kebutuhan besi untuk bangun rumah 2 lantai

Membangun rumah dengan struktur beton bertulang itu memerlukan besi sebagai tulangan, fungsinya untuk menahan gaya tarik sedangkan beton berguna untuk menahan gaya tekan, jadi gabungan antara besi dan beton diharapkan bisa menjadi satu kesatuan yang kuat. khusus untuk besi terdapat berbagai macam ukuran dimensi diameter di pasaran, kalau panjangnya rata-rata 12m. dalam memilihnya perlu disesuaikan dengan desain bangunan agar didapatkan struktur yang kuat namun tidak boros, untuk itu perlu diperhitungkan secara pasa agar sesuai dengan kebutuhan besi untuk bangun rumah 2 lantai.

Alur perhitungan kebutuhan besi untuk bangun rumah 2 lantai

Membuat gambar rumah

kita memerlukan gambar rumah untuk bisa menghitung kebutuhan besi, karena dari situ akan terlihat bagian mana saja yang akan menggunakan struktur beton bertulang, sehingga ketahuan berapa total panjang besi yang dibutuhkan serta diamater pembesianya. nah.. urusan mendesain rumah ini merupakan pekerjaanya arsitek, atau kita juga bisa merancangnya secara mandiri.

Menghitung struktur rumah

setelah gambarnya ada lalu dilanjutkan dengan perhitungan struktur oleh tenaga ahli teknik sipil sehingga bisa ditetapkan mau menggunakan ukuran struktur termasuk juga diamater serta jumlah besinya. namun untuk rumah dengan bentuk standar rata-rata masyarakat hanya memakai ilmu biasanya, sebagian besar tukang bangunan atau mandor sudah hafal berapa kira-kira besi yang pas untuk dipakai.

Menghitung kebutuhan besi

Setelah gambarnya ada, maka bisa dihitung kebutuhan besinya, dihitung satu persatu untuk masing-masing bagian sloof, kolom, balok, dak plat lantai. contohnya jika total panjang sloof 100m, dengan besi tulangan pokok 6bh diameter 10mm, begel besi diamater 8mm dipasang setiap jarak 20cm, maka butuh besi diamater 10mm sebanyak 6bh x 100m = 600m, jika panjang besi perbatang 12m maka total kebutuhanya =600m/12m = 50 batang. sedangkan begelnya 90m/0,2m = 450bh.

 

Dengan melihat sistem perhitungan kebutuhan besi untuk bangun rumah 2 lantai tersebut maka kita bisa tahu kalau alurnya begitu panjang, jadi bisa dikatakan tidak mungkin untuk menjawab secara tepat pertanyaan yang berbunyi “saya mau bangun rumah 2 lantai ukuran sekian meter, butuh besi berapa?” seperti yang ditanyakan salah satu sahabat ilmusipil.com ini.

Fauzan = “mas saya ingin bangun rumah lebar 4 m x panjang 8 meter, 1 ruang tamu, 1 kamar tidur, toilet, dan wc. rencanannya 2 lantai di dak. tolong di bantu material apa saja yang di butuhkan, kedalaman cakar ayam, dan berapa banyak kebutuhan daknya, berapa banyak pasir, besi, semen, kerikil, dan besi berapa yang cocok untuk pembagunan.”

jadi kita perlu tahu seperti apa desain rumahnya sehingga bisa menghitung kebutuhan besinya secara tepat, demikian semoga penjelasan ini bisa bermanfaat.

2 Comments

  1. Zainal 6 November 2017
    • Ahadi 8 November 2017

Leave a Reply