Harga borong bangunan per meter persegi

Membangun rumah itu harganya bervariasi sesuai dengan spesifikasi bangunan apakah kelas standar, menengah atau mewah, tergantung juga jenis bangunanya apakah itu rumah tinggal, pabrik, jalan raya, atau yang lainya. berbagai faktor lain juga mempengaruhi anggaran biaya RAB seperti waktu dan lokasi, secara umum harga borong bangunan per meter persegi itu bisa diuraikan sebagai berikut.

Harga Borong Bangunan Rumah Per Meter Persegi

Rumah kualitas standar

  • borong upah + material = Rp.2.500.000,- per m2
  • borong upah = Rp.800.000,- per m2

Spesifikasinya yaitu pondasi batu kali, dinding batu bata finish plester aci, lantai keramik kualitas biasa, plafond gypsum rangka kayu atau hollow, atap genteng rangka baja ringan atau kayu.

Rumah kualitas menengah

  • borong upah + material = Rp.3.500.000,- per m2
  • borong upah = Rp.1.000.000,- per m2

Spesifikasinya hampir sama dengan rumah standar, namun kualitas bahanya dipilih yang lebih baik, misalnya dalam hal memilih keramik untuk penutup lantai bisa pakai yang ukuran lebar 60cm x 60cm seharga lebih mahal dari rumah standar pada umumnya.

Rumah kualitas atas

  • borong upah + material = Rp.4.500.000,- per m2 s/d tidak terhingga karena tergantung kualitas bangunanya.
  • borong upah = Rp.1.500.000,- per m2

ini merupakan golongan bangunan yang bisa dibilang serba mewah, contohnya lantai memakai granit atau marmer, dinding ditempel dengan batu alam, terdapat berbagai macam ornamen kayu, dan beberapa pilihan lain yang membuat rumah tersebut menjadi tinggi biaya pembangunananya.

Contoh menghitung biaya borongan per m2

Contohnya kita akan membangun rumah kualitas menengah dengan ukuran 6m x 12m yang berarti luas bangunan =6×12=72m2, dari data diatas kita dapatkan ongkos borong tenaga + material adalah 3,5jt. jadi total biayanya yaitu 72m2 x 3,5jt = Rp.252.000.000,- terbilang (dua ratus lima puluh dua juta rupiah).

 

Selain itu ada juga harga borong bangunan per meter persegi berdasarkan item pekerjaan, contohnya borong plesteran dinding 35rb/m2, borong tenaga pasang keramik lantai Rp.20.000,-/m2, dan beberapa jenis pekerjaan yang lainya. itu tadi hanyalah perkiraan harga borongan rumah, nilai pastinya bisa kurang atau lebih, yang membedakan adalah kualitasnya yaitu material apakah yang dipakai, seberapa sulit bangunan yang akan dibangun, waktu pelaksanaan serta dimanakah lokasi pembangunanya.

Leave a Reply