Keuntungan Dan Kerugian Dampak Banjir

Disini kita ungkap berbagai macam keuntungan dan kerugian dampak banjir bagi lingkungan maupun masyarakat. Banjir adalah peristiwa melimpahnya air di daratan sehingga tenggelam untuk sementara waktu sampai surut kembali. Terkadang kita dengar berita adanya banjir di jakarta, semarang, atau daerah lainya dengan bermacam imbas yang merugikan maupun menguntungkan. Ada banyak penyebab banjir bandang rob atau hujan

 

Keuntungan Dampak Banjir

  1. Air tanah terisi oleh genangan air yang sebagian meresap kedalam bumi, hal ini menjadikan cadangan air bawah tanah kembali melimpah.
  2. Tanah menjadi lebih subur karena tersiram oleh air banjir.
  3. Sebagian anak-anak bergembira dengan menjadikan banjir sebagai mainan air.

    anak anak bermain air saat banjir

    anak anak bermain air saat banjir

  4. Ketersediaan air melimpah sehingga bisa dipakai untuk berbagai keperluan seperti irigasi pertanian, atau untuk kebutuhan sehari-hari.
  5. Sebagian orang merasa senang karena dengan adanya banjir bisa membuka lapangan pekerjaan baru seperti jasa dorong mobil, tim penanganan bencana banjir, jasa sewa perahu karet, dan sejenisnya.
  6. Banjir di lahan perikanan seperti tambah bandeng atau udang bisa menyebabkan ikan keluar sehingga gagal panen.
  7. Terkadang banjir digunakan sebagai alat politik untuk diambil keuntunganya oleh pihak tertentu agar bisa meraih jabatan atau kekuasaan.

Kerugian Dampak Banjir

  1. Bisa merusak lahan pertanian, bermacam tanaman seperti padi, cabe atau yang lainya bisa mengalami kerusakan akibat terendam banjir sehingga berpotensi gagal panen.
  2. Pemukiman mengalami kerusakan.
  3. Lalu lintas kendaraan jalan raya terhambat.
  4. Aktifitas kerja atau usaha manusia tidak berjalan lancar sehingga perputaran ekonomi tersendat.
  5. Banjir dapat membahayakan jiwa manusia dan hewan akibat tenggelam atau menyebarnya bibit penyakit.
  6. Perabot rumah tangga bisa rusak jika terendam air, terutama beberapa perangkat elektronik.

 

Demikian keuntungan dan kerugian dampak banjir bagi masyarakat maupun lingkungan, jika melihat dampaknya maka kita tahu bahwa banjir merupakan cara alam untuk menyembuhkan dirinya dari berbagai macam kerusakan seperti berkurangnya pohon akibat penebangan besar-besar tanpa melakukan penanaman kembali, tertutupnya banyak permukaan bumi oleh bangunan serta bermacam sebab yang lainya.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.