Jaring safety net untuk pengaman sisi luar gedung

Pelaksanaan proyek pembangunan konstruksi gedung bertingkat tinggi itu perlu pengamanaan ekstra agar tidak sampai terjadi kecelakaan kerja, juga tidak mengganggu atau membahayakan aktifitas masyarakat di sekitarnya. untuk itu perlu dipasang jaring safety net untuk pengamanan sisi luar gedung, secara umum jaring ini bisa dipasang dengan sistem vertikal maupun horizontal, berikut contoh foto beserta penjelasanya.

 

Foto jaring Safety net vertikal

safety net vertikal

safety net vertikal

Dipasang pada pada posisi 3 lantai dibawah struktur yang sedang dikerjakan, strukturnya memakai pipa dan kwaat ramp yang dirangkai dengan sistem sambung las seperti contoh pada gambar, pemasangan menggunakan alat sambung dynabolt yang dihubungkan ke struktur lantai baton sehingga mudah untuk dibongkar pasang mengikuti posisi area yang sedang dikerjakan, kira-kira 50 cm dari ujung lantai dipasang safety railing untuk pengaman area tepi gedung agar para pekerja tidak jatuh.

Foto Safety net horizontal

safety net horizontal

safety net horizontal

Sistem ini bisa digunakan jika memang seluruh lantai dalam kondisi butuh pengamanan, misalnya saat dilakukanya pekerjaan finishing eksterior seperti pemasangan dinding batu bata, GRC, alumunium clading atau sejenisnya.

Fungsi jaring safety net yang dipasang pada sisi luar gedung

  1. Menahan benda jatuh agar tidak membahayakan dibawah.
  2. Menahan orang atau pekerja yang jatuh agar selamat karena jatuhnya tidak terlalu tinggi.
  3. Sebagai wahana promosi perusahaan atau hal-hal lainya, misalnya dengan cara menaruh gambar logo perusahaan berukuran besar pada jaring safety net.
  4. Memberikan rasa aman bagi masyarakat yang berlalu lintas di sekitar proyek gedung, karena tidak merasa was-was akan bahaya kejatuhan bendah dari atas.
  5. Untuk menutup ketidak rapian lokasi proyek, sehingga pandangan dari sisi luar hanya nampak jaring saja.
  6. Mengurangi terpaan angin secara langsung.

 

Jaring safety ini perlu dipasang dan dipelihara dengan baik agar dapat berfungsi kuat serta awet sehingga bisa digunakan untuk proyek berikutnya, agar banyak manfaatnya serta semakin banyak tukang bangunan atau masyarakat yang teramankan dari berbagai bahaya yang mengancam dalam pelaksanaan proyek konstruksi bangunan, semoga selalu dalam kesalamatan.

Leave a Reply