Jalan tol khusus sepeda motor

Jalan tol khusus sepeda motor adalah jalur yang disiapkan secara khusus untuk lalu lintas kendaraan roda dua. ya.. selama ini jalan tol di Indonesia identik dengan kendaraan roda empat atau lebih, jika ada sepeda motor yang nekat masuk jalan tol maka siap-siap saja terkena semprit dan harus mendapat sanksi karena telah melanggar peraturan lalu lintas. Namun hal ini tidak akan terjadi lagi apabila sudah ada jalan tol yang memang diperuntukan secara spesial hanya untuk sepeda motor, jika sudah begini maka yang terjadi justru sebaliknya, mobil dilarang masuk jalan tol milik sepeda motor 🙂 .Untuk membuat jalan tol motor di Indonesia juga tidak terlalu sulit dan dapat dibangun dalam waktu cepat karena konstruksi jalan sudah ada jadi tinggal menyiapkan lajur khusus dengan lebar minimal 3 m lengkap dengan pagar pembatas untuk memisahkan diri dari jalan tol mobil.

 

Kelebihan jika ada jalan tol khusus sepeda motor

  1. Bagi yang suka naik sepeda motor dengan kecepatan tinggi akan lebih baik jika menggunakan jalan tol sehingga tidak membahayakan masyarakat sekitar seperti yang terjadi di jalan umum.
  2. Berkendara dengan sepeda motor tidak lagi harus sering berhenti karena ada lampu merah atau penyeberang jalan.
  3. Para pengusaha jalan tol mendapatkan kenaikan omzet karena ada pasar baru yang bisa digarap.
  4. Para pengguna motor bisa lebih cepat sampai tempat tujuan, bebas hambatan.
  5. Kemacetan dijalan umum sedikit terkurangi, namun tak lama kemudian akan kembali penuh karena munculnya kendaraan roda dua baru.
  6. Yang tidak punya mobil, yang tidak bisa menyopir mobil, bisa merasakan naik jalan tol pakai sepeda motor.

Kekurangan jika ada jalan tol khusus sepeda motor

  1. Ada kemungkinan terjadi kemacetan pada pintu masuk dan keluar pintu tol, namun hal ini bisa diatasi dengan membuat desain jalan sedemikian rupa.
  2. Harus mengeluarkan biaya untuk bisa menggunakan jalan tol motor.
  3. Para pedagang ditepian jalan umum akan kehilangan pengunjung untuk sementara waktu.
  4. Jarak tempuh sedikit lebih jauh atau lebih dekat dari jalan umum karena harus keluar masuk dari pintu tol yang lokasinya belum tentu dekat dengan titik awal atau akhir perjalanan.
  5. Bakal ada pengendara sepeda motor yang ngebut dijalan tol, jadi diperlukan pengaturan yang bagus agar tidak terjadi kecelakaan.
  6. Jumlah sepeda motor bakal semakin banyak, karena para pengguna mobil punya alternatif pilihan untuk beralih menggunakan kendaraan roda dua dijalan tol.

jalan tol sepeda motor

Jalan tol motor ini sudah ada di jembatan Suramadu dan ada peluang besar untuk dikembangkan di kota lain seperti jakarta, cikampek, bali serta kota lainya di seluruh Indonesia. Ya.. sudah pasti ada sisi baik dan buruk dari sebuah kebijakan, nah.. bagaimana menurut saudara jika ada jalan tol yang memang disiapkan secara khusus untuk sepeda motor.

3 Comments

  1. Bambang Mujiyono 22 July 2013
  2. susamto 27 July 2013
  3. faldy 27 November 2013

Leave a Reply