Macam macam bentuk keuntungan kontraktor

Dalam budaya materialistis seringkali mengukur keuntungan usaha dalam bentuk uang atau benda, namun pandangan tersebut 100% salah dan sangat membahayakan kemajuan usaha, termasuk dalam dunia borongan bangunan, ada macam-macam bentuk keuntungan kontraktor yang jauh lebih penting dibanding uang, dan yang terpenting lagi adalah jenis keuntungan tersebut sangat menentukan apakah usaha mau maju atau bangkrut dimasa depan, tak peduli apakah itu kontraktor BUMN atau SWASTA, beginilah bentuk keuntungan yang jauh lebih penting dibanding uang.

 

Pengembangan karyawan
Ya.. usaha kontraktor itu masuk kategori jasa, jadi maju atau tidaknya sangat dipengaruhi oleh karyawan, dalam perjalanan usaha harus ada pengelolaan seluruh pegawainya agar terus berkembang, bagaimana caranya agar karyawan semakin terampil, semakin pintar, semakin ahli, semakin religius, dan semakin-semakin lainya yang mendukung kemajuan usaha kontraktor, merupakan kesalahan fatal apabila sang kontraktor hanya fokus pada laba berbentuk uang sementara karyawan ditelantarkan, karena jika begitu maka bisa dipastikan kontraktor akan mengalami kemunduran atau bahkan kebangkrutan.

Pengembangan hubungan baik
Memang benar dengan bersilaturahmi maka rezeki menjadi lancar, sebagai kontraktor juga harus pintar-pintar menjaga hubungan baik dengan owner, mandor, supplier, tukang bangunan dan pihak-pihak lain yang terkait dengan kelancaran proyek konstruksi, semakin luas dan besar hubungan baiknya maka peluang meraih proyek baru akan semakin terbuka lebar.

Pengembangan nama merk kontraktor
Ini juga tak kalah penting, dalam menjalankan roda usaha, kita perlu membuat nama tertentu agar mudah dikenal oleh seluruh pihak, nama tersebut harus dipasarkan dan dikenal baik oleh semua pihak, dan nama tersebut juga harus semakin meluas tingkat pengenalanya.

Uang dan Benda
Nah.. ini hanyalah yang terakhir dari seluruh jenis macam-macam jenis keuntungan kontraktor, fungsinya sebagai alat atau fasilitas agar roda usaha kontraktor bisa berjalan dengan baik, ingat!! Uang adalah fasilitas bukan tujuan, jadi tempatkanlah sebagaimana mestinya, yaitu untuk memfasilitasi pelaksanaan proyek dan kegiatan-kegiatan lainya yang menguntungkan perusahaan kontraktor.

 

Jadi dalam menjalankan roda usaha kontraktor hendaknya tidak berfokus pada laba berbentuk uang, karena jika demikian maka usaha akan bangkrut, sebaliknya jika kita fokus pada jenis-jenis keuntungan lainya seperti pengembangan karyawan, pengembangan hubungan baik, pengembangan nama merek kontraktor, sehingga dapat melayani seluruh pihak dengan baik maka yang namanya laba uang atau benda akan berdatangan dengan sendirinya dalam jumlah besar, ada bentuk keuntungan kontraktor yang lain?

3 Comments

  1. Kuslani 12 December 2014
  2. sobri 31 January 2015
  3. Dani 6 September 2016

Leave a Reply