Kuliah teknik sipil lulus mau jadi apa

Kuliah teknik sipil setelah lulus mau jadi apa ? pertanyaan ini mungkin terlintas bagi lulusan SMA yang hendak mengambil jurusan teknik sipil namun belum mengetahui secara detail mengenai salah satu kejuruan yang hampir ada di kampus yang tersebar diberbagai kota Indonesia ini, atau jika dikampus luar negeri disebut sebagai Civil Enginering yang mempelajari tentang bagaimana membuat desain, membangun sampai dengan memelihara bangunan dengan baik yaitu dengan ketentuan bangunan hemat kuat dan indah. hal ini tentu sangat berbeda dari arti lain kata sipil yang bisa juga berarti warga sipil untuk menyebut masyarakat bukan dari kalangan militer atau pegawai negeri sipil yang merupakan sebutan jabatan bagi masyarakat yang mengabdikan dirinya kepada pemerintah.

 

Kembali ko topik semula yaitu setelah lulus kuliah teknik sipil mau menjadi apa, secara global mungkin bisa disebut beberapa pilihan sederhana yaitu karyawan / pegawai, pengusaha atau professional, dan secara rinci berikut ini beberapa profesi yang dapat menjadi jalan kehidupan.

 

 Kuliah teknik sipil lulus mau jadi apa?

  • Kontraktor atau pemborong adalah sebuah profesi yang mengadakan perjanjian kontrak pembangunan dengan pemilik bangunan dengan rencana anggaran biaya yang telah disepakati, kemudian melaksanakan pembangunan sesuai desain perencanaan dalam kontrak untuk kemudian diserahterimakan kepada pemilik proyek dalam waktu yang telah ditentukan pada saat melakukan kontrak konstruksi.
  • Arsitek atau Konsultan perencana bangunan adalah sebuah profesi yang menawarkan jasa pembuatan perencanaan desain bangunan meliputi pembuatan gambar desain bangunan, perhitungan rencana anggaran biaya bangunan ( RAB ) dan pembuatan rencana kerja dan syarat-syarat ( RKS ).
  • Managemen Konstruksi atau konsultan pengawas bangunan adalah perusahaan yang menawarkan jasa pengawasan pembangunan sebuah proyek dari mulai perencanaan, pembangunan sampai dengan masa pemeliharaan bangunan.
  • Karyawan yang bekerja diberbagai perusahaan yang bergerak dalam bidang bangunan.
  • Pegawai negeri sipil pada departemen atau kementrian atau sebagai guru yang mengajar disekolah menengah kejuruan ( SMK ).
  • Blogger adalah sebuah profesi baru yang muncul karena berkembangnya teknologi informasi, blogger merupakan seorang penulis online di website maupun blog dengan tema apa saja yang disini adalah blogger teknik sipil.

 

Apapun profesinya jika dilakukan dengan motivasi yang tinggi serta suasana yang menyenangkan pasti akan membuahkan hasil yang maksimal, dan tujuan akhir mencari ilmu hendaknya lebih pada bagaimana ilmu tersebut dapat meyakinkan serta mendekatkan diri kita kepada tuhan yang maha esa sehingga dapat membawa kebahagiaan dalam menjalankan kehidupan, selamat mewujudkan cita-cita mulia berguna bagi diri sendiri dan orang lain ­čÖé

3 Comments

  1. Lovely 28 July 2012
  2. Afret Nobel, ST, mm, phd. 30 August 2012
  3. nazhara 11 February 2016

Leave a Reply