Kelebihan dan keunggulan sekolah SMK dibanding SMA

Secara umum di indonesia terdapat dua jenis tipe sekolah menengah atas yaitu SMK dan SMA, masing-masing punya nilai lebih tersendiri, jadi bisa dipilih sesuai selera dan kebutuhan. nah.. sebagai bahan pertimbangan, disini kita berikan gambaran tentang kelebihan dan keunggulan sekolah SMK dibanding SMA, o.k langsung saja kita mulai.

 

Keunggulan sekolah SMK dibanding SMA

  1. Lulus siap kerja, ini karena para siswa SMK dibekali keahliaan khusus sesuai jurusan yang diambil, misalnya jurusan teknik gambar bangunan setelah lulus bisa langsung bekerja sebagai drafter.
  2. Disalurkan kerja atau dipesan perusahaan pada sekolah SMK Favorit.
  3. Bisa melanjutkan kuliah dengan biaya sendiri, ya.. karena setelah lulus bisa langsung kerja maka bisa mengikuti kuliah ekstensi yang jam belajarnya dimalam hari atau diluar jam kerja, pakai biaya sendiri jadi meringankan beban orang tua.
  4. Berkumpul dengan teman-teman yang sehobi atau satu jurusan.
  5. Ada program praktek kerja industri diakhir masa sekolah, yaitu belajar di dunia indsutri pada perusahaan yang bergerak dibidang sesuai dengan jurusan sekolah.
  6. Mau usaha mandiri juga sudah punya ketrampilanya, misalnya jurusan Teknik sepeda motor bisa membuka bengkel.
  7. Banyak kegiatan ekstrakurikuler, misalnya pecinta alam, band, pencak silat / karate, dan sejenisnya.
  8. Mudah melanjutkan kuliah dengan jurusan sejenis, misalnya alumni SMK jurusan teknik konstruksi batu dan beton akan lebih mudah mengikuti pelajaran di bangku kuliah S1 Teknik sipil.
  9. Media berlatih hidup mandiri bagi anak kos, banyak anak-anak yang sedang sekolah SMK favorit di tempat yang jauh dari orang tua, alhasil dia harus hidup di tempat kos, nah.. disini ada tempaan bagi sang anak agar bisa hidup secara mandiri, misalnya mengatur keuangan jatah mingguan atau bulanan.

 

Dibalik kelebihan tersebut pastinya ada juga macam-macam kekurangan SMK dibanding SMA, apapun itu tidak jadi masalah, mau masuk SMA atau SMK sama saja. Yang penting rajin sekolah, banyak belajar, berdoa dan bersemangat tinggi dalam meraih cita-cita sehingga berpeluang besar mendapatkan masa depan yang lebih cerah, semoga sukses 🙂

One Response

  1. Andrian 20 June 2017

Leave a Reply