksanaan, keuangan proyek, manajemen pengelolaan pekerjaan dan hal-hal lainya.

Seperti pertanyaan salah satu sahabat kita very= “Sebenarnya manfaat utama atau kelebihan adanya kurva “s” ini apa ya pak? Fungsi dengan adanya kurva “s” ini lebih kemana? Terimakasih.”

kurva s excel

kurva s excel

Berikut beberapa fungsi kurva s, oh ya.. sebelumnya kita sudah buatkan tutorial tentang cara membuat kurva s

Manfaat atau kegunaan kurva S dalam proyek konstruksi

  1. Sebagai jadwal pelaksanaan kegiatan proyek, disitu akan terlihat kapan proyeknya dimulai dan kapan akan berakhir, juga pekerjaan apa saja yang harus dikerjakan pada tanggal tertentu.
  2. Sebagai dasar untuk manajemen keuangan proyek, dengan adanya kurva S maka akan terlihat perkiraan besarnya prosentase progress yang akan diraih  pada tanggal tertentu, nah… seorang manajer keuangan dapat memperkirakan berapa dana yang akan tersedia serta kapan akan menagih pembayaran ke owner dengan besaran sekian rupiah dihitung dari progress proyek.
  3. Untuk melihat pekerjaan yang masuk kedalam lintasan kritis, yaitu item yang harus segera selesai agar pekerjaan lain yang berkaitan dapat segera dikerjakan.
  4. Untuk menghitung prestasi pekerjaan proyek, di kurva s ada yang namanya rencana progress mingguan proyek, lalu ada juga perhitungan progress realisasi pelaksanaan, dari perbandingan antara rencana dan realisasi akan diketahui seberapa besar prestasi pekerjaan, apakah lebih cepat atau terlambat dari jadwal.
  5. Sebagai pedoman manajer proyek untuk mengambil kebijakan agar plaksanaan pekerjaan bisa selesai sesuai batas waktu kontrak, atau lebih cepat lebih baik.
  6. Untuk maajemen pengadaan material, tenaga dan peralatan proyek sesuai dengan jenis kegiatan yang akan dikerjakan setiap tanggalnya.
  7. sebagai bahan pelaporan proyek dari kontraktor kepada manajemen konstruksi, konsultan pengawas, atau owner sebagai pemilik proyek.

apa lagi ya fungsi kurva s yang seringkali dibuat dengan software microsoft excel itu? 🙂

1 Comment
  1. 10 months ago
    Ardiani

    Slmt pagi,maaf..apa ada menjual buku tata cara trsebut diatas secara lengkap. agar saya bisa lebih detail mempelajarinya. trimakasih

    Reply

Beri Komentar

Alamat Email tidak akan ditampilkan.

*