Kurva S perumahan dengan banyak jumlah dan tipe rumah

Kali ini kita coba menjawab sebuah pertanyaan mengenai kurva S perumahan dengan banyak jumlah dan tipe rumah yang diutarakan oleh bapak m noor sebagai berikut:

M Noor= “Assalamualaikum warohmatullahi wabarokatuh.. Pak kalau format kurva s, untuk pembangunan perumahan dengan ratusan unit dikerjakan berbarengan, misalkan ratusan rumah terbagi 5 type rumah. Yang saya tanyakan bikin 1 kurva S 1 type atau all in 1 kurva s. Atau seperti apa dan bagaimana. Mohon pencerahanya, trimakasih..”

Waalaikumsalam wr wb, kurva s perumahan tersebut sebaiknya dibuat menjadi satu kesatuan, yang didalamnya diperinci item pekerjaanya untuk masing-masing rumah meliputi lokasi di blok serta nomor berapa, tipe rumah serta rincian yang lainya. untuk lebih jelasnya coba kita buatkan contohnya seperti ini.

 

Contoh kurva S perumahan dengan ratusan rumah berbagai tipe

contoh kurva s perumahan

contoh kurva s perumahan

Untuk download spreadshet file excel kurva s perumahan ini bisa melalui link ini

Seperti itulah contohnya, tapi di masing-masing rumah tersebut perlu dirinci lagi per item pekerjaanya seperti pondasi, struktur, lantai, atap, plafond dan seterusnya. disini tidak saya rincikan seperti itu karena ini kan sekedar sebagai contoh penjelas saja, jadi biar enggak terlalu lama dan capek buatnya, yang penting bisa lebih meperjelas gambaranya, mengenai sistem pembuatanya bisa dibaca pada artikel yang berjudul “cara membuat kurva s“.

 

Ya.. bisnis perumahan memang sesuatu yang menjanjikan keuntungan besar, namun perlu manajemen yang baik gar untung tersebut tidak berubah menjadi buntung, salah satunya yaitu dengan mengatur mnajemen waktu, tenaga kerja, alat, cost control, serta penjualan rumah, nah.. hal-hal tersebut akan tergambar secara jelas apabila dibuatkan terlebih dahulu yang namanya jadwal kurva s perumahan. selain itu fungsinya juga sebagai acuan evaluasi dalam melaksanakan pembangunan apakah masih berjalan dalam koridor rencana atau justru mengalami keterlambatan. dari segi manajemen keuangan juga bisa berfungsi untuk mengatur pengeluaran serta pemasukan sehingga keuangan perusahaan berjalan dengan lancar tanpa halangan yang berarti, demikian info sederhana ini semoga berguna.

2 Comments

  1. bpk fathur 8 August 2017
  2. muhammad 12 August 2017

Leave a Reply