Kota terbaik di indonesia dan dunia

Kota terbaik di indonesia dan dunia tidak hanya dinilai dari pembangunan fisik seperti gedung-gedung pencakar langit atau jalan-jalan mengular yang bertingkat-tingkat, itu barulah sebagian kecil dari ciri-ciri yang bisa dilihat secara kasat mata, ingat dalam lagu indonesia raya ada bait yang berbunyi “Bangunlah badanya, bangunlah jiwanya..” Nah.. jika raga itu diibaratkan sebagai penampilan fisik suatu kota, maka yang dimaksud jiwa adalah moral dari warga kota tersebut.

 

kota terbaik

Kriteria kota terbaik di indonesia dan dunia

  1. Bersih kotanya, kebersihan akan menjadikan sebuah kota nyaman untuk dihuni, enak dipandang, dan menghasilkan lingkungan yang sehat untuk warganya.
  2. Kota yang indah, bangunan-bangunan yang berdiri dengan seni arsitektur tinggi, tanaman yang ditata sedemikian rupa sehingga terhampar lingkungan indah yang membuat kita betah berlama-lama disuatu kota.
  3. Aman kotanya, dengan lingkungan yang aman maka penduduknya akan lebih mudah berkarya dengan maksimal, pembangunan juga akan berjalan lancar.
  4. Alamnya hijau asri, pembangunan suatu kota bukan berarti harus membabat habis pepohonan yang ada digantikan dengan bangunan yang bermanfaat untuk manusia, tapi labih dari bagaimana agar manusia dan pohon beserta makhluk lain bisa sama-sama hidup dengan nyaman.
  5. penduduk yang bertaqwa, dengan ketaqwaan maka akan berpengaruh pada sikap baik, kemampuan berkarya, dan kebagusan dalam membangun kota.
  6. Kota yang berbudaya baik, ya.. budaya bisa menjadi ciri khas suatu kota, terkadang kita merasa kangen suatu kota sekedar untuk melihat suasana atau kebudayaan dilingkungan tersebut.
  7. Lalu lintas di jalan raya tertib dan lancar, kelancaran dalam bekendara dijalan raya juga menjadi salah satu faktor penilai apakah sebuah kota pantas dinobatkan kedalam golongan bagus.
  8. Tingginya Kreatifitas & kemanfaatan penduduk, dengan begitu berarti banyak hal atau produk yang bisa dihasilkan oleh kota tersebut sehingga bisa dimanfaatkan oleh orang-orang se indonesia atau bahkan dunia.
  9. Kota yang warganya cinta ilmu, dengan ilmu maka hidup menjadi mudah.
  10. Kebersamaan penduduknya tinggi, hal-hal sulit akan menjadi mudah jika dikerjakan secara bersama-sama, budaya gotong royong merupakan bagian dari kebersamaan.
  11. Warganya bangun pagi-pagi, banyak yang bilang bahwa dengan bangun pagi itu lebih banyak kebagian rezeki, hal itu tentu saja benar, karena dengan bangun pagi maka kita bisa beraktifitas dan berkarya lebih awal disaat para pesaing masih terlelap dalam tidur panjangnya.
  12. Segera bangun kembali ketika tertimpa musibah, ya.. bencana bukanlah alasan untuk terus meratapi kesedihan atau bahkan uring-uringan menyalahkan pihak yang dirasa salah, alangkah lebih baiknya jika segera mencari solusi atau bertindak untuk segera membangun kembali peradaban agar semua berjalan normal lagi.

 

Nah.. dari beberapa ciri-ciri kota paling baik di indonesia atau bahkan dunia di atas, saya tidak menyebutkan kota “Demak” sebagai yang terbaik tapi tergolong baik karena kota tersebutlah yang paling banyak saya kenal, lalu apakah kota tempat tinggalmu pantas untuk dinobatkan sebagai yang terbaik, atau sekedar berada diurutan nomor dua? kalau belum mari kita membangunya mulai dari lingkungan yang terkecil yaitu diri sendiri, keluarga, RT, RW, kelurahan dan seterusnya sehingga apabila pada sebuah kota banyak warganya yang membangun diri maka secara otomatis kotanya akan semakin baik, langkah tersebut akan jauh lebih berhasil dari pada berdiam diri atau bahkan menyalahkan pemerintah sambil menunggu datangnya wali kota terbaik di indonesia turun dari alam mimpi 🙂

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.