Jurusan atau Cabang Ilmu Teknik Sipil

Ada jurusan atau cabang ilmu teknik sipil yang bisa dipilih oleh mahasiswa S1 yang sedang menempuh program studi ini. Masing-masing cabang merupakan konsentrasi keahlian, pilihanya yaitu teknik sipil struktur, geoteknik, manajemen konstruksi, hidrologi, teknik lingkungan, transportasi, informatika teknik sipil, serta jurusan lainya yang dibuka oleh pemerintah indonesia menyesuaikan dengan perkembangan teknologi terbaru serta kebutuhan masyarakat umum.

 

cabang ilmu teknik sipil

cabang ilmu teknik sipil

Struktur

Jurusan ini lebih banyak mempelajari masalah struktural bangunan, dari mulai mengenal karakteristik material, beban bangunan, lokasi pembangunan sehingga dapat merancang atau menghitung struktur bangunan yang kuat, ekonomis serta mudah dilaksanakan. Bangunan yang dirancang meliputi rumah tinggal, gedung bertingkat, jembatan, terowongan, jalan serta yang lainya.

Geoteknik

Disini banyak belajar tentang struktur dan sifat macam-macam tanah serta bebatuan yang merupakan tempat dimana sebuah konstruksi bangunan akan didirikan.

Manajemen Konstruksi

Merupakan jurusan yang secara khusus mempelajari anggaran Biaya proyek, jadwal proyek, metode kerja proyek, peraturan hukum yang berkaitan dengan bangunan, perizinan bangunan. Tujuanya yaitu bagaimana caranya melaksanakan proyek dengan kualitas maksimal, biaya sehemat mungkin, pengerjaan semudah mungkin, serta dalam waktu secepat mungkin.

Hidrologi

Mempelajari tentang air, meliputi bagaimana cara mengendalikan dan mendsitribusikan air agar bisa memberikan manfaat maksimal bagi kehidupan. didalamnya ada cabang ilmu hidrologi air meliputi pengukuran curah hujan, cuaca, debit air sungai dan sebagainya. cabang ilmu hidrolika yang meliputi penelitian sifat material, gaya dorong air, debit air, dan sejenisnya. juga ilmu bangunan air yang meliputi waduk, sungai, kanal, irigasi, bendung serta yang lainya.

Teknik Lingkungan

Banyak belajar tentang masalah serta isu yang terkait dengan lingkungan. Misalnya pengelolaan air limbah, penyediaan air bersih, polusi udara, polusi suara, pencemaran sungai, teknik penyehatan, serta hal-hal lainya yang berkaitan dengan lingkungan.

Transportasi

Meliputi pelajaran sistem transportasi dimulai dari merencanakan sampai melaksanakan. Yang berkaitan dengan hal ini misalnya perencanaan konstruksi jalan raya, rel kereta api, bandara, pelabuhan, jalan tol, stasiun, terminal, dan sejenisnya.

Informatika Teknik Sipil

ini merupakan cabang baru dalam bidang teknik sipil menyesuaikan perkembangan teknologi informasi, meliputi perancangan, permodelan serta perhitungan bangunan memakai software komputer. Misalnya dalam hal perencanaan struktur bangunan, pemodelan lingkungan, pemodelan pergerakan air limbah, serta yang lainya.

 

Jadi sekarang kita sudah semakin tahu macam-macam cabang ilmu teknik sipil sehingga bisa memutuskan jurusan mana yang mau diambil dengan menyesuaikan kemampuan, bakat, serta cita-cita yang akan dijalani dimasa depan. Semua jurusan bagus, peluang kerjanya juga banyak, dan tidak sulit dalam menjalaninya dibangku kuliah apabila disertai dengan semangat tinggi, jadi silahkan memilih konsentrasi jurusan teknik sipil menyesuaikan dengan kemampuan serta bakat masing-masing, semoga sukses.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.