Keuntungan jika ibu kota indonesia pindah dari DKI Jakarta

Sebagai warga negara indonesia seringkali kita mendengar kabar di media bahwa indonesia akan memindahkan ibu kotanya dari DKI Jakarta, alasanya beragam dari mulai kepadatan penduduk yang luar biasa sebagai akibat dari arus urbanisasi, ada juga alasan karena kemacetan yang katanya sulit terurai karena jumlah kendaraan terus bertambah sedangkan pembangunan infrastruktur terhambat berbagai kendala, alasan lainya yaitu  banjir yang seakan menjadi langganan tahunan di ibu kota, bahkan ada istilah banjir lima tahunan yang ketinggianya jauh lebih besar. ada juga alasan yang bersifat positif seperti keinginan untuk pemerataan pembangunan, yah.. apapun alasanya, disini kita akan mennguak macam-macam keuntungan yang akan didapat jika ibu kota indonesia pindah dari DKI Jakarta ke area lainya 🙂

 

Keuntungan jika ibu kota indonesia pindah dari DKI Jakarta

  1. Lapangan kerja bertambah, ya.. para tukang bangunan, insinyur sipil, arsitek dan profesi lainya akan kebanjiran pekerjaan karena pemindahan ibu kota ke area lainya akan membutuhkan bangunan beserta infrastruktur yang baru sebagai fasilitas kerja. Kita berharap agar gedung-gedung kementrian atau departemen pemerintah tidak lagi berkumpul di ibu kota seperti yang ada di Jakarta, sekarang zamanya online jadi koordinasi tidak harus bertemu secara langsung, Katakan saja Kementrian Pertambangan ada di Papua, Kementrian Syariah ada di Aceh, Kementrian Peternakan ada di Nusa Tenggara, Kementrian Kehutanan ada di Kalimantan, Kementrian Kelautan ada di Sulawesi, Kementrian pertahanan ada di Kalimantan, dan yang lainya, jadi pembangunan bisa merata sesuai dengan potensi daerah masing-masing.
  2. Jakarta semakin maju, Lho.. bukanya justru menjadi mundur karena tidak lagi dijadikan sebagai ibu kota? Coba bayangkan jika lalu lintas di jakarta tidak lagi macet maka produktifitas warganya akan meningkat, menghemat BBM, dan jakarta bisa terkenal sebagai kota bisnis atau jasa.
  3. Indonesia semakin maju, dalam lingkup yang lebih besar yaitu negara indonesia menjadi maju karena seluruh potensi daerah bisa menunjukan kemampuaannya, saling membantu dan saling mengisi dalam mendukung kesejahteraan rakyat.

 

Itu saja dulu beberapa keuntungan yang mungkin bisa diperoleh dengan berpindahnya ibu kota dari jakarta ke wilayah lainya, kita berharap agar segera pindah demi kemajuan indonesia dan jangan terlena dengan kondisi zona nyaman yang sudah ada, kentungan lainya tentu saja masih banyak, apakah itu?!!

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.