Kelebihan dan kekurangan asbes untuk atap rumah

Dewasa ini banyak alternatif jenis material yang bisa digunakan sebagai penutup atap bangunan, ada genteng, multiroof, sirap kayu, asbes dan berbagai jenis bahan lainya. kita bisa memilih salah satunya atau gabungan diantara beberapa jenis material untuk mendapatkan atap terindah dan terbaik, nah.. kali ini kita secara khusus membahas tentang kelebihan dan kekurangan asbes untuk atap rumah, dari situ kita dapat mempertimbangkan apakah mau memakainya atau tidak.

Foto tumpukan asbes di gudang

atap asbes

atap asbes

kelebihan asbes atap rumah

  1. Lebih hemat rangka atap, bisa pakai baja ringan, kayu, atau cor beton bertulang.
  2. Harganya lebih murah dibanding genteng.
  3. Pemasanganya lebih cepat daripada genteng sehingga lebih hemat ongkos upah tenaga kerja.
  4. Lebih ringan dibanding genteng sehingga kita bisa menghemat struktur rumah, misalnya pada rumah tembok batu bata kita bisa memakai besi dengan jumlah lebih sedikit dan diameter lebih kecil, ukuran sloof, kolom dan baloknya juga bisa diperkecil.

kekurangan asbes atap rumah

  1. Mudah pecah sehingga perlu hati-hati dalam transportasi dan pemasangan.
  2. Karena mudah dipecah maka kurang aman dari resiko kebobolan dari atas rumah, tapi bisa diantisipasi dengan memasang besi pengaman seperti kawat ram atau wiremesh.
  3. Lebih sejuk genteng jika dibandingkan asbes.
  4. Ukuranya besar sehingga untuk bagian atap yang hanya berukuran kecil harus dipotong asbesnya sehingga kurang rapi.
  5. Lebih awet genteng dibanding asbes.
  6. Dari segi keindahan lebih bagus genteng yang cocok digunakan sebagai mahkota atas bangunan, sedangkan asbes lebih identik dengan atap pabrik, gudang, dan sejenisnya. tapi kita bisa mendesainya agar tidak terlihat, caranya dengan membuat rumah minimalis yang jika dilihat dari depan dan samping terlihat seperti memakai atap datar.

Harga asbes bervariasi menurut ukuran gelombang dan kualitas bahanya, rata-rata perlembar antara 75ribu sampai dengan 135ribu rupiah. untuk gelombang kecil bisa memakai paku payung untuk mengaitkanya ke rangka atap, sedangkan gelombang besar sebaiknya menggunakan mur khusus asbes yang pemasanganya memerlukan alat bor. Apalagi ya kekurangan dan kelebihan asbes untuk digunakan sebagai atap rumah?

Leave a Reply