Hujan di bulan Januari

Di Indonesia perisitwa hujan di bulan desember januari dan februari bisa dibilang sedang banyak-banyaknya, hal ini mengingat negara ini berada di daerah katulistiwa yang mempunyai dua musim yaitu kemarau dan penghujan. Hujan adalah berkah yang luar biasa nikmatnya, denganya pepohonan yang dahulunya kering telah menjadi hijau kembali seiring dengan segarnya guyuran air dari langit, sawah dan ladang petani juga menjadi subur untuk dijadikan media bercocok tanam kembali. kalaupun akhirnya hujan menjadi musibah banjir di beberapa lokasi, maka jangan salahkan hujanya tapi koreksi kembali apa yang sudah diperbuat manusia sehingga alam tidak lagi bersahabat.

 

Manfaat dengan adanya hujan lebat di bulan januari

  1. Permukaan bumi khususnya indonesia menjadi subur, tanaman dapat tumbuh dengan mudah sehingga kebutuhan manusia tercukupi.
  2. Tetesan air hujan dapat menciptakan nuansa tersendiri, menyejukan pikiran dan terkadang bisa mengingatkan kita pada kejadian indah di masa lalu.
  3. Coba dengar merdunya bunyi katak dan teman-temanya yang kegirangan menyambut datangnya musim hujan, seakan memberikan irama kehidupan.
  4. Beberapa daerah yang sebelumnya kekurangan air bersih bisa melakukan tadah hujan.
  5. Lihat anak-anak yang berlari kesana kemari, hujan-hujanan dengan hati riang.

hujan

Hujan di bulan januari bukanlah penyebab musibah seperti banjir dll, sebagai manusia marilah kita coba koreksi diri, apakah beberapa kesalahan berikut ini telah kita lakukan sehingga musibah tersebut terjadi?

  1. Lahan-lahan kosong yang seharusnya menjadi tempat air merembes kedalam tanah telah diubah menjadi bangunan.akibatnya air hujan banyak yang mengalir dipermukaan bumi sehingga terjadi banjir.
  2. pepohonan banyak yang ditebang, padahal fungsinya sebagai tempat resapan air.
  3. Sungai yang ada dipersempit atau bahkan dihilangkan.
  4. Membuang sampah di sungai sehingga aliran tersumbat dan air hujan meluap ke perumahan.
  5. Jika ada proyek pembangunan yang terkendala ketika datang hujan, ya jangan salahkan hujanya.. cari saja solusi yang jitu untuk menghadapinya. kalau masih menggerutu ya salah sendiri membangun disaat musim hujan 🙂

 

Jadi marilah kita nikmati datangnya hujan di bulan januari yang sedang lebat-lebatnya, jangan lupa sedia payung sebelum hujan, sediakan selalu jas hujan saat bepergian agar kita bisa menikmati guyuran air dari langit 🙂

One Response

  1. Lintang Gypsum Blog® 28 January 2014

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.