Jalan raya macet karena penduduknya SOMBONG

Ternyata inti masalah yang menyebabkan jalan raya macet adalah karena penduduknya SOMBONG, kenapa bisa begitu? mari kita selidiki lebih dalam. ya.. kemacetan merupakan masalah besar bagi sebuah kota atau negara, proses pembangunan yang seharusnya berjalan lancar harus tersendat-sendat karena mobilisasi penduduknya terhambat. kenyamanan hidup juga terganggu karena setiap hari harus menyaksikan kendaraan berjubel terjebak kemacetan, setiap hari jutaan kendaraan itu terpaksa berjalan pelan sambil menghembuskan polusi asap tebal. kondisi ini tentu tidak akan terjadi jika sifat rendah hati tertanam dalam dada sebagaian besar masyarakat, setidaknya tidak sampai berebut menggunakan jalan tanpa memikirkan kenyamanan pengendara lain. o.k mari kita temukan hubungan antara jalan macet dan penduduk sombong.

 

Hubungan antara kesombongan penduduk dengan kemacetan jalan raya

jalan macet

  1. Berpikir bahwa naik mobil pribadi lebih keren, gengsi gede-gedean. satu mobil yang seharusnya berkapasitas maksimal 8 orang itu hanya ditunggangi sendirian, menghabiskan badan jalan yang seharusnya bisa dimanfaatkan oleh pengendara lain.
  2. Para pejabat yang ingin menyombongkan diri dengan kemewahan harta, membangun rumah mewah dan membeli kendaraan termahal lalu melakukan korupsi untuk mempercepat tercapainya harapan, jika yang di korupsi terkait  proyek infrastruktur jalan maka pembangunan menjadi terhambat. jumlah kendaraan terus meningkat sedangkan kondisi jalan raya masih begitu saja tanpa perkembangan yang berrarti. dan yang pasti para koruptor tidak akan pernah meraih kebahagiaan atau ketenangan hidup meskipun harta sudah melimpah, ya.. karena hartanya tidak berkah.
  3. Pejabat yang seharusnya menjadi teladan rakyat, mentang-mentang punya kuasa lalu menghentikan lalu lintas agar bisa lewat, atau menerobos jalur bus way dengan alasan mempercepat tugas, rakyat akhirnya mencontoh.
  4. Sesekali coba perhatikan ketika ada pawai kendaraan mewah, puluhan roda besi kencang melaju secara bergerombol, dikawal oleh pasukan keamanan, kendaraan lain terpaksa minggir untuk memberikan jalan (ada juga yang air liurnya menetes karena sebenarnya kepingin juga punya mobil mewah 🙂 ). akibatnya kelancaran lalu lintas menjadi terganggu.
  5. Banyak yang punya kendaraan bukan alasan kemanfaatan, punya lebih dari satu karena biar terlihat wa..hh, bapaknya jalan sendiri, ibunya jalan sendiri, bahkan kalau memungkinkan anaknya yang masih bayi juga menyopir mobil pribadi sendiri 🙂
  6. Tentunya masih banyak ilustrasi lain untuk menggambarkan hal ini.

 

Jadi betul tidak? bahwa kesombongan sebagaian besar penduduk itu bisa menjadi bencana besar yang akan mengganggu berkembangnya sebuah peradaban, atau bahkan bisa menghancurkan seuatu negeri apabila kapasitas kesombonganya sudah melampui batas kewajaran, ya.. semoga Allah menjaga kita agar dijauhkan dari sifat sombong.

4 Comments

  1. masprie 17 December 2013
    • willyam 17 December 2013
  2. ihsan 22 December 2013
  3. Rizky 24 December 2013

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.