Ilmusipil.com Media Berbagi Ilmu Teknik Sipil dan Arsitektur

teknik sipil Indonesia membangun menara tertinggi didunia

Menara tertinggi didunia sedang dibangun di indonesia, jika dubai berhasil membangun gedung tertinggi didunia yang bernama burj dubai. Indonesia juga menunjukan kehebatanya dengan membangun menara tertinggi didunia di kemayoran jakarta utara yang diberi nama menara jakarta.

menara jakarta mempunyai ketinggian 4 kali lipat tinggi monas.

dengan dibangunya menara jakarta maka peringkat ketinggian menara didunia adalah:

  1. Menara jakarta , jakarta, indonesia = tinggi tower : 558 m
  2. Canadian national tower, toronto, Kanada = tinggi tower: 553 m
  3. Menara Ostankino, Moskow, Rusia = tinggi tower : 540 m
  4. Oriental shanghai tower, shanghai, cina = tinggi tower : 460 m
  5. kuala lumpur tower, kuala lumpur, malaysia = tinggi tower : 421 m

untuk kategori gedung burj dubai masih menduduki peringkat pertama dengan ketinggian 800 m

pembangunan menara jakarta dimulai pada awal tahun 2010 dan diperkirakan selesai pada tahun 2012 sebagai menara tertinggi didunia.

menara ini direncanakan sebagai menara telekomunikasi dan penyiaran, berfungsi sebagai pusat jaringan komunikasi dan multimedia dengan teknologi tinggi terbaru zaman ini.

fungsi dari masing – masing ruang bangunan menara jakarta dapat digambarkan sebagai berikut:

Menara Jakarta ini dibangun di atas lahan seluas 5.3 hektare,Di lengkapi dengan tempat parkir seluas 144.000 m2, dengan kapasitas 20,000 lebih mobil.

para konglomerat yang menyediakan dana pembangunan tower tertinggi dunia di indonesia :

5 Konglomerat yang menyediakan dana proyek:
35% = Prajogo Pangestu (PT. Tri Polyta Indonesia)
20% = Abraham Alex Tanuseputra (PT Charana)
15% = Jakob Oetama (Kompas-Gramedia)
15% = Sohat Chairil (PT Pasir Putih)
15% = Harun Sebastian (PT Inti Multijaya)

Developer: Steven Tan Lip Goen (PT. Prasada Japa Pamudja)

dengan berdirinya menara ini, berarti indonesia menduduki puncak kepemimpinan dunia dalam bidang menara khususnya.

sekarang giliran kita untuk membuktikan kreatifitas terbaik dalam rangka turut berpartisipasi mengembalikan jati diri bangsa indonesia.

” ingat majapahit pernah menguasai dunia dan majapahit modern adalah indonesia, amin. ”

sumber: dikumpulkan dari berbagai sumber.

ilmu sipil
  1. Pekerjaan Upperstructure
  2. kontraktor gedung baru DPR
  3. Pekerjaan Substructure
  4. Siapa yang membangun candi borobudur?
  5. Gedung baru parlemen albania
  6. gedung terapung
  7. Rencana gedung baru kedubes Amerika terbesar di Indonesia
  8. Proses keruntuhan gedung WTC
  9. Cara membuat gedung bertingkat tinggi
  10. Proses runtuhnya gedung WTC
  11. Pekerjaan Bekisting
  12. Membuat Gedung Dari Botol Plastik Bekas
  13. pekerjaan cor beton
  14. Traffic management untuk Strategi pengaturan lalu lintas proyek gedung
  15. Macam-macam metode struktur plat lantai gedung
  16. cara mengukur tinggi gedung
  17. Diafragma wall untuk dinding lantai basement
  18. Gedung MKRI Mahkamah Konstitusi Republik indonesia
  19. pemenang lelang gedung DPR

83 Komentar

  • Johni Amalo says:

    yah…semoga membawa manfaat ( dalam artian luas ) buat masyarakat dan bangsa, dan membuat bangsa ini termotivasi untuk membangun juga character building yg lebih bermartabat, agar bangsa” lain tidak terus menerus menghina bangsa kita….!!!

  • heru says:

    Mudah2an segera terwujud, shg Indonesia punya LandMark baru, kayaknya Monas sdh kurang menjanjikan lagi untuk promosi. Good Luck

  • Dhanis says:

    Hidup Menara tertinggi di dunia, Penduduk terkumuh di dunia, Hidup,
    (Menara tertinggi bisa dibangun bahkan oleh orang yang tidak sekolah sekalipun), JANGAN SOK !!!!!

  • ican says:

    mudah2 an aja menara tertinggi di dunia nya bkn sebagai simbol korupsi tertinggi di dunia

  • Ida Bagus Alit, ST. says:

    Semoga berhasil dan terwujud pembangunan Menara Jakarta ini, rencana pembangunan ini tahun berapa.? Semoga teknokrat-teknokrat bangsa ini dapat mewujudkannya.. Amiin..

  • intan says:

    mantabs jaya… syalalala

  • ery says:

    klo terwujud, sy makin bagga jd org indonesia..good luck…

  • Andi says:

    smoga lekas terwujuddd…
    mantap lah…!!

  • andi ITI says:

    semoga menjadi kenyataan di dunia nyata bukan didunia maya. trims

  • oe2n says:

    semoga benar2 terlaksana,
    AMIN…….

  • arief cahyono says:

    kenapa tinggi menara jakarta cuma selisih 5m saja dengan menara CN Tower?seharusnya ditambah lagi menjadi 600m gitu biyar agak tinggi lagi.kalau begitukan baru benar2 unggul indonesia.

    • ahadi says:

      @arief cahyono, iya tuh, nanggung banget bangunya, nanti kalau menara CN Tower ditambahin tiang antena TV lagi setinggi 6 m, kesalip deh.. :-) gak jadi menara tertinggi lagi :-)

  • pengex (pekalongan kota batik) says:

    Hidup Indonesia

  • BRYANS WKWK says:

    kenapa y sekalian aja tingginya 900m/1000m aja klo dibangun juga cuma peringkat ke 2 aja ko ntar juga bnyk yg ikutin ko begitu tong

  • okma yendri says:

    Bagus, masak Indonesia kalah dengan negara lain

  • erie says:

    moga cepat terwujud…
    saatnya indonesia bangkit ..
    tunjukan kita mampu..
    usahakan anak bangsa yang membangun…
    good luck…

  • mahendro says:

    koq ikut2 ajh sich,tp bagus sich

  • reply says:

    jngan hnya pmbnganunan yg. D tngktkan, pkrkn org y6 d bawah mu…, jngan menara yg d tnggikan… Martabat banggsamu kau tngktkan.!!

  • dedy yonk says:

    buat apa kita bangga d6n adanya sesuatu y6 sesungguhny takkan mungkn banggakan seluruh rakyat kt, sementara bnyk y6 tertekan akan adnya ituu… ”Peduli dan bangga”.itu smestiny..

  • muchlis says:

    semoga sukses,,,,go INDONESIA

  • Bang Toyib says:

    Hahahaha…sungguh lucu.. bikin menara tinggi2, semakin tinggi biar semakin tahu betapa luas kemiskinan dan kekumuhan rakyatnya…lanjut..
    Bikin proyek yang mengangkat harkat dan martabat bangsa (setinggi-tingginya)..haha
    Hati2 bikin menaranya, awas tar tanahnya malah turun…smg sukses!!! :))

  • benyamin90 says:

    semoga menara ini menjadi simbol gereja dunia…
    Amin

  • aby says:

    pembangunan yg tak merakyat…………………………..

    semakin jelas kesenjangan di Indonesia……………

    moga aja bukan awal kehancuran Indonesia………………….

  • rachel says:

    dasar indonesia” ..
    ngapain buat” kaya gituan .. mening uga duit.a pake wat orang” kaum duafa ..
    di indonesia kan masih banyak bgt kaum duafa ..
    jangan dulu se indonesia dechh , se jakarta aja .. jangan ampe ada kau duafa bersebaran .. baru tuchhh mau bikin apa ke .. terserahh
    mau bikin menara ke, bikin wc terbesar ke, mau bikin jamban terluas ke .. terserahlachh pokok.a ..

  • adie says:

    mg semua bs dibangun………………

    bkn hnya menara tertingi saja.

    tp jg tinggikan martabat Bangsa di mata Dunia

  • dewa says:

    indonesia banyak orng pinter….buktikan kepintaranmu anak bangsa tuk menguasai dunia…..

  • posan says:

    jgn sok ke pkirin dlu donk rakyatnya jgn asal bikin menara

  • Derita says:

    ADA GEMPA LANGSUNG NYAHOOOOO……………………………….. MENDING GA USAH.. INDONESIA RAWAN GEMPA,MALAH NANTINYA BANYAK YG JADI KORBAN GARA-GARA DI JATUHIN RUNTUHANNYA,,, BAHAYAAAAAAAAAAAAAAAAAA!!

  • ronald says:

    Buang2 duit aja Gan,liat tuh masih banyak masyarakat2 yg butuh perhatian alis “MISKIN”!

  • adon says:

    wah, mudah2 menjadi kesadaran untuk warga jakarta agar menjadi kota yg nyaman dan tak bermasalah dengan dibangunnya menara ini!

  • bontocinde says:

    wah…. LUAR BIASA !!!!

    kelihatannya memang menjanjikan banyak hal.
    mulai dari sisi pariwisata, politis, hingga keangkuhan.

    tp satu hal yang saya khawatirkan…
    dengan bangunan segede itu, berarti lubang kebocoran dana nya pun akan semakin besar
    peluang mark-up anggaran menjadi setinggi gunung, yang susah untuk ditelusuri

    ha…ha…
    harus disikapi bersama
    > siapa punya ide ini
    > siapa yang melakukan tender
    > siapa yang mengawasi pekerjaan
    > siapa yang menyiapkan anggarannya
    > siapa…
    > dan siapa….

    hati-hati, Menara Jakarta akan muncul dan menjulang ke langit menembus awan tebal diatas, sementara dibawah… tepatnya disekeliling bangunan tersebut semakin banyak fakir miskin yang kelaparan, semakin banyak nasabah kehilangan uang tabungannya, semakin tinggi hutang negara, dan tentunya…. semakin subur sang birokrat.

    semoga tidak demikian nantinya…

    nb :
    saya cuma khawatir saja, masalah miliaran rupiah sdh banyak menumpuk yang tak kunjung terselesikan. ini malah bikin lubang super gede lagi.
    ya…
    mau bilang sama siapa… mau ngadu ke siapa…
    INILAH INDONESIAKU YANG TERCINTA, TANAH AIR BETA

  • jack says:

    saya dukung 1000 % pembangunan ini sangat mengangkat citra bangsa Indonesia… dimana teknologi, lapangan pekerjaan, bisnis, usaha dll. dipastikan akan naik ….artinya bila fisik kuat, mapan & sehat tahap berikutnya baru bisa dilanjutkan dengan pembangunan mental…

  • prabowo says:

    Buktikan klo bisa.nanggung banget tingginya beda dikit.

  • andi rully n says:

    mulainya tahun 2010 dan diperkirakan selasai thn 2012, MANA ????, BORO 2 TERTINGGI DI DUNIA, KELIHATAN JUGA KAGAK.., paling juga pondasinya sdh jadi kolam lele

  • mail says:

    ek punjonk jawa ….

  • leo says:

    Sore mas..mau nanya nih..gimana caranya menghitung luas atap bentuk pelana dan limas juga menghitung kebutuhan atap dengan menggunakan seng gelombang. tolong di balas ya mas. makasih

  • doni cucu says:

    Bagus sih indonesia bersaing dngn negara lain,,,tpi awas nanti kalau menaranya sudah jadi lupa sama yang dibawah menara…

  • Aleksander agung says:

    Saya britahu & saya ingatkn kepada pemimpin ngara indonesia, apapun bentuk pmbngunannya demi kemajuan ekonomi indonesia 100% saya dukung artinya ekonomi indonesia maju rakyat makmur & sejaterah, Tapi saya ingatkn sekali lagi Hentikan pembangunan menara & gedung” tinggi di jakarta saya perintahkan meratakan pemngunan menara & gedung” tinggi ke seluruh indonesia, bahkan kalau ini dilaksanakan yakin & percayalah dg saya, ekonomi indonesia menjadi kekuatan utama & ekomomi tertinggi di dunia {camkanlah itu}

  • mie says:

    apa guna menara tertinggi di dunia tapi jutaan rakyat hidup dalam kelaparan dan kemiskinan.apakah menara tersebut mampu membuat kan rakyat indonesia kenyang?

  • DX says:

    Hem Itu Juga Kan Buat Negara Gan Keuntungan Nya Lebih Besar.. hhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhgghhhhhhhhhhhhhhhhhh..

  • ayu komala n aviah says:

    nah gtu dong,,,
    kali2 bikin sensasi baru yang baik , jangan yang jelek aja.
    kan kita tambah bangga n truz mencoba membuat INA LBIH BAIK.

  • hikzat says:

    i love indonesia kmi segenap masyakat indonesia mendukung atas pembangunan menara agar indonesia menjadi perhatian dunia

  • chaini says:

    mudamudahan indonesia tamba maju dengan adaya menara ini biar orang luar tau bahwa indonesia boleh

  • chaini says:

    indonesia kuuuu bangu lah trs kehadpan gogogogogo indonesia ku bersatu lah demi mencapai indonesia maju terus kehadapan amin’…….

  • rani says:

    yach moga gak di salah guna dananya tuch, biar cepat selesai menara tuh, aku di luar negri kadang di tanya ama kawan sekerjaku dari negara lain “eh di indonesia ada tower nggak
    ‘ apa ku jawab bingung aku, lha wong adanya cuma monas.

  • Bjo Bless says:

    ”MENARA JAKARTA” hanya bisa dinikmati oleh orang Jakarta saja, ingat ya Indonesia bukan cuma Jakarta doank, indonesia itu dari sabang sampai merauke, Di jakarta banyak gedung megah, jalan raya mulus, lampu jalanan bergemerlapan di saat malam….mobil2 mewah berlalu lalang….semua itu adalah hasil dari mengeruk kekayaan dari daerah pedalaman. Jangan salahkan orang pedalaman jika suatu saat akan membuat ”Jakarta” sendiri dan juga mungkin akan berganti bukan ”indonesia” lagi. karna disana sudah mulai terdengar jika mereka2 sudah mulai bosan menjadi orang indonesia.

  • aya says:

    liat dlu lah jgn maen bngun kaya gini…..
    negara kita blum brkembang pesat jd jangan dlu lah buat bngun gedung tinggi kaya gni….
    LIAT DULU SODARA KITA YANG KELAPARAN,,,, SEKOLAH YANG PERLU DIPERBAIKIN,,,
    JEMBATAN AMBRUK,,, PARA PENGANGGURAN DI INDONESIA JUGA MASIH BANYAK…!!!!!!!

    GMNA PARA PENJBAT KITA JUGA POLITIK KITA BELUM BENER MENGURUS NEGARA INI…
    LIAT KANAN KIRI KITA DULU lah kalo bisa JANGAN DIADAIN dulu belum saatnya dulu,,,,

    SEPERTINYA YANG PUNYA IDE INI SANGAT MALU dong kanan kiri kita masih banyak yang perlu dibantu,,,,

    UTANG INDONESIA YANG SEMAKIN NUMPUK….
    RAKYAT KITA PERLU BANTUAN…….
    jadi BUAT APA KITA PARA RAKYAT SURUH BAYAR PAJAK,,,,,
    KALO BUAT KEPENTINGAN ORANG-ORANG KONGLOMERAT SAJA………!!!!!!

    tolong yaaaa BUAT PARA YANG PUNYA IDE MOHON DI BUKAKAN HATINYA AGAR MEREKA MELIHAT SODARANYA YANG MASIH KURANG N BUTUH BANTUAN,,,,,

    INGAT BUKAN BERARTI KITA PERLU DUIT….!!!!!
    TAPI SARANA YANG MEMADAI DAN PANTAS UNTUK ANAK BANGSA INDONESIA KITA AGAR NEGARA KITA LEBIH MAJU LAGI……

    NEGARA MAJU BUKAN BERARTI DARI ” FASILITAS YANG MODERN ” tapi dari orang – orang yang pandai n cerdas untuk membuktikan NEGARA KITA ITU MAMPU BERSAING…..!!!!!!

    INGAAAAAAAAAAAATTTTTT PESAN DARI SAYA INI…… !!!

    Nb : saya mewakilkan anak bangsa indonesa yang masih butuh PERHATIAN PENUH dari PENJABAT atau PEMERINTAH kita yang masih pandang SEBELAH MATA untuk sodara kita semua yg ada di indonesia….

    COBA ANDA RENUNGKAN BAIK – BAIK…………..!!!!!!!!

    kalo negara kita sudah JAYA alias KAYA RAYA ” SILAHKAN ANDA MELAKUKAN SESUKA HATI BAGI PARA PENJABAT atau PEMERINTAH ” membangun gedung,,, membeli pesawat….dll…

    Nb : – Rakyat kita cuma bisa menjawab ” KECEWA ” melihat perilaku ini yang menyakitkan baginya untuk DITONTON or DILIHAT……!!!!!!!

  • Naufal says:

    Semoga lebih ditinggihkan lagi , Menara Jakarta harus membangun tower lagi di Jakarta . Semoga Jakarta penuh dengan gedung tinggi untuk menarik bangsa asing datang ke jakarta .
    Semoga dapat mengalahkan Burj Khalifah di Dubai ( 8000 m2 ).
    Dapat digunakan sesuai fungsinya sebagai gedung tertinggi ke 2 di dunia
    AMIN

  • firdaus says:

    sekarang udh 2012 mana buktinya……..!!!!!

  • congalip says:

    cari sensasi aja kayak artis..
    senengane di tempat rame, kalo berani tu bangun gedung tinggi, menara tinggi, atau apapun yang tinggi di kalimantan kek biar negara tetangga si maling sia tu juga bisa liat gedung kita secaralangsung, kalo bangunnya di jakarta
    1.kasian tanah di jakarta kalo harus memikul beban sebesar,seberat dan setinggi itu, jakarta udah penuh,,, kasian
    2.malingsia gak bisa liat langsung dari negaranya, coba klo di kalimantan or sumatra.. kan nyaman sekalian bantu2 negara jagain perbatasan toh…

    ide melakukan pembangunan ini sangat2 bagus, sayang tempatnya kurang tepat..
    bikin lapangan kerja baru di tempat baru jangan di tempat yg udh penuh sesak..

    buat 2 calon gubernur jakarta FOKE dan JOKOWI.. untuk mengurangi kemacetan dan banjir2 lagi d jakarta kurangi aja pembangunan gedung2 lagi d jakarta, mending kalo ada lahan kosong pake buat bendungan aja.. buat pengusaha kaya2 yg mau bikin menara jakarta, mending ubah konsep aja, bikin bendungan terdalam di dunia, jadi air2 di jakarta larinya kesitu semua sehingga banjir akan terhindar

  • aniii says:

    tingginya……………

  • iisbila says:

    semoga indonesia semakin merdeka biar rakyat kecil bisa ikut tersenyum

  • litang says:

    nampak ye belum selesai 2012

  • @morikho says:

    saya mendukung proyek ini….
    tapi alangkah lebih baik jika di sekitar menara tersebut dibangun taman yang luas pula sehingga daerah menara tersebut sering dikunjungi oleh masyarakat indonesia maupun mancanegara. . . .
    Thanks untuk perhatiannya. . . . .

  • richard papua says:

    wahhh,…payah lain blum selesai ada lagi masalah baru,…gimana ni?

  • richard papua says:

    jangan yang gede2 dulu kita lihat hal kecil dulu,…

  • martini says:

    Good luck for indonesia

  • ahmadmadu says:

    indonesia bisanya cuman rencana ngak bisa ngebuktiin

  • baguslah kalau indonesia bisa bangun menara tertinggi dunia, acung 2 jempol.

  • hendar permana says:

    aku sebagai warga indonesia yang ada di luar merasa bangga mendengar berita fositif macan nie semoga indonesia jadi negara maju jangan kalah sama negra jiran,jangan lupa bangun aetadion bola yang canggih,lapanga sircuit yang megah aqu dukung100000% sukces………maju merah putih

  • Semoga bermanfaat jngn menghambur hamburkan uang dindonesia bnyk yg butuh

  • Adz Minttoel says:

    paling cma proses doang dan akhirnya uangnya di korupsi.

  • Rifqi Yudhistira Rumengan says:

    siip dah indonesia buat menara tertinggi!

  • sharil azizi says:

    nah indon mana menara nya ngak siap2x kok….indon angan jauh ke pluto

  • tangkas says:

    Majapahit tuh kerajaan Hindu….kalu indo ingin kyk mjapahit indo hrus kmbali k hindu, maka jayalah indo.

  • roy jordi maddridist says:

    semoga terwujud dan indonesia jadi negara termakmur di dunia amien……………………………………………………………………….

  • POSMA says:

    DENGAN DIBANGUNNYA JAKARTA TOWER SEHARUSNYA KITA BANGGA SEBAGAI RAKYAT INDONESIA YANG MANA ITU MENUNJUKAN BAHWA ANAK INDONESIA MAJU DAN MAMPU WALAUPUN RAKYAT KITA MASIH ADA DALAM KEKURANGAN . MARI KITA SIKAPI SEMUA INI DENGAN BIJAK DEMI KEMAJUAN DAN KEJAYAAN INDONESIA,AMIN……….

  • abond suandi says:

    semua nya cuma memberi harapan palsu.nggak ada buktinya.uda 3 thun belum selesai juga.
    buktikan dong,indonesia menunggunya dengan penuh kebanggan.

  • wildan says:

    Menara tertinggi yang kalah tinggi sama dubai, ya namanya bukan menara tertinggi dong?!! Dubai mah negara kaya jangan kebanyakan mimpi

  • Sugenk says:

    KAyaknya rencana ini hanyalah mubazir dan tak perlu dibangun….
    ingat….
    Rakyat masih banyak yg kelaparan disana….

  • Karunia Steel says:

    numpang share yah gan,,,,

    Karunia Steel melayani penjualan produk atap galvalume antara lain: atap spandeck dan atap trimdeck.Dapatkan harga khusus dari kami untuk pembelian lebih dari 2000meter.Silakan kunjungi website kami http://www.atapgalvalume.com atau dapat menghubungi 0361-7470700 untuk informasi lebih lanjut.

    thanks……

  • vonk munor says:

    enya we laaah…. hahahaA..
    menara tertinggi di dunia ?
    nu puguh mah, banjiiiirr….

    piss akh, hee ;-)

  • didik says:

    kamu tu tahu apa…prgi aja g pulang pulang…komentar sokor njeplak..sok mikirin bangsa…ibumu aja paling g kau pikir…dasar

  • Marta nks lombok says:

    Ayo tunjukan pada dunia indonesia bisa lebih unggul

  • jul¥ says:

    Dem¡ Membangkit’kan nm indonesia di mta dunia,shrs’nya kita bangga dngn pencapaian trsbt!!!!MERDEKA INDONESIA!!!!!

  • Deny Muria Hindrato says:

    Bagaimana kabar pembangunan MEGAPROYEK “menara jakarta (Jakarta Tower)”?
    itu hanya sekedar PLANNING?? apa sudah terealisasi proses pembangunannya?? & sampe lantai berapa??

  • rio agus says:

    mega proyek menara jakarta…
    mega ladang koruptor…

  • REZKY says:

    KAYA PROYEK YE UDH BERHENTI YA?

    SAYANG BANGET KLO PROYEK Y SAMPAI BERHENTI

  • Noct says:

    udah ketauan hasil akhirnya….

  • Pulau Tidung says:

    Belum kesampaian juga ya, Dari Monas saja Pulau Tidung bisa jelas terlhat di http://tidungs.com

  • rizal boy says:

    Malaysia mendirikan menara warisan ketigian 600meter. Malaysia maju lagi Dari indonesia

  • Gibzon says:

    Mustahil….

Komentari

*
*