Hubungan ilmu teknik sipil dan ilmu agama

Tujuan akhir dari semua ilmu adalah menyadari adanya kebesaran Tuhan dan posisi kita sebagai makhluk hasil ciptaanya sehingga dapat menemukan jalan hidup yang sebenarnya. Selanjutnya menggunakan ilmu tersebut sebagai bekal untuk beramal dan menebar manfaat.

seperti halnya Ilmu teknik sipil bertujuan mendesain sebuah  rumah yang kuat, indah dan nyaman digunakan, serta ilmu agama mendesain sebuah pribadi yang berbudi pekerti baik, kuat, tangguh, dll .

ilmu teknik sipil

ilmu teknik sipil

berikut ini sebagian kecil persamaan antara ilmu teknik sipil dan ilmu agama:

dilihat dari obyek dan tujuan ilmu teknik sipil dan agama.

ilmu teknik sipil mempelajari tentang bagaimana membuat sebuah konstruksi bangunan rumah yang kuat sehingga dapat membuat rasa aman dan nyaman kepada pemilik maupun penghuni yang berada didekat rumah tersebut.

ilmu agama mempelajari bagaimana membuat sebuah konstruksi bangunan hati dan jiwa yang kuat sehingga dapat membuat rasa aman dan nyaman kepada pemilik maupun orang yang berada didekat jiwa tersebut.

dilihat dari kerusakan, virus dan penyakit.

jika dalam ilmu teknik  sipil terdapat beberapa hal yang menyebabkan kerusakan struktur bangunan seperti keropos, kayu lapuk, besi berkarat.

dalam ilmu agama juga terdapat berbagai hal yang menyebabkan kerusakan sebuah struktur pribadi seperti iri hati, sombong, dengki, kikir dll.

dilihat dari tujuan ilmu teknik sipil dan agama
ilmu teknik sipil membangun rumah yang kuat sedangkan ilmu agama membangun pribadi yang kuat.

dilihat dari proses pelaksanaan ilmu teknik sipil dan ilmu agama.

kedua ilmu teknik sipil dan agama saling berhubungan, misalnya sebuah pelaksanaan pembangunan gedung yang dilaksanakan oleh ahli teknik sipil tanpa berpengetahuan ilmu agama dapat menyebabkan keruntuhan bangunan karena proses ketidak jujuran dalam pelaksanaannya seperti pengurangan semen atau besi struktur 🙂

pelaksanaan ibadah keagamaan juga seringkali memerlukan bangunan hasil karya teknik sipil, atau jika pada zaman dahulu dikerjakan di goa hasil karya teknik sipil Tuhan.

jadi jika melihat keduanya maka dapat disimpulkan bahwa semua ilmu itu baik, karena tujuan ilmu agama adalah bagaimana hidup dengan kebahagiaan serta ilmu teknik sipil bagaimana membangun sarana hidup dengan rasa keindahan dan keamanan.

anjuran Belajar ilmu dalam agama islam

– yang allah perintahkan kepada nabi muhammad pertama kali adalah perintah belajar yaitu, iqro ( bacalah )
– menuntut ilmu itu wajib dari lahir sampai masuk ke liang kubur.

untuk artikel selanjutnya insyaallah penulis akan menulis beberapa teknologi teknik sipil yang sudah diinformasikan dalam kitab alquran pada zaman dahulu sebelum manusia mampu meneliti kebenaranya.

untuk pendapat lain atau hal lain yang berkaitan, bisa ditulis melalui form komentar dibawah. 🙂

7 Comments

  1. Komunitas Anak Sipil 22 May 2010
  2. AdS 22 May 2010
  3. Anisul fuad 12 April 2011
  4. ADAM 16 June 2011
  5. awan 7 October 2011
  6. ruli saefudin 30 October 2013
  7. Matwin 10 October 2017

Leave a Reply