Kesalahan perhitungan struktur

Kegiatan menghitung struktur bangunan merupakan sebuah pekerjaan yang membutuhkan kesabaran dan ketelitian, menghitung struktur bangunan bisa dipastikan untuk 100% benar, karena jika tidak maka dapat dibayangkan akibat dari kesalahan perhitungan paling ringan seperti rusaknya bangunan dan akibat paling fatal berupa keruntuhan bangunan karena struktur yang sudah direncanakan sebelumnya tidak sesuai dengan keadaan dilapangan, berbagai hal dapat menjadi penyebab kesalahan perhitungan struktur.

 

Perkembangan sarana untuk menghitung struktur sekarang ini dapat dikatakan berkembang secara pesat, sebuah gedung bertingkat tinggi yang dahulu memerlukan waktu beberapa hari atau bahkan bulan dalam menghitung strukturnya, maka sekarang dapat dilakukan dalam beberapa menit dengan sarana software perhitungan struktur yang terus berkembang, namun demikian pengetahuan secara manual untuk menghitung struktur sangat diperlukan karena bisa jadi software yang digunakan untuk menghitung bangunan tersebut tidak benar, dan yang paling baik tentunya membuat software sendiri dari rumus-rumus perhitungan struktur yang sudah diyakini benar, pembuatan software dapat menggunakan bantuan software lainya seperti microsoft excel, visual basic, potoshop dll.

 

Beberapa software yang dapat digunakan untuk menghitung struktur bangunan seperti SAP 2000, AUTOCAD, 3D Max, microsoft, dan beberapa software yang sudah dibuat oleh beberapa lembaga pendidikan yang ada di Indonesia.

 

Berbagai kesalahan yang mungkin terjadi dalam perhitungan struktur baik secara manual maupun dengan bantuan software antara lain:

  1. Perubahan satuan, perhitungan struktur secara manual seringkali melibatkan pengubahan satuan.
  2. Kelelahan penghitung, kelelahan dalam menghitung struktur bangunan dapat menjadi penyebab tidak telitinya dalam menghitung.
  3. Dimensi material dan spesifikasi material meliputi berat material, masa ketahanan bahan harus sesuai dengan kondisi sebenarnya.
  4. Kerusakan software, sebuah perhitungan tentunya akan menjadi sia-sia jika menggunakan software yang belum teruji kebenaranya.
  5. Perhitungan struktur sudah dilakukan dengan benar namun terjadi perubahan baik bentuk struktur maupun material yang memerlukan perhitungan ulang.
  6. waktu penggunaan hasil perhitungan harus sesuai dengan waktu yang direncanakan sebelumnya karena bisa jadi kondisi lapangan dimana tempat bangunan dibangun sudah terjadi perubahan, seperti kondisi tanah, perletakan bangunan disamping bangunan rencana, perubahan spesifikasi material yang ada dipasaran dll

 

demikian beberapa kesalahan dalam menghitung struktur bangunan, semoga dapat menjadi bahan pengingat dan bagi yang ingin menambahkan bisa dilanjutkan dibawah 🙂

5 Comments

  1. Tatit P. Prapanca
  2. orang awam
  3. tenggom
  4. agus bau2
  5. DB

Leave a Reply