Ilmusipil.com Media Berbagi Ilmu Teknik Sipil dan Arsitektur

sipil Kesalahan perhitungan struktur

Kegiatan menghitung struktur bangunan merupakan sebuah pekerjaan yang membutuhkan kesabaran dan ketelitian, menghitung struktur bangunan bisa dipastikan untuk 100% benar, karena jika tidak maka dapat dibayangkan akibat dari kesalahan perhitungan paling ringan seperti rusaknya bangunan dan akibat paling fatal berupa keruntuhan bangunan karena struktur yang sudah direncanakan sebelumnya tidak sesuai dengan keadaan dilapangan, berbagai hal dapat menjadi penyebab kesalahan perhitungan struktur.

 

Perkembangan sarana untuk menghitung struktur sekarang ini dapat dikatakan berkembang secara pesat, sebuah gedung bertingkat tinggi yang dahulu memerlukan waktu beberapa hari atau bahkan bulan dalam menghitung strukturnya, maka sekarang dapat dilakukan dalam beberapa menit dengan sarana software perhitungan struktur yang terus berkembang, namun demikian pengetahuan secara manual untuk menghitung struktur sangat diperlukan karena bisa jadi software yang digunakan untuk menghitung bangunan tersebut tidak benar, dan yang paling baik tentunya membuat software sendiri dari rumus-rumus perhitungan struktur yang sudah diyakini benar, pembuatan software dapat menggunakan bantuan software lainya seperti microsoft excel, visual basic, potoshop dll.

 

Beberapa software yang dapat digunakan untuk menghitung struktur bangunan seperti SAP 2000, AUTOCAD, 3D Max, microsoft, dan beberapa software yang sudah dibuat oleh beberapa lembaga pendidikan yang ada di Indonesia.

 

Berbagai kesalahan yang mungkin terjadi dalam perhitungan struktur baik secara manual maupun dengan bantuan software antara lain:

  1. Perubahan satuan, perhitungan struktur secara manual seringkali melibatkan pengubahan satuan.
  2. Kelelahan penghitung, kelelahan dalam menghitung struktur bangunan dapat menjadi penyebab tidak telitinya dalam menghitung.
  3. Dimensi material dan spesifikasi material meliputi berat material, masa ketahanan bahan harus sesuai dengan kondisi sebenarnya.
  4. Kerusakan software, sebuah perhitungan tentunya akan menjadi sia-sia jika menggunakan software yang belum teruji kebenaranya.
  5. Perhitungan struktur sudah dilakukan dengan benar namun terjadi perubahan baik bentuk struktur maupun material yang memerlukan perhitungan ulang.
  6. waktu penggunaan hasil perhitungan harus sesuai dengan waktu yang direncanakan sebelumnya karena bisa jadi kondisi lapangan dimana tempat bangunan dibangun sudah terjadi perubahan, seperti kondisi tanah, perletakan bangunan disamping bangunan rencana, perubahan spesifikasi material yang ada dipasaran dll

 

demikian beberapa kesalahan dalam menghitung struktur bangunan, semoga dapat menjadi bahan pengingat dan bagi yang ingin menambahkan bisa dilanjutkan dibawah :-)

  1. Menghitung struktur balok
  2. Cara menghitung beban p q Struktur bangunan
  3. Perhitungan balok komposit
  4. Contoh menghitung kebutuhan cor beton
  5. Kuda-Kuda Baja Ringan
  6. Gedung pencakar langit ambruk
  7. Tabel konversi beton 3 sampai 28 hari
  8. pemeriksaan kadar organik dalam agregat halus
  9. Cara Mengitung jumlah besi balok beton bertulang
  10. pemeriksaan kadar lumpur dalam agregat halus
  11. CURING COMPOUND DECKING SMART GRIP
  12. Meniru sarang lebah untuk membuat konstruksi ringan dan kuat
  13. Plat lantai komposit baja dan beton metode bondek
  14. pekerjaan MASS CONCRETE beton volume besar
  15. Cara menghemat besi di proyek konstruksi
  16. Attic Dan Rangka Atap Baja Ringan
  17. Klasifikasi Agregat
  18. Pekerjaan cor beton di malam hari
  19. perencanaan campuran beton

5 Responses to “Kesalahan perhitungan struktur”

  1. Tatit P. Prapanca says:

    Koreksi: AUTOCAD, 3D max and Microsoft bukanlah termasuk software untuk mengitung struktur bangunan melainkan software grafis dan drawing.
    Software untuk perhitungan struktur diantaranya: STAD PRO 2004, ETABS, SANPRO, TEKLA dan SACS yang merupkan software untuk perhitungan struktur offshore dan juga masih banyak software yang lain yang masih terus dikembangkan.
    Didalam melakukan perhitungan stuktur dengan bantuan software, maka ENGINERIING JUDGMENT dan PEMAHAMAN DASAR-DASAR PERENCANAAN haruslah benar benar dikuasai dan ini merupakan satu hal yang mutlak. Software hanyalah alat bantu untuk mempercepat proses perhitungan. INPUT dan asumsi-asumsi desain yang kita berikan kepada software akan memberikan OUTPUT yang berbeda dan SANG ENGINEER dituntut dapat memahami OUTPUT dengan baik untuk menghindari KESALAHAN PADA PERHITUNGAN STRUKTUR :)

  2. orang awam says:

    iya autocad,3d max dan microsoft bukanlah termasuk software untuk menhitung struktur bangunan,tetapi untuk grafis dan drawing..

    prlu pemahaman lebih untuk para engineer,karena software hanyalah alat bantu,jika yang memakainya tidak benar2 paham,maka Output nya hanya sampah.

  3. tenggom says:

    saya mengomentari anda”, menurut saya, acad bs juga untuk menhitung struktur, tp untuk cremona doank.. hehe

  4. agus bau2 says:

    Asss. gimana cara menghitung kekuatan beton berlantai max 3 lantai apa ada tata caranya tolong kirimkan ke email saya…

  5. DB says:

    jika anda bilang dengan bantuan software perhitungan dapat dilakukan dalam beberapa menit anda salah. mungkin beberapa menit juga bisa diartikan 24 x 60 menit bergantung dengan kecepatan berdasarkan spek. komputer. jika bangunan high rise dan strukturnya drop panel, anda harus melakukan meshing pada permodelannya, meshing bisa 1 x 1 m2 namun kurang akurat hasilnya, bayangkan jika bangunan 20 lt harus mesh (pacar saya mengalaminya..hehehe) untuk meshing saja butuh waktu 24 jam, belum running, running bisa 12 jam, belum jika ada warning yg berujung ill condition, kita harus cek dan mengkoreksinya, hehehe….saya sangat setuju dg bp Tatit P. Prapanca, jangan engineer yang dikendalikan software tapi biarlah engineer mengendalikan software..

Leave a Reply

Current ye@r *