Ilmusipil.com Media Berbagi Ilmu Teknik Sipil dan Arsitektur

sipil Kuda-Kuda Baja Ringan

Gagasan tidak turun dari langit yang abstrak, tetapi muncul dari tanah dan pekerjaan” (-Alain)

Pertanyaan mendasar ketika pertama kali berhubungan dengan para pemasang baja ringan adalah kata kuda-kuda. Mengapa dalam bahasa keseharian, sebagian tukang menyebut rangka atap sebagai kuda-kuda? Sebagian menyebutnya sebagai hubungan dengan kuda-kuda dalam pencak silat, sebagian menyebutnya dengan kuda dalam bentuk binatang yang kakinya kuat, tubuhnya kekar dan staminanya tangguh.

Tetapi mari kita lihat satu persatu, dalam konstruksi bangunan, kuda-kuda adalah elemen penopang beban diatasnya yaitu beban penutup atap, beban angin dan curah hujan. Elemen Kuda-kuda ini terdiri dari 3 yaitu:

- Kuda penopang (iga-iga) pada kuda-kuda yang berfungsi menyalurkan gaya tekan

- Balok dasar pada kuda-kuda yang berfungsi sebagai penahan gaya tarik

- Tiang tengah (ander) yang berfungsi mendukung balok bubungan (molo) dan menerima gaya tekan (Heinz Frick. Ilmu Konstruksi Bangunan 2 hal 192)

Pertanyaannya lagi adalah apa hubungannya antara kuda-kuda ilmu silat dan kuda-kuda dalam ilmu konstruksi bangunan? Kalau dilihat secara prinsip, kedua kuda-kuda tersebut sama-sama berfungsi menopang beban diatasnya supaya tidak roboh dan tetap stabil. Jika dilihat kembali definisi kuda-kuda dari dunia silat, maka konstruksi yang berhubungan dengan upaya menahan beban dan menerima beban harus stabil seperti kuda-kuda. Kuat dari semua sisi. Nah dengan analogi ini mungkin pemahaman dilapangan akan lebih mudah di serap daripada menjelaskan secara spesifik.

Truss

Mungkin saja nama atau kata Truss terdengar asing bagi pekerja-pekerja konstruksi Indonesia terutama mereka yang bergerak langsung di pertukangan dan pelaksanaan lapangan, lebih dikenal dengan nama kuda-kuda daripada Truss. Truss dalam Oxford Learner’s Dictionary terdapat 2 definisi, yang berhubungan dengan konstruksi adalah Framework supporting a roof, bridge, etc. (Rangka yang menyangga atap, jembatan, dll)

Kuda-kuda baja ringan memakai system rangka batang, konstruksi rangka batang merupakan konstruksi rangka segitiga saja dimana garis sumbu batang harus lurus dan masing-masing hanya menerima gaya tekan atau tarikan. Garis sumbu batang bertemu pada titik simpul yang bekerja sebagai engsel dalam bidang rangka batang. Beban pada konstruksi rangka batang hanya boleh bekerja pada titik simpul (Heinz Frick. Ilmu Konstruksi Bangunan 2 hal 211).

struktur-baja-ringan

(pinture form: tstsolution.com.my )

Kuda, Kuda-kuda dan Truss adalah tiga nama yang memiliki definisi yang berbeda, ketiganya memiliki kesamaan secara prinsip yaitu kekuatan. Nah dasar itulah yang menjadi alasan kenapa rangka atap harus kuat. Dengan sendirinya setelah memiliki kekuatan, maka kenyamanan akan didapatkan pula. Rangka atap baja ringan adalah solusi terkini untuk masalah rangka atap, tetapi rangka atap baja ringan bervariasi dalam bentuk profil-nya, pilihlah rangka atap baja ringan yang terbukti paling kaku agar kekuatan maksimum rangka atap bangunan anda bisa terjamin.

Iden Wildensyah adalah pekerja konstruksi di Bandung, penulis buku “Rangka Atap Baja Ringan untuk Semua”

  1. Download Tabel baja untuk perhitungan struktur
  2. Attic Dan Rangka Atap Baja Ringan
  3. Cara menghemat besi di proyek konstruksi
  4. Cara menghitung berat Kg profil Baja
  5. Menghitung berat besi tanpa tabel
  6. atap rumah tropis
  7. Cara Mengitung jumlah besi balok beton bertulang
  8. Dynabolt untuk Pelat Kaki
  9. Cara menghitung konversi besi tulangan
  10. Membeli Baja Ringan
  11. Tutorial perhitungan struktur baja
  12. tabel baja H steel
  13. Keuntungan kerugian memakai besi tulangan konvensional dan wiremesh
  14. Cara menghitung konversi besi tulangan ke Wire Mesh
  15. Kuda-Kuda Baja Ringan
  16. Contoh hitung kebutuhan besi untuk cor dak lantai beton
  17. Contoh perhitungan struktur kolom baja
  18. Ukuran besi wiremesh m
  19. Tabel berat besi

10 Responses to “Kuda-Kuda Baja Ringan”

  1. aliw says:

    great…sip

  2. ferdi says:

    KAMI MEMBUKA KESEMPATAN BAGI ANDA YANG BERMINAT MENJADI DISTRIBUTOR BAJA RINGAN KAMI,KAMI FABRIKASI MERK LOKAL YANG MEMPUNYAI HARGA DAN KUALITAS KOMPETITIF DI PASARAN.SYARAT MENJADI DISTRIBUTOR KUNJUNGI http://indonetwork.co.id/bajaringanmurah ATAU KONTAK SAYA DI 085649842128, FERDI

    1. Edi Permna says:

      selamat pagi pa ferdi syarat dan kentuan menjadi dristributor

  3. raffi says:

    selamat sore pa ferdi,apa syarat dan ketentuan nya jika saya ingin menjadi distributor…tq

  4. Hidayat says:

    Selamat sore Pa ferdi, apa syarat dan ketentuan nya jika saya CV. Al Amin bangun persada aplikator baja ringan daerah Bogor jika ingin menjadi distributor,, boleh tau spesifikasi Produck Bapak terima kasih

  5. Sarath says:

    dearest geevers .you are a very smart SUPER SMart good dog big soul and there is noitnhg like team workthis trip you took leading her dear horse baja is of the highest orderhelping someone cross over your service ranks up therein the spiritual realms being a comfort to judy and to baja as they close this door and open a new one/path.the greatest gift of love is letting gobless judy to have let him go with such dignity.i am so sorry i have not yet been able to visit you and meet you all but it will come at the right time i will help out with the chores and also dance for you all. to thank you for loving and caring and building such a family for so many in need.let your wonderful judy know how i feel for her and her great act of kindness to her beloved horse. who now floats free no pain and sees all form abovewith joy and freedom..please give gifted an extra nuzzle from meand a big rub and scratch to you.lovemartita

  6. Dayat says:

    bapak-bapak/ibuk-ibuk saya mau bertanya..gimana cara menghitung gaya-gaya batang pada kuda-kuda tipe truss, dengan bentang kuda-kuda7,2 meter,tinggi kuda-kuda 2,7 meter,jarak antar KK 3,6 meter, sudut kemiringan 36870 derajat,lebar tritisan 1 m, berat profil 0,070 KN/m,berat alat sambung 10 % dari berat kuda-kuda,tekanan tiup angin 0,25 kN/m2,berat penutup atap 0,500 kN/m2,Gording 0,058 kN/m2,Langit-langit 0,200 kN/m2

  7. Toko Bangunan dengan roduk material building khusus di Indonesia , kunjungi http://www.tokobangunan.kaffah.biz/ says:

    Toko Bangunan dengan produk material building khusus di Indonesia , kunjungi
    http://www.tokobangunan.kaffah.biz/

  8. Masterpiece says:

    mas, saya mahasiswi yang seadng mengerjakan skripsi. Perusahaan yang terdaftar di BEI yang melakukan stock split pada periode 2006 sampai 2010 apa saja yaa (kalau bisa sampai 2011)? mohon bantuannya, trimaksih

  9. Claudia says:

    Hi, i feel that i noticed you vtiised my website thus i came to return the choose?.I am attempting to in finding issues to improve my website!I guess its adequate to make use of some of your ideas!!

Leave a Reply

Current ye@r *