Kelebihan dan Kekurangan Pemasangan Jaring hitam diatas kali item sunter jakarta utara

Kali ini kita akan membahas kelebihan dan kekurangan pemasangan jaring hitam diatas kali item sunter jakarta utara yang merupakan kebijakan dari pemerintah provinsi DKI jakarta yang sebelumnya sudah melakukan berbagai upaya untuk membersihkan sampah dan menjernihkan air sungai, pemasangan jaring diatas kali item ini dilakukan pada bulan juli agustus 2018 menjelang pesta olah raga Asean games, latar belakang dilakukanya pekerjaan ini yaitu adanya wisma atlet kemayoran didekat sungai kali item yang akan dijadikan tempat singgah para atlet internasional dari berbagai negara selama mengikuti perlombaan olahraga antar bangsa di asia Asean Games 2018. warna sungai yang hitam dianggap tidak sedap dipandang, bau sungai yang tidak sedap juga diupayakan untuk hilang, untuk itu dilakukan berbagai upaya yang salah satunya yaitu pemasangan jaring hitam untuk menutup sungai. disini kita akan membahas plus minus pekerjaan ini dengan melihatnya dari sudut pandang netral terutama dari segi teknik sipil dan arsitektur, o.k mari kita mulai pembahasanya.

 

Kali Item

Kali Item

Kelebihan pemasangan jaring hitam diatas kali item

  1. Menyembunyikan pemandangan permukaan sungai yang airnya berwarna hitam dan dianggap tidak sedap untuk dipandang.
  2. Mengurangi bau sungai yang kurang sedap.
  3. Melindungi sungai dari pembuangan sampah sembarangan sehingga lebih terjaga kebersihanya.
  4. Pelindung bagi kemungkinan adanya kecelakaan tercebur ke sungai kali item, kita tahu sungai ini letaknya persis didekat jalan raya. upaya mencegah adanya orang tercebur ini juga dilakukan dengan memasang pagar setinggi 2m disepanjang tepi sungai.

Kekurangan pemasangan jaring hitam diatas kali item

  1. Membutuhkan biaya yang tidak sedikit untuk pengadaa.
  2. Membutuhkan pekerjaan perawatan serta penggantian kembali bagian jaring yang sudah rusak.
  3. Pemasangan jaring diatas kali item ini sifatnya hanya menutupi permukaan yang dianggap tidak sedap dipandang, jadi masalah sebenarnya mengenai kebersihan sungai tetap harus dilakukan agar bau tidak sedap hilang dan air bisa berwarna bening segar.

 

Jaring hitam kali item ini dipasang sepanjang 689m dengan lebar rata-rata antara 20m sampai dengan 23 m, dipasang dari mulai jembatan jubilee scholl sampai jembatan mato. ada sekitar 16 pekerja yang memasang setiap harinya. perkuatanya memakai sling baja yang menahan jaring hitam agar tidak jatuh ke sungai. aktifitas pembersihan sampah diatas sungai masih bisa dilakukan tanpa terganggu jaring ini karena ada sebagaian yang bisa dibuka tutup untuk lalu lintas keluar masuk petugas kebersihan sungai. Kondisi sungai ini terpantau sudah tidak banyak sampah yang menggenang, sudah agak berkurang bau tidak sedapnya, namun airnya masih terlihat berwarna hitam setelah dilakukan beragam upaya untuk memperindahnya seperti dengan dilakukan pembersihan dari sampah, upaya penjernihan air dan pemasangan jaring hitam diatas permukaan sungai kali item.

 

Bagaimanakah menurutmu mengenai pemasangan jaring hitam diatas kali item yang letaknya berada persis disamping wisma atlet kemayoran untuk Asean Games 2018 ini? yang pasti ada manfaat maupun kerugian yang diperoleh dengan dilakukanya pekerjaan ini.

2 Comments

  1. Jarwo 23 July 2018
  2. SETYO 27 July 2018

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.