Ilmusipil.com Media Berbagi Ilmu Teknik Sipil dan Arsitektur

sipil Hitungan Mekanika Teknik

Hitungan mekanika teknik dilakukan pada kegiatan perencanaan struktur bangunan untuk mengetahui momen yang bekerja pada suatu titik atau bidang, dari gaya hasil perhitungan tersebut kemudian dapat digunakan sebagai dasar menentukan struktur yang kuat meliputi jenis bahan dan ukuran dimensinya.dalam bangku sekolah mata pelajaran ini juga dinamakan sebagai mekanika rekayasa atau ilmu gaya yang untuk dapat mengikutinya diperlukan pengetahuan matematika dan ilmu gambar bangunan :-) nah.. dibawah ini ada sebuah penampakan perhitungan barangkali berguna :D

 

Contoh perhitungan mekanika teknik kali ini adalah menghitung suatu konstruksi dengan beban merata berbentuk segitiga dan beban terpusat dari berbagai arah: Diketahui suatu gambar struktur dengan tumpuan sendi dan rol sebagai berikut: gambar konstruksi yang akan dihitung dapat dilihat dibawah ( GAMBAR UPDATE )

 

MENGHITUNG REAKSI TUMPUAN

£MB = 0

-( ½ x 2 x 2 ) x 6.6667 + RAv x 6  ( 1×6) x 3 + (4×2)  ( 4×1)          =0

-13.3334 + 6 RAV  18 + 8  4                                                           =0

6 RAv  – 27.3334                                                                     =0

RAv = 27.3334 / 6
Kontrol ΣV = 0

RAv + RBv = 1/2x2x2 + 1×6 +4

4.5556 + 7.4444 =     12 ton

( O.K )

= 4.5556 ton

£MA = 0

-4 x 1 + (4×8)  RBv x 6 + (1×6)x3 +  4×2  (4 x1)                =0

-4 + 32  6RBv  18  1.3334                                                 =0

- 6 RBv + 44.6666                                                                   =0

RBv = -44.6666 / -6

= 7.4444 ton

 

MENGHITUNG BIDANG M ( MOMEN )

M 2m   = – ( 1/2 x 2 x 2 ) x 0.6667

= – 1.3334 ton

M 5m   = – ( 1/2 x 2 x 2 ) x 3.6667 + RAv x 3  ( 1 x 6 )  x 1.5

= -7.3334 + 13.6668  9

= -2.6666 ton

M 8m   = – ( 1/2 x 2 x 2 ) x 6.6667 + RAv x 6  ( 1 x 6 )  x 3

= -13.3334 + 27.3336  18

= -3.9998 ton

M 10m = – ( 1/2 x 2 x 2 ) x 8.6667 + RAv x 8  ( 1 x 6 )  x 5 + 4

= -17.3334 + 36.4448  30 + 14.8888 + 4

= 0 ton

 

MENGHITUNG BIDANG Q ( GAYA LINTANG )

Q 2m   = -( 1/2 x 2 x 2 ) +RAv

= – 2 + 4.5556

= 2.5556 ton

Q 8m   = -( 1/2 x 2 x 2 ) +RAv  (1 x 6)

= – 2 + 4.5556 – 6

= -3.4444 ton

Q 10m = -( 1/2 x 2 x 2 ) +RAv  (1 x 6) + RBv – 4

= – 2 + 4.5556 – 6 + 7.4444  4

=  0 ton

 

MENGHITUNG BIDANG N ( GAYA NORMAL )

RBh  ( 4 x 1 )             = 0

RBh                 = 4 ton

Setelah melakukan perhitungan selanjutnya dapat dibuat gambar bidang momen sesuai perhitungan, dalam menghitung mekanika teknik juga dapat menggunakan software komputer seperti SAP 2000  namun diperlukan pengetahuan secara menual agar mengetahui urutan perhitungan dan bagaimana sistem pembebanan struktur bekerja sehingga dapat dihasilkan angka-angka yang benar. Meskipun dalam   didunia bangunan kita temukan berbagai macam bentuk struktur yang berbeda pula dalam hitungan mekanika teknik namun secara prinsip sama yaitu sistem keseimbangan dan aksi sama dengan reaksi, demikian contoh perhitungan mekanika rekayasa tolong di koreksi kalu ada yang salah atau tambahan bisa masukan melalui form komentarwah :-)

  1. dinamika struktur pada portal baja
  2. Mekanika teknik dalam Menghitung momen jepit
  3. cara menghitung momen RA RB
  4. Mekanika teknik pada konstruksi gerber
  5. Mengitung RAV dan RAB dalam mekanika Teknik
  6. Cara menghitung momen inersia dengan Autocad

30 Responses to “Hitungan Mekanika Teknik”

  1. samsir says:

    mas minta alamat blognya dunkzzz, ‘ :lol:
    dan juga lok ada perhitungan batang rangka, kantilever, ma portal , lok bisa juga kremona dalam aplikasi di lapangan, sama perhitungan RAB , :grin: kebetulan saya lagi menempuh kuliah di bidang teknik sipil juga tengks bgt yau mas karya mas sangat bermanfaat buat saya yang masih beajar..

    1. ahadi says:

      silahkan mas, semoga bermanfaat buat kita semua, insyaallah nanti saya posting, blognya di ilmusipil.com :razz:

  2. mr.Z says:

    assalamualaikum……
    terima kasih infonya, ini sangat bermanfaat bagi saya.
    sekali lagi terima kash.

    wassalam…….

    1. ahadi says:

      waalaikumsalam, alhamdulilah semoga coretan ini bermanfaat mr. :razz:

      1. mr.agus says:

        om klo bsa d perjls/rincianya donk

  3. henry sinambela says:

    Kebetulan Pak,saya ngajar di Smk teknologi keahlian teknik Bangunan.
    Jika bapak berkenan tolong dimuat pembelajaran (pengertian dan menerapkan Tegangan pada konstruksi bangunan) termasuk macam-macam tegangan dan contoh soal penelesaiannya.
    terimakasih dan selamat malam.

  4. Purbo says:

    Salam kenal,

    Cukup bagus website dan artikelnya, lebih baik lagi kalo di artikel ini bisa ditambah gambar BMD dan SFDnya, ato sekalian bandingkan dgn program macam SAP2000 :)

    Oya, sekalian kalo boleh ijin tukeran link dgn blog saya di purbolaras.wordpress.com ya… temanya juga ttg teknik sipil dan sekitarnya.

    Makasih sebelumnya dan Wassalam.

  5. fendy says:

    makasih infonya mas,bermanfaat banget…
    boleh dunk berbagi ilmu dengan q…. :P
    “POLINEMA”

  6. asroni says:

    mas yg penghitungan bidang M yg M10 RBV kok di hilangkan langsung di tambah 4.thank

    1. via says:

      @asroni,
      misi,..kalo boleh coba komentar..sebenarnya tu ga dihilangkan..cuma masnya lupa nulis
      RBv x 2,..padahal hitungan dibawahnya dah ada penjumlahannya 14,8888.
      jadi menurut ak hitungan M(10m) dah ok.

  7. via says:

    mo nanya, tu yang perhitungan gaya lintang untuk jarak 8m kok RBv nya gak diikutkan ngitung?
    padahal untuk gaya lintang jarak 2m RAv diikutkan..
    kalo seinget ak si diiukutkan ngitung…
    tapi ak lupa2 inget e…klo mgkin ak yg salah…

    makasih..

  8. erwiz says:

    pak,minta dokumennya untuk cara kerja dong……
    soalnya saya pusing ni dengan cara hutungan mekanika teknik.

  9. yus says:

    gambar kok gak ada??

  10. agun says:

    mas.. tambah lg donks…. contoh2nya…

  11. su'ef says:

    mas tolong gambarkan reaksi MS, dengan reaksi berjalan? mohon bantuanya….

  12. su'ef says:

    minta gambarnya?

  13. usep saparudin says:

    sy umur 38 th kuliah sipil smstr 4…
    sulit sekali menangkap pljrn mekanika teknik….
    mau tanya rumus pmhmn spy cpt mnngkp pljrn mektek…
    tks…
    wass..

  14. kristina says:

    kok ngga ada tentang portal sih. mohon infonya dong. kalo ada plus gambarnya..

  15. irmina tp says:

    ma kasih materinya mas, kalau boleh dong kirimi perhitungan perencanaan perhitungan kuda kuda beserta perhitungan rangka batangnya….. untuk nambah matri ngajar mas…

  16. mirza says:

    mas , minta alamat blognya donk,
    saya masih kurang di teknik sipil saya mau belajar mas..
    mas kasi materi tentang penghitungan kantilever, portal sama pelingkung 3 sendi dunk..
    mohon bantuaanya ya mas …

  17. Nurkholis Kurniawan says:

    gambar hitungan yang di cari kok ndak ada?

  18. ajeconi says:

    mas kalau bisa tolong lampirkan cara penyelesaian soal SFD dan BMD LENKAP DENGAN GRAFIKNYA

  19. Harist thea says:

    Sy survey di sipil sy msih harus bnyak menghafal rumus2 tlong bantu sy mas rumus berserta. Contohnya

  20. junaidi says:

    assalammu’alaikum. .
    Terimakasih mas atas ilmunya. O-a mas kebetulan saya kuliah di utu aceh barat, kalau bisa gambar momennya sekalian mas biar lebir jelas dan akurat. .sekali lagi terima kasih banyak mas. . . Wasalam arjuna. . . .

  21. ican says:

    mas, makasih y tas pljranny,
    usul: kalo boleh ada gmbarny!,
    skalin ma cara prhitungan rangka batang dengan metode grafis cremona
    trima kasih sbelumny

  22. noronha says:

    mohon tampilkan gambarnya. chouuuuuuu ok……..

  23. RIYANGGA says:

    MOHON INFO APLIKASI DI LAPANGAN UNTUK PENGGUNAAN MEKANIKA REKAYASA KALO BISA BESERTA CONTOHNYA

  24. jhem90.blogspot.com says:

    info yang sangat bermanfaat, download materi kuliah mekanika teknik lengkap disini;
    http://jhem90.blogspot.com/2013/07/mekanika-teknik-i.html

  25. juvy says:

    Mas kalo bisa contoh soal ini lampirkan dengan gambarnya masing-masing supaya kami lebih paham,,, gambar mana yang rool,mana yang jepit,mana yang sendi

  26. christian says:

    blh krm kan soal dan cara SFD dan BMD na

Leave a Reply

Current ye@r *