Ilmusipil.com Media Berbagi Ilmu Teknik Sipil dan Arsitektur

sipil Kecelakaan proyek dan cara pencegahanya

Kecelakaan proyek dalam pelaksanaan pembangunan dapat menghambat jalanya pekerjaan oleh karena itu diperlukan upaya untuk mengatasinya sehingga hal-hal yang tidak diinginkan dapat dicegah serta dapat melakukan respon pertolongan pertama secara cepat ketika kecelakaan terjadi. Penggunaan alat pengaman diperlukan, penyuluhan kepada pekerja bangunan harus dilakukan sesering mungkin sehingga selalu ingat untuk mencegah terjadinya kecelakaan, obat-obatan sebagai pertolongan pertama perlu disediakan pada lokasi yang rawan terjadi kecelakaan ringan maupun berat. Dalam pembangunan proyek besar dapat ditugaskan secara khusus personil yang betugas memanajemen kecelakaan kerja ini dari mulai pembuatan data-data perkiraan kecelakaan yang mungkin terjadi pada setiap item pekerjaan serta bagaimana cara mencegah dan mengatasi kecelakaan tersebut.

 

Cara pencegahan terjadinya kecelakaan pada proyek bangunan dapat dilakukan dengan berbagai macam cara yang antara lain adalah sebagai berikut

  • Membuat daftar resiko kecelakaan yang mungkin terjadi disetiap item pekerjaan misalnya pada pekerjaan galian tanah akan memungkinkan terjadi kelongsoran tanah, pekerja terkena cangkul, sehingga diketahui upaya pencegahanya seperti pembuatan tembok sementara dari bamboo untuk menahan tanah serta memasang rambu-rambu hat-hati pada lokasi galian tanah.
  • Melakukan penyuluhan kepada pekerja dengan cara membuat jadwal sebelumnya seperti waktu pagi hari sebelum bekerja dapat dibunyikan suara speaker “Selamat bekerja, gunakan alat pelindung diri, hat-hati dalam bekerja karena keluarga menunggu dirumah” atau kata-kata lain yang dapat mengingatkan setiap pekerja proyek untuk berhati-hati dalam bekerja.
  • Membuat rambu-rambu kecelakaan kerja, memasang pagar pengaman pada void yang memungkinkan adanya resiko jatuh, memasang tabung pemadam kebakaran pada area rawan kebakaran.
  • Menjaga kebersihan proyek dapat membuat lingkungan kerja nyaman sehingga emosi negative yang mungkin timbul saat bekerja dapat dikurangi karena hal tersebut dapat menyebabkan kecelakaan proyek akibat pikiran sedang tidak fokus terhadap pekerjaan.
  • Menjalin kerjasama dengan pelayan kesehatan atau rumah sakit terdekat dari lokasi proyek sehingga sewaktu-waktu terjadi kecelakaan dapat ditangani secara cepat untuk mencegah hal-hal selanjutnya yang tidak diinginkan.

Penyediaan perangkat pengaman kecelakaan kerja dari meluai personil sampai peralatan mungkin terlihat mahal namun biaya tersebut akan lebih murah jika tidak mengadakanya sehingga terjadi kecelakaan sehingga dapat menghentikan jalanya pekerjaan atau pengalihan aktifitas pekerjaan pada upaya menyelamatkan korban kecelakaan.

  1. Permasalahan teknik pada proyek bangunan
  2. Permasalahan proyek bangunan akibat kejadian alam
  3. Jatuh dari ketinggian gedung saat pembangunan
  4. Cara mencegah kecelakaan proyek konstruksi
  5. Cara mencegah kebakaran proyek akibat kebiasaan Pekerja merokok
  6. Alat pemadam kebakaran gedung
  7. Manajemen resiko proyek

One Response to “Kecelakaan proyek dan cara pencegahanya”

  1. andyka says:

    wah bagus sekali artikelnya.
    saya tertarik dengan situs ini.

    boleh gak tukeran link.
    blog aku
    http://www.andykasipil.blogspot.com

Leave a Reply

Current ye@r *