Keuntungan menjadi orang miskin harta

Siapa bilang yang bisa hidup bahagia itu hanya orang kaya dengan banyak harta? Ada sisi-sisi tertentu yang justru terdapat banyak keuntungan menjadi orang miskin harta dan terkadang kelebihan tersebut justru merupakan kunci sukses untuk menggapai kebahagiaan, ya.. menjadi kaya merupakan impian banyak orang, namun terkadang situasi dan kondisi bisa saja menyebabkan seseorang tiba-tiba menjadi miskin harta, misalnya terlahir kedunia sebagai anak orang miskin, pengusaha yang bangkrut, orang kaya yang sakit-akitan sehingga hartanya habis untuk berobat, apapun penyebabnya dan sekeras apapun manusia dalam berusaha pasti hasilnya akan tunduk pada ketetapan Tuhan, jadi kita harus siap dan bisa selalu bahagia ketika berada dalam dua situasi yang berbeda yaitu kaya atau miskin, kuncinya yaitu “miskin harta tidak masalah asalkan tidak miskin ilmu dan iman”.

 

miskin harta tapi kaya hati

Keuntungan menjadi orang miskin harta

  1. Lebih nikmat dalam merasakan makanan biasa, contohnya= akan beda rasa enaknya orang yang jarang makan ayam dengan yang terbiasa menjadikanya sebagai menu sehari-hari, bahkan banyak juga orang kaya yang justru dilarang makan enak oleh dokter karena membahayakan tubuh yang sebelumnya terpaksa makan banyak karena dijejali oleh mulut.
  2. Mudah punya banyak teman yang baik dan tulus, kita tahu bahwa seseorang akan mudah mendapat teman ketika kaya karena bisa jadi orang-orang yang mendekat hanya tergiur akan kekayaan, berbeda dengan orang miskin yang gak punya harta sebagai daya untuk menarik teman-teman baru, percayalah bahwa orang-orang baiklah yang akan tetap dekat ketika seseorang dalam keadaan susah.
  3. Kebersamaan hidup lebih tinggi, yang namanya orang gak punya itu seringkali memerlukan bantuan orang lain, contohnya mau membetulkan atap rumah tapi gak punya tangga maka bisa pinjam tetangga, dan ketika ada orang lain kesusahan tentu saja cepat-cepat memberikan bantuan, kondisi ini bisa mempererat kerukunan.
  4. Tidak banyak pertanggung jawaban harta di akherat, ya.. yang namanya harta sekecil apapun itu pasti akan dimintai pertanggung jawaban oleh Tuhan, pertanyaanya yaitu “dari mana dan untuk apa hartamu?” jadi disaat orang-orang dengan banyak harta masih sibuk dihitung dan diadili tentang hartanya, maka orang miskin prosesnya sudah selesai duluan.

 

Disini bukan berarti saya menganjurkan untuk hidup miskin, tapi sekedar memberi gambaran agar tetap bahagia ketika miskin, tentunya kita wajib berusaha agar menjadi orang kaya banyak harta agar bisa lebih banyak berkarya, dengan catatan mendapatkan hartanya dengan cara halal dan menggunakanya untuk kebaikan, nah.. orang miskin boleh iri pada tipe orang kaya seperti itu, jadi selamat bersyukur dalam kekayaan, dan selamat bersabar dalam kemiskinan, keduanya ibarat dua keping mata uang, berbeda bentuknya tapi nilainya sama 🙂

One Response

  1. Ilhama Dhuha 16 November 2015

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.