anak sekolah SMK sedang berkemah

Jurusan sekolah SMK yang paling banyak peminatnya

Masuk ke jurusan sekolah SMK yang paling banyak peminatnya itu perlu modal serta perjuangan yang lebih keras, karena kalau banyak pendaftar berarti semakin banyak saingan yang harus dikalahkan agar bisa diterima di sekolah incaran. Yang dimaksud modal disini bukanlah uang yang memang dibutuhkan untuk biaya pendaftaran, tapi yang lebih penting lagi adalah kemampuan dalam menyelesaikan setiap tes masuk, serta memenuhi berbagai macam persyaratan sehingga akhirnya bisa terpilih sebagai yang terbaik diantara yang baik. apalagi jika SMK yang diincar tergolong favorit sehingga semakin banyak saingan yang harus dikalahkan, lalu jurusan apa yang pendaftarnya paling banyak. mari kita ungkap lebih lanjut.

 

Peringkat jurusan sekolah SMK menurut banyaknya peminat

  1. Teknik Komputer dan Jaringan
  2. Teknik Audio Video
  3. Teknik Kendaraan Ringan
  4. Teknik Pemesinan
  5. Teknik Elektronika Industri
  6. Teknik Instalasi Pemanfaatan Tenaga Listrik
  7. Teknik Mekatronika
  8. Teknik Gambar Bangunan
  9. Teknik Konstruksi Batu dan Beton
anak sekolah SMK sedang berkemah

anak sekolah SMK sedang berkemah

Pertimbangan dalam memilih jurusan

Rata-rata para lulusan sekolah menengah pertama (SMP) mempertimbangkan beberapa hal sebelum memutuskan untuk ambil jurusan apa, alasan tersebut antara lain

  1. Prospek kerja setelah lulus apakah peluang kerjanya besar dan masa depanya bagus.
  2. Sudah mengenal secara umum mengenai jurusan yang akan diambil.
  3. Kesenangan / hoby yang sekiranya bisa terwakili dalam sebuah jurusan sekolah SMK.
  4. Tingkat kecerdasan / nilai ujian sekolah SMP, karena akan mempengaruhi apakah akan diterima atau tidak apabila mendaftar ke salah satu jurusan yang ramai peminat.
  5. Menuruti saran orang lain, ada juga alumni SMP yang belum punya gambaran jelas tentang jurusan yang akan diambil, jadi ada juga yang hanya menuruti pilihan orang tua, ikut-ikutan teman, atau hal-hal lain.

 

Dalam pendaftaran sekolah menengah kejuruan negeri di indonesia ada yang namanya pilihan 1 dan 2, sebagai cadangan apabila dalam memilih jurusan pertama ternyata kalah saing maka masih punya peluang untuk diterima pada pilihan kedua. yang jelas, apapun pilihanya semua bagus dan masing-masing punya kesempatan untuk meraih masa depan cerah apabila dijalani dengan sebaik mungkin, giat belajar dan berusaha. demikian gambaran tentang jurusan sekolah SMK yang paling banyak peminatnya, semoga tercapai apa yang menjadi cita-cita serta dimudahkan jalan untuk menggapainya 🙂

1 Comment
  1. 3 days ago
    Hilal

    pak, mohon minta info kontak personnya.. saya mau tanya2 lebih dalam tentang teknik sipil..
    trimakasih

    Reply

Beri Komentar

Alamat Email tidak akan ditampilkan.

*