Hitungan Mekanika Teknik

Hitungan mekanika teknik dilakukan pada kegiatan perencanaan struktur bangunan untuk mengetahui momen yang bekerja pada suatu titik atau bidang, dari gaya hasil perhitungan tersebut kemudian dapat digunakan sebagai dasar menentukan struktur yang kuat meliputi jenis bahan dan ukuran dimensinya.dalam bangku sekolah mata pelajaran ini juga dinamakan sebagai mekanika rekayasa atau ilmu gaya yang untuk dapat mengikutinya diperlukan pengetahuan matematika dan ilmu gambar bangunan 🙂 nah.. dibawah ini ada sebuah penampakan perhitungan barangkali berguna 😀

 

Contoh perhitungan mekanika teknik kali ini adalah menghitung suatu konstruksi dengan beban merata berbentuk segitiga dan beban terpusat dari berbagai arah: Diketahui suatu gambar struktur dengan tumpuan sendi dan rol sebagai berikut: gambar konstruksi yang akan dihitung dapat dilihat dibawah ( GAMBAR UPDATE )

 

MENGHITUNG REAKSI TUMPUAN

£MB = 0

-( ½ x 2 x 2 ) x 6.6667 + RAv x 6  ( 1×6) x 3 + (4×2)  ( 4×1)          =0

-13.3334 + 6 RAV  18 + 8  4                                                           =0

6 RAv  – 27.3334                                                                     =0

RAv = 27.3334 / 6
Kontrol ΣV = 0

RAv + RBv = 1/2x2x2 + 1×6 +4

4.5556 + 7.4444 =     12 ton

( O.K )

= 4.5556 ton

£MA = 0

-4 x 1 + (4×8)  RBv x 6 + (1×6)x3 +  4×2  (4 x1)                =0

-4 + 32  6RBv  18  1.3334                                                 =0

– 6 RBv + 44.6666                                                                   =0

RBv = -44.6666 / -6

= 7.4444 ton

 

MENGHITUNG BIDANG M ( MOMEN )

M 2m   = – ( 1/2 x 2 x 2 ) x 0.6667

= – 1.3334 ton

M 5m   = – ( 1/2 x 2 x 2 ) x 3.6667 + RAv x 3  ( 1 x 6 )  x 1.5

= -7.3334 + 13.6668  9

= -2.6666 ton

M 8m   = – ( 1/2 x 2 x 2 ) x 6.6667 + RAv x 6  ( 1 x 6 )  x 3

= -13.3334 + 27.3336  18

= -3.9998 ton

M 10m = – ( 1/2 x 2 x 2 ) x 8.6667 + RAv x 8  ( 1 x 6 )  x 5 + 4

= -17.3334 + 36.4448  30 + 14.8888 + 4

= 0 ton

 

MENGHITUNG BIDANG Q ( GAYA LINTANG )

Q 2m   = -( 1/2 x 2 x 2 ) +RAv

= – 2 + 4.5556

= 2.5556 ton

Q 8m   = -( 1/2 x 2 x 2 ) +RAv  (1 x 6)

= – 2 + 4.5556 – 6

= -3.4444 ton

Q 10m = -( 1/2 x 2 x 2 ) +RAv  (1 x 6) + RBv – 4

= – 2 + 4.5556 – 6 + 7.4444  4

=  0 ton

 

MENGHITUNG BIDANG N ( GAYA NORMAL )

RBh  ( 4 x 1 )             = 0

RBh                 = 4 ton

Setelah melakukan perhitungan selanjutnya dapat dibuat gambar bidang momen sesuai perhitungan, dalam menghitung mekanika teknik juga dapat menggunakan software komputer seperti SAP 2000  namun diperlukan pengetahuan secara menual agar mengetahui urutan perhitungan dan bagaimana sistem pembebanan struktur bekerja sehingga dapat dihasilkan angka-angka yang benar. Meskipun dalam   didunia bangunan kita temukan berbagai macam bentuk struktur yang berbeda pula dalam hitungan mekanika teknik namun secara prinsip sama yaitu sistem keseimbangan dan aksi sama dengan reaksi, demikian contoh perhitungan mekanika rekayasa tolong di koreksi kalu ada yang salah atau tambahan bisa masukan melalui form komentarwah 🙂

31 Comments
  1. 6 years ago
    samsir

    mas minta alamat blognya dunkzzz, ‘ 😆
    dan juga lok ada perhitungan batang rangka, kantilever, ma portal , lok bisa juga kremona dalam aplikasi di lapangan, sama perhitungan RAB , 😀 kebetulan saya lagi menempuh kuliah di bidang teknik sipil juga tengks bgt yau mas karya mas sangat bermanfaat buat saya yang masih beajar..

    Reply
    • 6 years ago
      ahadi

      silahkan mas, semoga bermanfaat buat kita semua, insyaallah nanti saya posting, blognya di ilmusipil.com 😛

      Reply
  2. 6 years ago
    mr.Z

    assalamualaikum……
    terima kasih infonya, ini sangat bermanfaat bagi saya.
    sekali lagi terima kash.

    wassalam…….

    Reply
    • 6 years ago
      ahadi

      waalaikumsalam, alhamdulilah semoga coretan ini bermanfaat mr. 😛

      Reply
      • 4 years ago
        mr.agus

        om klo bsa d perjls/rincianya donk

        Reply
  3. 6 years ago
    henry sinambela

    Kebetulan Pak,saya ngajar di Smk teknologi keahlian teknik Bangunan.
    Jika bapak berkenan tolong dimuat pembelajaran (pengertian dan menerapkan Tegangan pada konstruksi bangunan) termasuk macam-macam tegangan dan contoh soal penelesaiannya.
    terimakasih dan selamat malam.

    Reply
  4. 6 years ago
    Purbo

    Salam kenal,

    Cukup bagus website dan artikelnya, lebih baik lagi kalo di artikel ini bisa ditambah gambar BMD dan SFDnya, ato sekalian bandingkan dgn program macam SAP2000 🙂

    Oya, sekalian kalo boleh ijin tukeran link dgn blog saya di purbolaras.wordpress.com ya… temanya juga ttg teknik sipil dan sekitarnya.

    Makasih sebelumnya dan Wassalam.

    Reply
  5. 6 years ago
    fendy

    makasih infonya mas,bermanfaat banget…
    boleh dunk berbagi ilmu dengan q…. 😛
    “POLINEMA”

    Reply
  6. 6 years ago
    asroni

    mas yg penghitungan bidang M yg M10 RBV kok di hilangkan langsung di tambah 4.thank

    Reply
    • 6 years ago
      via

      @asroni,
      misi,..kalo boleh coba komentar..sebenarnya tu ga dihilangkan..cuma masnya lupa nulis
      RBv x 2,..padahal hitungan dibawahnya dah ada penjumlahannya 14,8888.
      jadi menurut ak hitungan M(10m) dah ok.

      Reply
  7. 6 years ago
    via

    mo nanya, tu yang perhitungan gaya lintang untuk jarak 8m kok RBv nya gak diikutkan ngitung?
    padahal untuk gaya lintang jarak 2m RAv diikutkan..
    kalo seinget ak si diiukutkan ngitung…
    tapi ak lupa2 inget e…klo mgkin ak yg salah…

    makasih..

    Reply
  8. 5 years ago
    erwiz

    pak,minta dokumennya untuk cara kerja dong……
    soalnya saya pusing ni dengan cara hutungan mekanika teknik.

    Reply
  9. 4 years ago
    yus

    gambar kok gak ada??

    Reply
  10. 4 years ago
    agun

    mas.. tambah lg donks…. contoh2nya…

    Reply
  11. 4 years ago
    su'ef

    mas tolong gambarkan reaksi MS, dengan reaksi berjalan? mohon bantuanya….

    Reply
  12. 4 years ago
    su'ef

    minta gambarnya?

    Reply
  13. 4 years ago
    usep saparudin

    sy umur 38 th kuliah sipil smstr 4…
    sulit sekali menangkap pljrn mekanika teknik….
    mau tanya rumus pmhmn spy cpt mnngkp pljrn mektek…
    tks…
    wass..

    Reply
  14. 4 years ago
    kristina

    kok ngga ada tentang portal sih. mohon infonya dong. kalo ada plus gambarnya..

    Reply
  15. 4 years ago
    irmina tp

    ma kasih materinya mas, kalau boleh dong kirimi perhitungan perencanaan perhitungan kuda kuda beserta perhitungan rangka batangnya….. untuk nambah matri ngajar mas…

    Reply
  16. 4 years ago
    mirza

    mas , minta alamat blognya donk,
    saya masih kurang di teknik sipil saya mau belajar mas..
    mas kasi materi tentang penghitungan kantilever, portal sama pelingkung 3 sendi dunk..
    mohon bantuaanya ya mas …

    Reply
  17. 3 years ago
    Nurkholis Kurniawan

    gambar hitungan yang di cari kok ndak ada?

    Reply
  18. 3 years ago
    ajeconi

    mas kalau bisa tolong lampirkan cara penyelesaian soal SFD dan BMD LENKAP DENGAN GRAFIKNYA

    Reply
  19. 3 years ago
    Harist thea

    Sy survey di sipil sy msih harus bnyak menghafal rumus2 tlong bantu sy mas rumus berserta. Contohnya

    Reply
  20. 3 years ago
    junaidi

    assalammu’alaikum. .
    Terimakasih mas atas ilmunya. O-a mas kebetulan saya kuliah di utu aceh barat, kalau bisa gambar momennya sekalian mas biar lebir jelas dan akurat. .sekali lagi terima kasih banyak mas. . . Wasalam arjuna. . . .

    Reply
  21. 3 years ago
    ican

    mas, makasih y tas pljranny,
    usul: kalo boleh ada gmbarny!,
    skalin ma cara prhitungan rangka batang dengan metode grafis cremona
    trima kasih sbelumny

    Reply
  22. 3 years ago
    noronha

    mohon tampilkan gambarnya. chouuuuuuu ok……..

    Reply
  23. 3 years ago
    RIYANGGA

    MOHON INFO APLIKASI DI LAPANGAN UNTUK PENGGUNAAN MEKANIKA REKAYASA KALO BISA BESERTA CONTOHNYA

    Reply
  24. 2 years ago
    juvy

    Mas kalo bisa contoh soal ini lampirkan dengan gambarnya masing-masing supaya kami lebih paham,,, gambar mana yang rool,mana yang jepit,mana yang sendi

    Reply
  25. 2 years ago
    christian

    blh krm kan soal dan cara SFD dan BMD na

    Reply
  26. 2 years ago
    abdul wahab

    Sayang nya ndk ada gmbr jdi kurang lengkap terima kasih

    Reply
  27. 1 year ago
    rukyo agustito kastila

    gambarnya kurang lengkap,,, makanya kurang jelas,,,

    Reply

Beri Komentar

Alamat Email tidak akan ditampilkan.

*