Lingkup Pekerjaan dalam kontrak proyek

Dalam dokumen perjanjian kontrak kerja konstruksi antara kontraktor dan owner sebaiknya berisi penjelasan tentang lingkup pekerjaan yang penulisanya bisa dibuat dengan pasal tersendiri, hal ini untuk memberikan kejelasan kepada kedua belah pihak tentang ruang lingkup pekerjaan yang menjadi hak serta tanggung jawab untuk dilaksanakan dengan baik, pada bagian lingkup pekerjaan ini akan menjelaskan tentang proyek yang menjadi tanggung jawab kontraktor, nama proyeknya, dimana alamatnya, kapan tahun anggaranya, dan bagaimana sifat harga kontraknya, o.k kita mulai urainya lebih lanjut 🙂

 

Isi lingkup Pekerjaan dalam kontrak proyek

  1. Kesepakatan kedua pihak, contohnya owner sepakat untuk memborongkan pembangunan gedung kepada kontraktor, sebaliknya kontraktor menerima kesepakatan tersebut serta sanggup melaksanakan proyek pembangunan tersebut dengan baik dan benar sesuai dengan perjanjian kontrak.
  2. Nama Pekerjaan, Proyek apa yang dibangun? jika gedung maka disebutkan nama gedungnya dan kapan waktu penyediaan anggaranya. contohnya pembangunan Gedung Tower ilmusipil 999 lantai tahun anggaran 2055 s/d 2065.
  3. Lokasi Pekerjaan, menjelaskan tentang dimana alamat proyek tersebut berada, berisi informasi alamat jalan, nomor alamat, kelurahan, kota, provinsi dan negara. misalnya proyek tersebut terletak di Jl. Gang Luas  no.1 , Kelurahan Langit ketujuh, Kota Angkasa, Provinsi Perut Bumi, Negara Republik mimpi.
  4. Lingkup Pekerjaan, pekerjaan apa saja yang menjadi tanggung jawab kontraktor untuk dilaksanakan, apakah seluruh bagian gedung, atau hanya beberapa sub pekerjaan saja, misalnya struktur, arsitektur, finishing, mekanikal elektrikal, sesuai spesifikasi teknis serta gambar kontrak.
  5. Batasan tanggung jawab Kontraktor, menjelaskan tentang hal-hal yang harus dilaksanakan kontraktor, misalnya membangun gedung secara keseluruhan termasuk pemeliharaan dan pengelolaan, atau hanya merenovasi, atau hanya manajemen building.
  6. Sifat harga kontrak, berisi tentang penjelasan nilai kontrak apakah lump sum alias pekerjaan dalam batas waktu tertentu yang harganya tetap dan  semua resiko ditanggung kontraktor selama gambar dan spesifikasinya tidak berubah, atau menggunakan sistem harga satuan yang bisa diubah sesuai kesepakatan dalam pelaksanaan.

lingkup pekerjaan proyek

 

Dengan ruang lingkup pekerjaan yang jelas maka kontraktor akan lebih mudah dalam memahami batasan tanggung jawabnya sehingga dapat melaksanakanya dengan baik, jika ada waktu dan kesempatan kita uraikan isi dokumen kontrak selanjutnya yang berjudul dasar-dasar pembuatan perjanjian kontrak proyek 🙂

One Response

  1. budi s 20 November 2014

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.