Landasan Pacu (Runway) tergenang air

Beberapa hari yang lalu, sebuah media berita online mengabarkan tentang banjir yang melanda Provinsi Sumatra Utara. Hal tersebut mengakibatkan Bandara Polonia, bandar udara di provinsi tersebut juga terkena imbas. Landasan pacu pesawat atau bagian dari bandara yang sering disebut runway tergenang air. Sehingga pesawat pada hari itu harus ditunda penerbangannya hingga beberapa jam. Dan salah satu penunpang pesawat pada hari itu adalah seorang dosen bidang transportasi Jurusan Teknik Sipil Unsyiah.

Bila ditinjau dari ilmu teknik sipil, hal ini seharusnya tidak terjadi karena dapat membahayakan keamanan pesawat. Menurut wikipedia.org, landasan pacu (runway) adalah bagian dari bangunan bandar udara yang digunakan pesawat untuk lepas landas atau pendaratan. Material utama yang digunakan untuk membuat landasan pacu adalah aspal “hotmix”. Aspal  yang digunakan haruslah aspal alam, dengan kualitas terbaik. Aspal yang tidak terpengaruh oleh panas matahari, temperatur tinggi, dan hal lainnya yang dapat merusak struktur landasan pacu. Lalu bagaimana dengan landasan pacu yang tergenang oleh air?

Air merupakan musuh utama aspal. Ungkapan itu sering diucapkan karena sifat aspal yang anti air. Karena alasan itulah bangunan teknik sipil yang bermaterial aspal didesain dengan kemiringan tertentu sehingga tidak tergenang air. Contohnya jalan raya dan landasan pacu (runway). Landasan pacu atau jalan yang digenangi air biasanya disebabkan oleh drainase dan sirkulasi air yang tidak berfungsi dengan baik.

Dalam permasalahan landasan pacu khusunya, tergenangnya air sangat berbahaya. Karena aspal yang berada pada landasan pacu akan terkelupas apabila sering digenangi air. Terkelupasnya komponen dari menyebabkan aggregat (kerikil) penyusun landasan pacu akan rusak. Padahal landasan pacu harus dijaga kebersihannya bahkan dari debu dan benda asing lainnya. Benda asing tersebut diduga sebagai penyebab utama terjadinya kecelakaan pesawat seperti tergelincir, bahkan terbakar.

oleh: Juliana Frisaini

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.