Macam macam Alat pelindung diri pekerja proyek

Bekerja di proyek konstruksi itu tidak hanya sekedar berkarya untuk menghasilkan bangunan berkualitas tinggi, tapi ada sisi lain yang wajib diperhatikan yaitu kesehatan dan keselamatan kerja karena pembangunan itu akan melibatkan banyak nyawa yang setiap jiwanya perlu dijaga keselamatanya, untuk itu setiap tukang bangunan, karyawan kontraktor, maupun semua pihak yang beraktifitas di area pembangunan wajib mengenakan macam-macam alat pelindung diri pekerja proyek agar aman, sehat, dan selamat.

Alat-alat ini hukumnya wajib digunakan oleh seluruh pekerja proyek, dalam pelaksanaanya diperlukan petugas khusus untuk memantau dan memberikan sanksi kepada pekerja yang tidak memakainya.

 

Macam macam Alat pelindung diri pekerja proyek

alat pelindung diri pekerja proyek

alat pelindung diri pekerja proyek

Pada gambar tersebut bisa kita lihat contoh pekerja yang mengenakan alat-alat pelindung diri secara lengkap, disertai juga nama-nama bagianya sebagai berikut.

  1. Sepatu safety, melindungi kaki dari bahaya menginjak benda-benda tajam seperti paku, pecahan kaca, dan sejenisnya.
  2. Celana panjang, sebagai pelindung kaki.
  3. Safety belt, untuk dikaitkan pada benda atau bagian bangunan yang kuat ketika bekerja diketinggian atau tepi galian agar tidak terpeleset atau jatuh.
  4. Baju kerja, sebagai pelindung tubuh.
  5. Sarung tangan, mengamankan tangan dari bahaya terkena benda tajam, panas, atau terkena arus listrik.
  6. Ear plug, untuk melindungi telingan dari suara keras atau bising.
  7. Kaca mata, menjaga mata dari debu, asap las, serta benda-benda yang membahayakan penglihatan.
  8. Helm proyek, melindungi kepala dari kejatuhan benda keras, mengamankan terhadap benturan.
  9. Tali Dagu, menjaga agar helm tetap terpasang paa kepala.
  10. Masker, menyaring debu agar tidak masuk ke hidung.

 

Meskipun terkesan merepotkan dan memerlukan biaya tambahan, namun hal tersebut justru merupakan salah satu faktor penyebab proyek untung, dan setiap pekerja yang terlibat didalamnya juga bisa membawa pulang penghasilan dengan selamat tanpa kurang suatau apapun, bisa kita bayangkan berapa banyak waktu dan tenaga yang terbuang ketika terjadi kecelakaan kerja? hal itu pastinya akan menguras biaya proyek, oleh karena itu upaya pencegahan sangat diperlukan agar berbagai musibah tidak sampai terjadi, safety first 🙂

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.