Lokasi yang bagus untuk toko bangunan

Dalam dunia bisnis kita kenal istilah lokasi usaha yaitu suatu tempat atau area yang digunakan untuk melakukan kegiatan jual beli antara pengusaha dan konsumen. Semakin baik lokasinya maka peluang keberhasilan usaha akan semakin besar, Nah.. khusus di dunia jual beli material, kita perlu menentukan lokasi yang bagus untuk toko bangunan sehingga diharapkan dapat mendukung kesuksesan usaha, menarik perhatian, mudah dijangkau konsumen dan sejenisnya. Sebelumnya sudah kita bahas bahwa modal untuk membuka toko bahan bangunan itu tidak harus berupa uang, tapi didalamnya ada modal berupa lokasi usaha yang strategis. Meskipun tersedia uang banyak jika tempat usahanya tidak bagus maka berpeluang untuk mendekat ke jurang kebangkrutan.

 

Lokasi yang bagus untuk toko bangunan

  1. Dekat dengan area perumahan, apalagi jika lingkungan tersebut sedang dalam tahap pembangunan dan pengembangan, maka banyak warga yang memerlukan material bangunan.
  2. Akses jalan bagus, ini untuk kelancaran transportasi material dari supplier dan pembeli.
  3. Nama domain mewakili produk material yang kita jual, ini khusus untuk toko atau pemasaran online, misalnya kita menjual baja ringan maka akan sangat bagus jika membuat website dengan nama domain BajaRingan.com, jika kita menjual Batu bata maka akan bagus jika memilih nama domain BatuBata.com
  4. Luas area cukup untuk menyimpan bahan bangunan yang dijual, misalnya area yang terlalu sempit akan mengesankan bahwa toko kita kecil sehingga konsumen berpikir bahwa stock sedikit dan tidak ada banyak pilihan.
  5. Mendapat izin dari tetangga serta masyarakat sekitar, ini penting karena toko kita akan melayani publik serta menggunakan fasilitas publik, contohnya truck material kita akan melewati jalan umum yang berpotensi menyebabkan kerusakan, suara bising pada toko kita akan mengurangi kenyamanan tetangga, jadi dengan mendapat izin maka akan memperlancar jalanya usaha.
  6. Aman dari bencana alam seperti banjir, tanah longsor, gempa bumi dll.

 

Ya.. itulah beberapa ciri-ciri lokasi bagus yang bisa kita usahakan agar menambah keberhasilan usaha toko bahan bangunan, namun yang perlu diingat adalah yang namanya usaha itu kadang cocok-cocokan, bisa jadi lokasi yang sebelumnya kita anggap jelek ternyata justru memberikan keuntungan besar, jadi usaha yang kita lakukan sebaiknya disertai dengan Doa kepada Tuhan yang maha pemberi Rezeki, agar dibimbing dalam menemukan area usaha terbaik 🙂

4 Comments

  1. davit 25 August 2016
    • yudi 16 March 2017
      • Suroto 17 May 2018
  2. fahrul rozi 26 January 2019

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.