Ilmusipil.com Media Berbagi Ilmu Teknik Sipil dan Arsitektur

sipil KAYU DAN BAJA RINGAN

KAYU DAN BAJA RINGAN

”Pengalaman mengajar kita untuk belajar sebelum terjun ke medan pengalaman itu sendiri” (Pramoedya Ananta Toer)

Pengertian kayu secara umum adalah suatu bahan konstruksi yang didapatkan dari tumbuhan dalam alam.karena itu tidak hanya merupakan salah satu bahan konstruksi yang pertama dalam sejarah umat manusia

Kayu adalah bagian keras tanaman yang digolongkan kepada pohon dan semak belukar. Kayu digunakan untuk berbagai keperluan, mulai dari memasak, membuat perabot (meja, kursi), bahan bangunan (pintu, jendela, rangka atap), bahan kertas, dan banyak lagi. Kayu juga dapat dimanfaatkan sebagai hiasan-hiasan rumah tangga dan sebagainya. Secara kimia, kayu tersusun atas beberapa bagian utama yaitu selulosa dan lignin (id.wikipedia.com).

Sebagai bahan konstruksi bangunan, kayu sudah dikenal dan banyak dipakai sebelum orang mengenal beton dan baja. Dalam pemakaiannya kayu tersebut harus memenuhi syarat: mampu menahan bermacam-macam beban yang bekerja dengan aman dalam jangka waktu yang direncanakan; mempunyai ketahanan dan keawetan yang memadai melebihi umur pakainya; serta mempunyai ukuran penampang dan panjang yang sesuai dengan pemakainnya dalam konstruksi.

Kayu mempunyai kekuatan yang tinggi dan berat yang rendah, mempunyai daya penahan tinggi terhadap pengaruh kimia dan listrik, dapat mudah dikerjakan, relatif murah, dapat diganti dengan mudah, dan bisa didapat dalam waktu singkat.

Kerugiannya antara lain ialah sifat kurang homogen dengan cacat cacat alam seperti arah serat yang berbentuk menampang, spiral dan diagonal, mata kayu dan sebagainya. Beberapa kayu bersifat kurang awet dalam keadaan tertentu.kayu dapat memuai dan menyusut dengan perubahan perubahan kelembaban dan meskipun tetap elastis, pada pembebanan berjangka lama sesuatu balok akan terdapat lendutan yang relatif besar. Sifat-sifat karakteristik ini memperlihatkan perbedaan-perbedaan penting antara kayu dan bahan yang lain, untuk analisa matematis dalam ilmu kekuatan biasanya diidealisir sebagai bahan yang sempurna akan homogenitas dan elastisitannya.

Abdurachman dan Nurwati Hadjib, dalam Makalahnya (Pemanfaatan Kayu  Hutan Rakyat Untuk Komponen Bangunan, 2006) menuliskan tentang Bahan konstruksi dari kayu. Bahan Konstruksi adalah bahan yang dipergunakan untuk mendukung beban dalam arti memerlukan analisa/perhitungan yang cukup cermat, dan untuk kayu mencakup bahan-bahan untuk kuda-kuda, jembatan, tiang pancang dan sebagainya. Wirjomartono(1977) menunjukkan bahwa penggunaan kuda-kuda kayu dapat menghemat biaya sekitar 40-50% dibandingkan jika menggunakan baja IWF.  Diperkirakan sekitar 80% konsumsi kayu diperuntukkan pada bangunan rumah/gedung, sedangkan yang 20% untuk perancah, jembatan, dermaga dan lain-lain. Penggunaan kayu untuk pembangunan jembatan dan tiang pancang tidak lebih dari 5%. Jika kita akan bicara tentang kayu sebagai bahan struktur bangunan, maka yang harus diperhatikan antara lain adalah kekuatan dan keawetan kayu, karena tujuan umum para pemilik bangunan maupun perencana adalah membangun/mempunyai gedung yang aman dan kuat konstruksinya, biaya konstruksinya murah, umur bangunan cukup lama serta biaya pemeliharaannya ringan.

Baja Ringan

Baja ringan atau disebut juga Cold Formed Steel (baja canai dingin) adalah komponen struktur baja dari lembaran atau pelat baja dengan proses pengerjaan dingin. Profil baja ringan yang dibentuk dari pelat-pelat yang sudah jadi ini, menjadi profil baja dalam temperatur atmosfir (dalam keadaan dingin).

Baja ringan menjadi material bangunan yang sedang trend saat ini, rangka atap baja ringan lebih dominan terkenal dibanding baja ringan untuk struktur lainnya. Hal ini karena gencarnya iklan-iklan yang menawarkan produk rangka atap baja ringan menggantikan rangka atap dari material kayu. Mengingat kayu semakin hari semakin langka juga karena harga kayu yang relatif  mahal, maka pemilihan material rangka atap baja ringan menjadi satu pilihan para kontraktor atau owner dalam membangun rumah. Selain karena faktor keawetan dan tahan rayap dan karat, rangka atap baja ringan mempunyai kelebihan yaitu kekuatan struktur yang lebih bagus, seperti lebih kuat dan lebih kaku.

Kombinasi

Apakah mungkin memadukan kayu dengan rangka atap baja ringan? Untuk sebagian baja ringan mungkin saja tidak bisa, mengingat keterbatasan bentuk profilnya. Tapi ada juga aplikator baja ringan yang bisa memadukannya. Hal ini sudah dilakukan dengan membuat variasi rangka atap baja ringan dengan kayu dalam pekerjaan proyeknya, terlihat pada penyatuan kayu dengan baja ringan yang dikombinasikan di bagian Jurai Luar dan Overstek kayu diekspos (sesuai permintaan desain).

kayu baja ringan

Jika tertarik dengan desain kombinasi kayu dengan rangka atap baja ringan, tidak ada salahnya di konsultasikan dulu dengan aplikator atau fabrikator rangka atap baja ringan agar estetika bangunan dan desain yang akan dicapai menjadi lebih menarik dan tidak menjadi masalah dalam pemasangannya.

  1. Ukuran besi wiremesh m
  2. Cara menghitung konversi besi tulangan ke Wire Mesh
  3. Sejarah Baja dan Baja Ringan
  4. Tutorial perhitungan struktur baja
  5. Contoh hitung kebutuhan besi untuk cor dak lantai beton
  6. Dynabolt untuk Pelat Kaki
  7. Menghitung berat besi tanpa tabel
  8. Download Tabel baja untuk perhitungan struktur
  9. Attic Dan Rangka Atap Baja Ringan
  10. Menjamurnya Baja Ringan
  11. Cara menghitung konversi besi tulangan
  12. Cara menghemat besi di proyek konstruksi
  13. Contoh perhitungan struktur kolom baja
  14. proses pembuatan baja
  15. tabel baja H steel
  16. contoh perhitungan struktur Bangunan
  17. berat baja per m3
  18. Berat jenis BJ besi = 7850 kg/m3
  19. KAYU DAN BAJA RINGAN

9 Responses to “KAYU DAN BAJA RINGAN”

  1. azmi says:

    Assalamu’alaikum. Bole minta SNI tentang Baja ringan nggak? makasi

  2. suherni says:

    assalamualaikummm,,,,,,,,,,,,,,
    tingkat keawetan kayu dan baja mana yang lbih baik?
    dan lebih aman mana jika gempa????????????

  3. Anak SMK N1 STABAT jur Teknik Gambar Bangunan says:

    Om, saiia pengen request Post nich…
    bisa nggak si om bwtin Post tentang :
    – Deskripsi bahan bangunan Kayu
    – Deskripsi bahan bangunan batu dan beton
    – Deskripsi bahan bangunan Baja

    Kalok bisa saya akan berterima kasih banyak bwt si om…
    Secepatnya yah…

    [[ASK]] Anak SMK N1 STABAT Jurusan TGB (Teknik Gambar Bangunan)

  4. ardiansyah putra says:

    bisa tolong kirimi koesifien baja ringan soalna saya lagi mencari perbandingan baja ringan dan kayu

  5. Muhammad Hamka says:

    Assalammuaikum mas. , Mas saya pengen tanya bagaimana cara menghitung Volume dari atap baja ringan. Hitungan yang saya gunakan saat ini adalah ( P+OS ) x ( L+OS ) x ( T ). Setelah beberapa lama saya gunakan ini varu sekang timbul masalah bahwa hingn saya terlalu besar. . Saya mohon info dari pihak bapak/ibu.

  6. Abuzh says:

    Kalau agan2 tinggal di daerah DIY and Jateng, kalau pengen menggunakan rangka atap bajaringan bisa kontak saya di 0818 0400 4565 – 0858 7841 0532, bisa juga untuk sekedar nanya2,

    Matur nuwun…

  7. Handoko says:

    Bingung memilih Rangka Atap Baja Ringan BERKUALITAS dengan HARGA EKONOMIS ?
    PT. PELEPAH BAJA JAYA adalah salah satu roll-former yang memproduksi RANGKA ATAP BAJA RINGAN dengan Merk GALVATRUSS

    Galvatruss C.75.95 (75mm X 0.95mm TCT)
    Galvatruss C.75.75 (75mm X 0.75mm TCT)
    Galvatruss C.75.65 (75mm X 0.65mm TCT)
    Galvatruss C.75.60 (75mm X 0.60mm TCT)
    Galvatruss C.75.55 (75mm X 0.55mm TCT)
    Reng Galvatruss 0.45 mm

    Hub : Handoko (031)70809213

  8. zuran says:

    asalamualaikum pak saya mau tanya atap baja ringan di kombinasi dengan kap beton bisa gak ,jadi udah gak pake kap dari baja

  9. agung satria says:

    Assalamualaikum wr.wb…mohon maaf saya rasa pembahasan diatas bahwa baja ringan lebih kuat dari kayu secara struktur adalah SALAH, kita sudah pernah melakukan riset dan ujicoba dibeberapa univ. secara sitem struktur antara kuda2 baja ringan dan kayu dan hasilnya kayu jauh lebih kuat secara sistem tersebut walaupun hanya memakai kayu lunak (seperti sengon) tetap hasilnya lebih kuat (data dan hasil uji lengkap),terimakasih.

Leave a Reply

Current ye@r *